Tips dan Trik

5 Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat

Demi meningkatkan penampilan dan prestise pemilik mobil, banyak di antara mereka rela menggelontorkan sejumlah uang untuk modifikasi atau upgrade audio. Nah, bagi Carmudian yang ingin melakukan upgrade audio mobil, Carmudi telah rangkum tips memilih toko audio mobil terdekat.

Audio mobil. (Foto: kompas)

Melakukan upgrade pada kendaraan mobil dinilai wajar demi mendapat kenyamanan yang diinginkan oleh penggunanya. Mereka pun rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk meng-upgrade mobilnya jadi versi terbaik.

Jika mesin mobil dirasa ada yang kurang, pemilik mobil tersebut dapat menambah beberapa komponen pada mesinnya. Begitu juga dengan audio mobil, jika dirasa kurang, bisa melakukan upgrade pada audio tersebut.

Untuk melakukan upgrade ini, tentunya pengguna harus datang ke toko audio mobil, terutama kota-kota besar dengan stok komponen berlimpah seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya.

Bisa saja toko audio mobil yang dibutuhkan ada di dekat tempat tinggal Carmudian.

Namun, Carmudian tidak boleh asal pilih toko audio mobil. Semua toko ini pastinya mengklaim barang yang dijualnya memiliki kualitas terbaik.

Carmudian harus berhati-hati jika ada yang menjual barangnya dengan harga sangat murah.

Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat

Tips memilih toko audio mobil terdekat. (Foto: gridoto)

Carmudian sebenarnya bisa mendapat komponen-komponen untuk meng-upgrade audio mobilnya dengan harga terjangkau jika tahu toko audio mobil yang tepat.

Bagi yang sedang mencari toko audio mobil terdekat, Carmudi telah rangkum beberapa tips memilih tokonya yang dilansir dari berbagai sumber.

Tentukan Apa Saja yang Mau Dibeli

Tips pertama adalah tentukan dulu komponen apa saja yang harus dibeli untuk meng-upgrade audio mobil Carmudian. Kebanyakan orang saat melihat barang-barang di etalase toko audio mobil, ingin membeli semua barang tersebut ataupun memilih barang dengan kualitas terbaik tanpa peduli harganya.

Ini tentu tidak disarankan karena tidak semua barang di toko audio mobil sebenarnya dibutuhkan untuk meng-upgrade audio mobil. Kecuali jika Carmudian punya bujet yang tidak terbatas, boleh saja Carmudian membeli semua barang yang ada di toko audio mobil.

Untuk mendapat audio mobil yang berkualitas, tidak semua komponen pada audionya harus diganti. Carmudian disarankan untuk menentukan dulu komponennya yang ingin diganti.

Menurut beberapa sumber, terdapat dua komponen yang sebaiknya diganti untuk mendapat kualitas audio mobil lebih baik, yakni head unit dan speaker.

Nantinya, bisa dilihat suara seperti apa yang dikeluarkan dari audio mobil Carmudian setelah dua komponen tersebut diganti. Jika dirasa masih kurang atau belum sesuai ekspetasi, Carmudian bisa membeli beberapa komponen lainnya, seperti subwoofer atau power amplifier.

Sebagai informasi, subwoofer adalah salah satu bagian dari audio mobil yang dinilai penting. Salah satu fungsinya yaitu menghasilkan respon bass yang lebih baik. Komponen ini dapat menangkap nada-nada yang rendah hingga mencapai frekuensi 10 Hertz.

Menentukan Karakter Suara Audio Mobil

Ilustrasi mobil listrik mengeluarkan suara. (Foto: Plugincars)

Tips kedua yaitu menentukan karakter suara audio mobil yang diinginkan. Carmudian bisa memilih jenis dan tipe perangkat audio mobil yang sesuai dengan karakter tersebut.

Berbagai produsen audio mobil mempunyai banyak produk dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain, sehingga hasil suara dari produknya pun berbeda-beda.

Perlu diketahui, di kamus audio mobil, ada tiga istilah karakter musik, yakni SQ (Sound Quality), SPL (Sound Pressure Loud), dan SQL (Sound Quality Level).

Untuk istilah SQ, merujuk pada detail setiap instrumen musik dimana akan terdengar jelas dari semua komponen audio mobil, sedangkan untuk SPL, lebih mengutamakan tekanan nada paling tinggi. Biasanya, yang dicari adalah nada bass dengan level paling kuat.

