Berita Mobil Sumber informasi

6 Alasan Mengapa Orang Memilih Membeli Mobil SUV

Jakarta – Selain mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), saat ini Sport Utility Vehicle (SUV) juga tengah digandrungi banyak orang diberbagai negara terutama Indonesia. Akhir-akhir ini banyak orang yang memilih membeli mobil SUV khususnya 7 seater sebagai kendaraan keluarga. Hal itu terbukti dari meningkatnya penjualan mobil SUV sekira 7 persen sejak 2011 terutama di pasar Asia Tenggara.

Hasil riset Chevrolet terbaru menunjukkan bahwa pelanggan di Indonesia memilih mobil SUV karena beberapa hal, dimulai dari desain interior lapang hingga desain eksterior yang terlihat tangguh.

Berikut 6 alasan mengapa orang memilih membeli mobil SUV:

1. Lebih nyaman saat membawa lebih banyak penumpang

SUV yang memiliki tiga baris kursi penumpang seperti Chevrolet Trailblazer dapat menampung hingga tujuh orang, terlebih lagi dengan jok yang dapat dilipat hingga datar sehingga memudahkan akses masuk ke baris ketiga.

2. Lebih efisien dengan kapasitas bagasi lebih besar

Saat tidak membawa banyak penumpang, jok baris ke tiga dan ke dua bisa di lipat sehingga membuat kapasitas penyimpanan barang di bagasi semakin besar dibandingkan dengan sedan atau hatchback.

Ilustrasi interior mobil SUV (Foto: Chevrolet Indonesia)

3. Bahan bakar lebih hemat

Produsen mobil saat ini sedang melakukan beberapa percobaan untuk membuat mobil SUV menjadi lebih hemat bahan bakar, seperti menerapkan desain yang lebih aerodinamis dan teknologi mesin terbaru. Selain itu dengan penggunaan material struktural canggih dapat mengurangi berat mobil di mana hal-hal tersebut dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar.

4. Lebih Aman

Mobil jenis SUV umumnya merupakan kategori kendaraan penumpang yang paling aman. Pada Chevrolet Trailblazer misalnya Electronic Stability Control membantu mengurangi kecelakaan terguling yang merupakan masalah keamanan terbesar dari segmen ini.

Para ahli juga mengatakan bahwa SUV efektif untuk melindungi penumpang, asalkan semua orang mengenakan sabuk pengaman, dan anak-anak serta bayi menggunakan child seat dengan baik di kursi belakang.

5. Lebih andal

Dengan mengendarai mobil SUV memungkinkan pengemudi untuk pergi ke berbagai tempat yang memilki beragam medan jalan. Umumnya mobil SUV memiliki ground clearance yang tinggi sehingga cukup andal ketika harus melalui jalan kurang rata. Selain itu dapat diandalkan dalam kondisi jalanan tergenang air atau banjir.

Chevrolet Trailblazer (Foto: Chevrolet Indonesia)

6. SUV terlihat gagah

Berdasarkan data terbaru dari perusahaan riset otomotif Jato Dynamics, permintaan global untuk SUV mencapai rekor baru pada tahun 2017. Itu tidak mengherankan karena produsen mobil biasanya menawarkan fitur dan teknologi paling mutakhir kepada SUV sebelum menawarkannya ke konsumen. Disamping itu setiap mobil SUV memiliki garis body yang tegas dan tajam sehinggga membuatnya tampak gagah.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts