HomeSumber informasi6 Rekomendasi Aplikasi GPS Tracker Gratis, Ada Buatan Indonesia

6 Rekomendasi Aplikasi GPS Tracker Gratis, Ada Buatan Indonesia

GPS Tracker
Tidak perlu khawatir bila mobil dicuri bagi mobil yang dilengkapi dengan GPS Tracker. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta – Setelah adanya smartphone, banyak orang bisa saling berhubungan satu sama lain melalui aplikasi chat gratis, media sosial, serta GPS tracker. Carmudi telah rangkum beberapa aplikasi GPS tracker yang bisa diunduh secara gratis.

GPS tracker merupakan sebuah teknologi Global Positioning System (GPS) yang berfungsi untuk mengetahui keberadaan seseorang.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi-informasi penting lainnya seperti lokasi sepeda, motor, mobil, hingga smartphone seseorang yang ingin dicari tahu keberadaannya.

Dengan demikian, GPS tracker sangat berguna bagi banyak orang. Bagi pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil, aplikasi ini sangat berguna untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, penipuan, penyalahgunaan kendaraan, dan lainnya.

Rekomendasi Aplikasi GPS Tracker Gratis

Terdapat beberapa GPS tracker yang direkomendasikan dan bisa diunduh secara gratis di smartphone. Berikut rekomendasi beberapa GPS tracker gratis yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Trusted Contacts

Aplikasi Trusted Contacts. (Foto: teknologi.id)

Trusted Contacts merupakan aplikasi pelacak yang bisa digunakan untuk mencari tahu keberadaan orang-orang terdekat, seperti keluarga, kerabat, sahabat, teman dekat, serta pasangan dengan sistem dua arah.

Jika dibandingkan dengan aplikasi pelacak lainnya seperti Glympse, Trusted Contacts ini sifatnya lebih terbatas. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi tersebut hanya bisa melacak keberadaan orang-orang terdekat saja.

Cukup dengan menyimpan nomor ponsel mereka, Carmudian bisa melacak keberadaan mereka di manapun dan kapanpun, bahkan saat ponsel tidak terhubung dengan internet.

Sistem Trusted Contacts menggunakan request location, di mana Carmudian bisa mengajukan permintaan pada orang-orang terdekat yang terdaftar di kontak aplikasi tersebut untuk berbagi lokasi, dan juga sebaliknya.

Selain itu, Carmudian juga bisa memilih untuk menerima atau menolak permintaan lokasi melalui pesan singkat.

Pesan tersebut berisi bahwa Carmudian dalam kondisi baik-baik saja pada orang yang mengajukan permintaan lokasi tersebut.

Di sisi lain, Trusted Contacts juga memiliki keunggulan lain bagi penggunanya, yaitu memberikan laporan lokasi secara periodik.

Carmudian bisa mengatur laporan tersebut dalam waktu 2 jam sekali, 3 jam sekali, dan lainnya. Selain itu, laporan lokasi ini akan dikirimkan secara otomatis.

Dengan demikian, Carmudian tidak perlu menanyakan lokasi seseorang yang ingin dicari tahu keberadaannya berkali-kali dan bisa merasa tenang.

  • Glympse

Glympse. (Foto: here360)

Sempat disinggung sebelumnya, Glympse merupakan aplikasi pelacak lainnya yang tidak hanya dapat mengetahui keberadaan seseorang siapapun itu, tetapi juga bisa bertatap muka dengan orang tersebut.

Glympse sudah dilengkapi dengan penunjuk arah serta kemampuan destination picker.

Cara penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah. Carmudian tidak perlu melalui proses sign up atau pendaftaran, cukup dengan mengunduh aplikasi Glympse di smartphone dan Carmudian bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi Glympse ini dinilai cocok bagi para petualang karena dapat mengirimkan informasi lokasi terakhir pada orang-orang yang ingin mereka kabari.

  • IDTRACK – Server GPS

Aplikasi IDTRACK diperuntukan bagi yang memiliki bisnis rental kendaraan mobil. Perlu diketahui, aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah studio pengembang aplikasi tracking kendaraan asal Indonesia dan dinilai memiliki kualitas internasional.

IDTRACK sendiri memiliki berbagai fitur unggulan, seperti fitur untuk melacak lokasi mobil secara periodik dalam waktu 10 detik dan real time, memberikan laporan perjalanan selama 45 hari dalam bentuk file Excel yang bisa dibaca di laptop atau komputer, serta laporan jika kendaraan berhenti, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini sudah didukung dengan Google Maps, sehingga dapat memberitahukan lokasi mobil yang sedang dilacak keberadaannya secara tepat dan akurat.

  • Waze GPS – Maps Traffic

Tampilan Waze. (Foto: Ilustrasi)

Waze sudah banyak dikenal di Indonesia dan negara-negara lainnya. Waze merupakan sebuah aplikasi GPS tracker berbasis komunitas.

Fitur tersebut membuat para penggunanya bisa saling berbagi informasi mengenai kondisi lalu lintas, cuaca, kecelakaan, dan informasi lainnya.

Fitur Waze ini diperuntukan bagi para pemilik kendaraan pribadi, khususnya mobil. Oleh karena itu, Waze belum dilengkapi dengan navigasi khusus untuk kendaraan lainnya, seperti sepeda, truk, dan transportasi umum.

Untuk menggunakan Waze, Carmudian harus memiliki koneksi internet yang aktif pada smartphone-nya agar dapat mengetahui informasi terkini.

Jika koneksi internetnya terputus, aplikasi tersebut tidak dapat menampilkan informasi apapun bagi para penggunanya.

  • Sygic

Sygic merupakan aplikasi GPS tracker pada kendaraan mobil yang cukup populer di beberapa negara. Salah satu fitur unggulannya adalah peta dari TomTom yang merupakan navigasi andalan Sygic dan bisa digunakan secara offline.

Selain itu, terdapat fitur-fitur unggulan lainnya, yaitu fitur cari rute alternatif, voice guide direction dan turn by turn, serta fitur catatan batas kecepatan laju kendaraan.

Sebagai informasi, terdapat beberapa fitur premium yang bisa dipilih oleh para penggunanya.

  • GPSKU

Aplikasi ini berfungsi untuk memantau pergerakan sebuah kendaraan. Sama seperti IDTRACK, GPSKU merupakan aplikasi buatan Indonesia sebagai tracking corporate.

Aplikasi tersebut memiliki berbagai fitur unggulan, antara lain fitur navigasi, map yang dilengkapi street view, playback history perjalanan kendaraan selama 100 hari, dan lainnya.

Manfaat Aplikasi GPS Tracker

Manfaat GPS tracker. (Foto: Pinterest)

Jika melihat penjelasan di atas, GPS tracker menjadi suatu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap orang, termasuk para pemilik kendaraan.

Selain untuk melacak lokasi sesuatu atau seseorang, terdapat berbagai manfaat lainnya pada aplikasi tersebut. Carmudi rangkum beberapa manfaat GPS tracker bagi para pengguna kendaraan sebagai berikut.

  • Mencegah Pencurian

Manfaat GPS tracker pertama bagi para pengguna kendaraan adalah dapat mengantisipasi adanya pencurian yang tidak diinginkan.

Pengguna aplikasi ini dapat melakukan pelacakan secara real time sehingga bisa mengetahui lokasi kendaraan secara akurat.

Sebagai informasi, beberapa GPS tracker tertentu dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mematikan mesin kendaraannya hanya melalui SMS atau jarak jauh.

  • Alat Monitoring Suara atau Penyadap

Tidak banyak orang yang tahu bahwa fungsi GPS tracker tidak hanya untuk melacak keberadaan sesuatu atau seseorang, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat penyadap.

Dengan demikian, para pengguna aplikasi ini bisa mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung di sebuah kendaraan secara real time.

Caranya adalah menelpon GPS tracker dengan nomor yang sudah didaftarkan menjadi admin otomatis, lalu aplikasi tersebut akan mengangkat dan Carmudian sudah bisa mendengarkan percakapannya.

  • Memberitahukan Kondisi dan Histori Kendaraan

Manfaat lain dari GPS tracker adalah memberikan informasi penting mengenai kondisi serta apa saja yang sudah dialami suatu kendaraan melalui SMS atau email.

Informasi-informasi yang diberikan seperti status hidup atau mati arus kelistrikan, sabotase, dan informasi lainnya.

Pada intinya, GPS tracker ini dapat memberitahukan informasi mengenai kondisi dan histori perjalanan dari kendaraan milik pengguna.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Cara Cepat dan Mudah Cek Resi Tilang

kendaraan listrik Hyundai
Previous post
Hyundai Siapkan Platform Khusus untuk Kendaraan Listrik
GIIAS dan IIMS
Next post
Kondisi Belum Kondusif, Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week Ditunda