Untuk SQL, menggabungkan SQ dan SPL yang berarti mementingkan suara jernih, tapi juga kuat. Untuk mendapatkan ketiga karakter musik ini, membutuhkan komponen audio yang mempunyai spesifikasi berbeda.

Jika ada speaker yang mempunyai rentang frekuensi tinggi dan juga lebih rendah, maka cari jenis speaker yang sesuai selera musik Carmudian. Namun, untuk mendapatkan suara bass sempurna, dibutuhkan subwoofer yang berukuran cukup besar.

Meminta Rekomendasi dari Orang Sekitar

Sebaiknya meminta rekomendasi dari orang sekitar saat ingin membeli audio mobil. (Foto: Carmudi)

Tips selanjutnya adalah meminta rekomendasi toko audio mobil terdekat dari teman, sahabat, pasangan, ataupun keluarga. Khususnya, mereka yang sering membeli barang di toko tersebut.

Mereka pastinya mempunyai rekomendasi toko audio mobil yang bagus dan dekat dengan tempat tinggal Carmudian. Selain itu, Carmudian juga bisa meminta rekomendasi toko ini dari para pecinta modifikasi mobil.

Biasanya, mereka membentuk komunitas dan mempunyai platform untuk sharing hal-hal berkaitan dengan audio mobil, termasuk toko audio mobil bagus yang dekat tempat tinggal Carmudian.

Carmudian juga bisa bertanya-tanya pada mereka mengenai modifikasi audio mobil yang harus dilakukan agar tidak salah beli komponen di toko audio mobil.

Kecanggihan teknologi seperti internet pun dapat diandalkan. Carmudian bisa cari di internet dengan keyword ‘toko audio mobil terdekat’, kemudian akan keluar hasilnya.

Biasanya, disematkan rating agar setiap pengguna internet tahu apa yang mereka cari benar-benar bagus atau tidak. Untuk toko audio mobil, rating-nya ditentukan oleh mereka yang sudah pergi kesana dan membeli barang-barang di toko tersebut.

Membandingkan Antar Toko Audio Mobil

Tips lainnya yang tidak kalah penting yaitu membandingkan antara satu toko dengan toko audio mobil lainnya. Jika Carmudian sudah mendapatkan toko audio mobil terdekat yang dirasa bagus, tidak ada salahnya untuk membandingkannya dengan toko audio mobil lain.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara dua toko tersebut atas produknya yang serupa.

Carmudian bisa membandingkan dari segi harga serta layanan yang diberikan dari tokonya. Jika salah satu dari toko audionya menawarkan gratis tuning dan instalasi bagi yang berbelanja di toko tersebut, ini tentu menjadi nilai plus dibandingkan Carmudian harus pasang sendiri perangkat audio mobil.

Selain itu, Carmudian juga bisa terhindar dari para oknum penjual nakal setelah membandingkan antar toko audio mobil. Misalnya, ada toko audio mobil yang sebenarnya menjual produk bekas tapi dibilang masih baru, serta ditawarkan dengan harga terjangkau.

Saat membandingkan toko ini dengan toko audio mobil lainnya, Carmudian bisa jadi tahu mana produk yang benar-benar baru, mana bekas, sehingga tidak tertipu.

Mendatangi Pusat Penjualan Aksesoris Mobil

Tempat jual audio mobil. (Foto: megakemayoran)

Jika memang tidak ada toko audio mobil di dekat tempat tinggal Carmudian, bisa mengunjungi pusat penjualan aksesoris mobil karena pada umumnya, ada cukup banyak penjual audio mobil di lokasi tersebut.

Bagi yang tinggal di Jakarta, bisa mendatangi pusat aksesoris mobil di MGK Kemayoran. Selain itu, untuk yang tinggal di Bandung, bisa mengunjungi pusat aksesoris mobil cukup terkenal, yaitu Fenyen Auto Accessories.

Bagi Carmudian yang tinggal di Surabaya, bisa datang ke T2 Car Audio atau Masterpiece Car Audio, sedangkan di Jogja, bisa datangi Padma Car Accesories, Creativ Variasi, ataupun Boss Audio.

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts