Tips dan Trik

6 Cara Merawat Mobil Hitam yang Perlu Diketahui

Bodi mobil harus mendapat perhatian lebih terutama pada catnya. Merawat cat mobil pun diketahui cukup kompleks tergantung warna- warna tertentu, salah satunya hitam.

Selain putih, mobil warna hitam sangat populer di kalangan konsumen karena terkesan mewah, elegan, serta ekslusif.

Selain hitam dan putih, warna mobil lain yang juga banyak diminati adalah abu-abu atau silver.

Ilustrasi mobil hitam. (Foto: Istimewa)

Warna hitam menjadi warna yang selalu diminati dari masa ke masa. Meski mungkin mobil berwarna cerah sedang menjadi tren di Indonesia saat ini.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Cara Merawat Mobil Hitam

Cara merawat mobil hitam. (Foto: Ilustrasi)

Carmudian tidak boleh asal dalam merawat mobil berwarna hitam. Berikut ini adalah beberapa cara merawat mobil hitam yang sudah Carmudi rangkum dari berbagai sumber.

Rutin Mencuci Mobil Hitam

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu mencuci mobil hitam secara rutin, khususnya yang sering dibawa berkendara sehari-hari. Cara ini harus dilakukan agar bodi mobilnya bersih dari noda jamur yang tertinggal akibat terkena kotoran jalan.

cuci mobil

Ilustrasi cuci mobil. (Foto: gridoto)

Disarankan untuk mencuci mobil ini saat sore hari. Ini bertujuan untuk menghindari terik matahari yang dapat merusak warna hitam pada mobil.

Setelah mobil hitam selesai dicuci, segera keringkan dengan kain microfiber untuk finishing agar bodi mobil tersebut benar-benar kering untuk mencegah water spot atau disebut jamur bodi mobil.

Jamur ini bisa saja terjadi jika ada air yang menguap di permukaan cat mobil akibat terkena terik matahari.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Melakukan Teknik Mengelap yang Benar

Cara yang satu ini mungkin belum diketahui ataupun dihiraukan banyak orang. Mengelap mobil hitam tidak boleh dilakukan asal-asalan agar tidak merusak bodi mobilnya.

Adapun teknik mengelap mobil warna hitam yang benar. Pertama, lap mobilnya dengan gerakan searah. Kain lap yang digunakan untuk mengelap diangkat sedikit di bagian akhir guna mengangkat kotoran.

Lakukan proses mengelap ini dengan perlahan dan lembut. Tidak perlu terburu-buru karena Carmudian hanya akan menggerakkan kain bolak-balik.

Selain itu, jika terlalu terburu-buru mengelap mobil dengan sedikit debu di kain lap, bisa membuat bodi mobil alami baret halus. Tak hanya itu, Carmudian juga jangan lakukan gerakan memutar yang dapat menambah baret ini dalam bentuk swirl mark.

Melakukan Proses Detailing dan Paint Protection

Cara selanjutnya adalah melakukan proses detailing serta paint protection. Lapisan pernis (lapisan pelindung) di cat mobil hitam umumnya sangat tipis yang membuat mobilnya bisa cepat kusam.

Cara ini pun bertujuan untuk menjaga ketebalan lapisan pernis pada mobil tersebut, serta dapat menghilangkan baret swirl yang ada. Idealnya, proses detailing dilakukan sekali dalam satu tahun.

Carmudian juga sebaiknya rutin pergi ke salon mobil terdekat untuk memoles mobil hitamnya. Pada umumnya, pihak salon ini akan mengaplikasikan paint protection di akhir proses pemolesan.

Disarankan, lakukan pemolesan mobil hitam sekitar sekali dalam tiga bulan atau maksimal enam bulan. Selain menjaga ketebalan serta memulihkan pernis, memoles mobil juga dapat memperlihatkan kilauan cat pada mobilnya sehingga jadi terlihat baru.

Untuk membuatnya lebih tahan lama, waxing bisa dilakukan. Ini sebenarnya perlu dilakukan secara rutin dalam merawat mobil hitam guna membuat lapisan protektif pada mobil ini yang sudah dipoles.

Sebagai informasi, permukaan mobil yang berkilau bisa hilang seiring berjalannya waktu, apalagi jika mobilnya sering dibawa berkendara dalam kondisi panas akibat terkena terik matahari, debu, air hujan, dan sebagainya.

Menghindari Penggunaan Sabun Deterjen

Perlu diketahui, sabun deterjen memiliki kemampuan mengikis permukaan dari kotoran secara efektif. Namun jika sering digunakan dalam jangka waktu panjang, bisa mengikis permukaan cat mobil hitam, sehingga mobilnya jadi terlihat kusam atau terkesan seperti tidak dirawat.

Oleh karena itu, sabaiknya Carmudian tidak menggunakan sabun ini. Lebih baik, gunakan sampo khusus mobil yang sudah banyak dijual di toko terdekat karena lebih aman dibanding sabun deterjen.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Tidak Menggunakan Kemoceng Bulu

Sebagian pengguna mobil hitam menggunakan kemonceng berbahan bulu untuk membersihkan mobilnya dengan alasan lebih praktis dan cepat.

Namun, kemonceng dengan bahan ini sebenarnya berpotensi dapat menyebabkan baret halus di bodi mobil karena ada bagian dari kemonceng tersebut yang tajam.

Kini, sudah banyak kemoceng yang memakai bahan kain microfiber di mana lebih aman digunakan untuk membersihkan bodi mobil hitam. Saat menggunakan kemonceng ini, Carmudian bisa gerakan tangan secara searah untuk membersihkan mobilnya.

Memastikan Mobil Bersih Sebelum Dipakai Sarungnya

Setiap akan dipakaikan sarung mobil, Carmudian harus benar-benar pastikan mobilnya bersih dulu karena jika masih ada debu, dapat mudah tertimbun dalam waktu cepat.

Carmudian bisa pilih sarung mobil yang terbuat dari bahan halus guna menjaga mobil tetap bersih dari debu serta tidak menggores lapisan cat mobil hitam.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hitam

Kelebihan

Kelebihan mobil hitam. (Foto: Istimewa)

Mobil berwarna hitam mempunya berbagai kelebihan yang membuatnya banyak diminati. Pertama, mobil ini punya sifat netral, sehingga dapat digunakan untuk segala aktivitas seperti bekerja, acara keluarga, dan semacamnya.

Selain itu, mobil hitam tak hanya terlihat mewah, elegan, tapi juga maskulin serta gagah. Mobil ini pun cocok digunakan oleh konsumen baik yang masih berusia muda maupun tua, alias cocok untuk semua kalangan.

Tak hanya itu, mobil hitam dinilai mudah dijual kembali karena memang banyak peminatnya. Warnanya yang tak kalah menarik dari warna lainnya seperti putih semakin menarik minat konsumen untuk membeli mobil hitam, termasuk versi bekasnya.

Perawatan mobil warna hitam sendiri tak terlalu sulit dilakukan setelah mengetahui cara merawat mobil ini di atas yang sudah Carmudi rangkum.

Tidak serumit mobil putih yang perlu dicuci setiap hari karena mudah terlihat kotor. Di sisi lain, mobil hitam mudah untuk dilakukan pengecatan ulang. Tak seperti warna putih mobil yang memiliki banyak varian seperti Arctic White, Pearl White, Championship White, dan lain-lain.

Warna hitam mobil umumnya mempunyai sedikit sekali varian. Mungkin, ada beberapa sebutan untuk warna hitam pada kendaraan, tapi sejatinya semua sama-sama hitam, hanya kilaunya berbeda.

Tukang cat mobil pun tidak akan terlalu kesulitan saat ingin mengecat ulang mobil hitam.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Kekurangan

mobil hitam

Cara merawat mobil hitam. (Foto: Toyota)

Mobil hitam pastinya tidak hanya memiliki beragam kelebihan, tapi juga punya beberapa kekurangan.

Jika terdapat goresan pada mobil hitam, pastinya akan terlihat. Ini tentu membuat kesan mewah dan elegan pada mobilnya jadi berkurang alias mengurangi estetika mobil tersebut.

Dengan demikian, para pemilik mobil hitam harus benar-benar melindungi mobilnya dari apapun yang bisa membuat mobilnya tergores.

Meski sudah dilakukan usaha perbaikan pada mobil hitam yang tergores, akan terlihat bekasnya seakan cat mobil ini tidak menyatu dengan baik. Selain itu, jika mobil ini terkena debu, akan membuat mobilnya jadi langsung terlihat tidak menarik.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts