Tips dan Trik

5 Tips Sederhana yang Bisa Memperpanjang Usia AC Mobil

Jakarta – AC pada mobil merupakan komponen yang sangat penting dan wajib dijaga agar usia pakainya panjang. Jika tidak dirawat, AC mobil bisa cepat rusak dan perbaikannya pun akan mahal.

Agar tetap bekerja optimal dan berumur panjang, maka rajin-rajinlah merawat AC mobil dan memperlakukannya dengan baik.

Berikut ini lima tips sederhana yang bisa Carmudian praktekkan supaya AC mobil lebih awet dan memiliki usia yang panjang sebagaimana dilansir dari laman Auto2000.

Tidak Membuka Kaca Mobil

Sebisa mungkin pengemudi maupun penumpang tidak membuka jendela saat mobil sedang berjalan dan AC menyala.

Tindakan tersebut bisa membuat kabin menjadi kotor dan berdebu. Jika dibiarkan dan dilakukan dalam waktu lama, maka kondisi ini bisa membuat AC menjadi tidak dingin.

ac mobil

Ilustrasi kaca jendela mobil (Foto: Kelownanow)

Udara yang dihembuskan menjadi tidak sehat lantaran kotor.

AC pada kendaraan memiliki sistem sirkulias yang tertutup dengan memanfaatkan udara di dalam kabin, sehingga sangat disarankan tidak membuka kaca mobil ketika AC menyala.

Pilih Parfum Mobil yang Sesuai

Sangat disarankan untuk menggunakan parfum mobil dengan bau netral atau tidak menyengat.

Salah pemilihan pafum bisa membuat AC menjadi cepat kotor dan merusak interior mobil.

Pilihlah parfum mobil dengan kandungan kimia yang tidak mengotori kondensor AC.

Tidak Merokok di Mobil

Merokok di dalam mobil bisa membuat filter udara cepat kotor. Asap rokok juga mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan aroma tidak sedap dari nikotin akan terus ada.

ac mobil

(Foto: Imperial.ac.uk)

Selain itu, asap rokok akan menempel di filter kabin atau filter AC. Filter tersebut menyaring udara dari luar dan di dalam kabin sehingga jika kotor bisa memengaruhi komponen AC lain, bahkan dapat memicu kerusakan.

Rutin Mengganti Filter AC

Filter kabin merupakan penyaring udara yang dipakai untuk mendinginkan kabin mobil. Posisi filter AC biasanya berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan.

Sebisa mungkin filter tersebut diganti secara berkala agar kualitas udara di dalam mobil tetap segar dan bersih.

Penggantian bisa dilakukan bersamaan dengan perawatan rutin atau setiap 10 ribu km sekali.

Rutin Servis Kompresor

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan servis kompresor. Servis yang dimaksud adalah mengganti oli yang ada di dalam kompresor AC mobil.

Ilustrasi pengisian freon AC mobil (Foto: Bluegrassprecision)

Sebaiknya oli kompresor diganti setiap 1 tahun sekali disertai pengecekan komponen AC. Oli yang rutin diganti bisa memperpanjang usia kompresor tersebut.

Banyak kejadian pemilik kendaraan tidak pernah melakukan penggantian oli pada kompresor AC. Akibatnya, lama kelamaan kompresor AC mengalami kerusakan.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *