Home » Modifikasi » 6 Aliran Modifikasi Honda BeAT yang Paling Sering Ditemui di Jalanan

6 Aliran Modifikasi Honda BeAT yang Paling Sering Ditemui di Jalanan

Modifikasi Honda Beat bergaya trail
Modifikasi Honda Beat bergaya trail

Jakarta – Honda BeAT bisa dibilang merupakan sepeda motor terlaris di Indonesia. Bermain di segmen sepeda motor matik, Honda BeAT saat ini boleh dikatakan tak memiliki pesaing terdekat. Ia hampir melenggang sendirian di pasar otomotif roda dua Tanah Air.

Pamor Honda BeAT tak hanya dalam model standar, banyak orang melakukan modifikasi. Sayangya, modifikator pemula sering bingung dengan konsep yang akan dianutnya.

Berikut ini adalah 6 aliran modifikasi Honda BeAT yang paling banyak di Indonesia. Dari keenam aliran modifikasi ini, semoga saja bisa menjadi inspirasi modifikasi sepeda motor kesayangan Carmudian di rumah, ya.

  1. Aliran Elegan

Aliran pertama yang bisa dipilih untuk memodifikasi Honda BeAT kesayangan adalah elegan. Aliran elegan ini bisa digunakan dalam beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memasangkan beberapa aksesoris ke tubuh Honda BeAT.

Modifikasi Honda BeAT bergaya elegan
Modifikasi Honda BeAT bergaya elegan

Beberapa aksesoris tersebut adalah sebagai berikut:

  • Livery stiker
  • Mengubah jok standard
  • Mengganti pelek racing model palang dengan lebar lebih besar dari standar
  • Memperbesar diameter pelek dari ukuran standar menjadi 16 inci
  • Menghitamkan mika sein menjadi warna hitam
  • Pasang aksesoris pengganti handle rem, grip gas, dan rumah master rem atas

Beberapa cara di atas mampu mengubah tampilan Honda BeAT kesayangan menjadi tema elegan. Biaya yang dikeluarkan tentunya akan menyesuaikan juga dengan merek aftermarket yang dipilih.

  1. Aliran Classic Look

Aliran kedua yang bisa digunakan sebagai referensi modifikasi Honda BeAT kesayangan adalah aliran bergaya klasik (Classic Look). Aliran bergaya klasik ini bisa dibilang cukup timeless, alias tak mudah termakan oleh zaman untuk dilihat. Modifikasi yang perlu dilakukan untuk mengubah menjadi tampilan klasik juga tak terlalu sulit dilakukan.

Modifikasi bergaya retro, photo: modifikasi Honda BeAT
Modifikasi bergaya retro

Kamu bisa mengubah beberapa hal dengan cara seperti di bawah ini.

  • Memasang white wall / white stripe pada dinding ban
  • Mengganti model jok standard
  • Memasang wind shield di bagian depan
  • Mengganti spion dengan model bulat untuk menegaskan kesan klasik
  • Memasangkan braket box di bagian belakang
  • Memasang box dengan model keranjang agar menyesuaikan tema klasik
  • Memasang livery stiker

Beberapa hal di atas bisa kamu lakukan untuk mengubah Honda BeAT menjadi terlihat lebih klasik. Di masa pandemi seperti ini, berbagai parts tersebut bisa kamu beli dengan mudah melalui toko online. Komponen modifikasi saat ini sudah dapat dijumpai dengan mudah di berbagai toko online dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Aliran Baby Look

Salah satu aliran modifikasi yang sedang digandrungi adalah model baby look. Aliran modifikasi ini membuat sepeda motor menjadi terlihat lebih bantat dengan fokus mengubah pelek dan ban.

Ban yang digunakan merupakan ban standar ataupun ukurannya yang lebih lebar tapaknya. Pelek yang digunakan biasanya dikecilkan 1 ukuran dengan ukuran ban yang terlihat lebih membulat.

Modifikasi bergaya babylook bisa menjadi referensi
Modifikasi bergaya baby look bisa menjadi referensi

Untuk melakukan modifikasi baby look, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

  • Mengganti suspensi depan menjadi lebih pendek
  • Mengganti suspensi belakang menjadi lebih pendek
  • Mengubah diameter pelek menjadi lebih kecil
  • Mengubah lebar pelek menjadi sedikit lebih lebar dari aslinya
  • Mengganti ban dengan profil membulat dan tebal
  • Memberikan aksen stiker di beberapa bagian bodi
  • Memasang livery stiker

Beberapa cara di atas biasanya menjadi hal yang dilakukan para pemilik Honda BeAT yang mengusung gaya baby look. Jika menggunakan ban standar masih bisa juga, akan tetapi suspensinya juga harus dipendekkan terlebih dahulu.

  1. Aliran Racing Look

Aliran modifikasi yang paling banyak dilakukan oleh para pemilik Honda BeAT khususnya kaum muda adalah tema racing look. Tak bisa dipungkiri, tema racing look ini menjadi aliran terfavorit sepanjang masa oleh para pengguna sepeda motor. Sepeda motor dibuat menjadi lebih sporty, bergaya racy, namun tetap nyaman untuk digunakan harian.

Modifikasi Honda BeAT bergaya racing look harian
Modifikasi Honda BeAT bergaya racing look harian

Aliran modifikasi yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan, dan ketersediaan parts-nya sangat melimpah. Tak heran jika banyak orang memilih aliran racing look sebagai referensi modifikasi Honda BeAT kesayangannya.

Lalu, apa saja yang harus diubah untuk memodifikasi menjadi aliran racing look ini?

  • Mengganti pelek dengan model racing palang
  • Mengganti ban dengan model semi slick
  • Memasang aksesoris carbon fiber
  • Mengganti knalpot standard dengan model racing
  • Mengganti spion model bar end
  • Mengubah desain jok standar
  • Mengganti suspensi depan dan belakang

Cara-cara di atas menjadi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan modifikasi Honda BeAT bertemakan racing look. Aliran modifikasi yang satu ini menjadi aliran yang paling banyak digandrungi oleh para pengguna sepeda motor matik buatan Sunter ini. Biaya yang harus dikeluarkan tentunya juga menyesuaikan dengan komponen apa saja yang ingin diubah.

  1. Aliran Thailook

Aliran ini sering dipilih anak muda yang masih duduk di bangku sekolah SMP maupun SMA. Sebenarnya, tema Thailook akan menarik bila dipakai untuk kontes modifikasi. Penampilan motor terlihat ramping dengan banyaknya aksesoris.

Aksesoris untuk kontes modifikasi tema Thailook juga tidak murahan dan sering kali diimpor langsung dari negara asalnya, Thailand.

Thailook style, photo: Otonesianet
Thailook style. (Foto: Otonesianet)

Sayangnya, bagi sebagian orang konsep modifikasi ini dinilai tidak aman dan tidak laik digunakan untuk berkendara sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan aliran modifikasi ini menggunakan pelek dengan lebar yang lebih kecil dari standar dan dibalut profil ban tipis.

Sebagai alternatifnya, kalangan modifikator menggesernya menjadi tema Vietkong. Perbedaannya, hanyalah pada ukuran ban yang lebih besar. Vietkong ini posisinya di tengah-tengah antara Babylook dan Thailook. Sebab, Vietkong memakai pelek 17 inci namun dengan ban milik motor bebek jadul.

Untuk melakukan modifikasi ini, berikut hal yang bisa dilakukan.

  • Mengganti pelek berdiameter 17 inci dan memakai model jari-jari
  • Mengubah lebar pelek menjadi lebih kecil dari standar
  • Memakai aksesoris berwarna kuning, biru dan merah (monel)
  • Mengganti knalpot
  • Mengganti suspensi depan dan belakang
  • Mengganti bahan jok dan desain jok
  • Memasangkan stiker dengan motif bahasa Thailand
  • Menggunakan dudukan pelat nomor aksesoris ala Thailand

Nah, itu tadi merupakan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam melakukan modifikasi ala sepeda motor modifikasi Thailand. Kira-kira, cocok nggak nih sama selera kamu?

  1. Aliran Touring

Aliran terakhir ini merupakan salah satu aliran yang juga sering muncul di Indonesia. Biasanya banyak komunitas motor atau klub motor kerap melakukan touring bersama dengan rekan sejawatnya. Hal ini dilakukan untuk menyenangkan hati, atau untuk sekadar melakukan aktivitas bersama komunitas.

Lalu, seperti aliran modifikasi touring ini?

Honda BeAT bergaya touring, photo: IDNTimes
Honda BeAT bergaya touring, photo: IDNTimes
  • Mengganti profil ban menjadi lebih besar
  • Memasangkan braket box
  • Memasangkan box di bagian belakang
  • Memasangkan hand guard sebagai pelindung tangan
  • Memasangkan aksesoris berupa lampu kabut di bagian depan
  • Memasangkan aksesoris lampu rem tambahan di bagian belakang
  • Memasang foot step atau injakan kaki di bagian pijakan kaki pengemudi

Bagi mereka yang gemar melakukan touring, biasanya langkah modifikasi di atas menjadi cukup lumrah digunakan. Kenyamanan menjadi faktor utama dalam melakukan perjalanan jauh di atas kuda besi andalan.

Dari 6 aliran modifikasi Honda BeAT yang ada, mana yang cocok Carmudian gunakan?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

8 Komponen yang Bisa Membuat Kawasaki KLX Makin Keren

Previous post
Sering Dianggap Sepele, Begini Cara Benar Memilih dan Merawat Sarung Tangan
harga wuling confero
Next post
Di Antara Semua Mobil Wuling, Confero Paling Lama Menjalani Riset