Tips dan Trik

6 Rekomendasi Merek Air Radiator Mobil, Mana yang Paling Bagus?

Air radiator pada mobil sebaiknya diganti secara berkala. Namun banyak pemilik yang bingung ketika hendak menggantinya, merek atau jenis air radiator apa yang bagus?

Untuk mobil, banyak pabrikan otomotif menyarankan menggunakan air radiator material coolant. Coolant sendiri memang cairan yang dikhususkan untuk digunakan sebagai air radiator.

Namun, kenyataannya masih banyak pemilik mobil yang tidak memakai coolant. Alih-alih ingin berhemat, coolant tersebut diganti dengan air keran biasa.

Padahal sebenarnya coolant pada air radiator punya banyak manfaat bagus. Terutama keawetan sistem pendinginan mesin yang akan jauh lebih optimal ketika memakai coolant dibanding air keran.

Air Biasa Vs Air Coolant

Seperti yang diutarakan oleh Rival, mekanik di Safira Motor. Menurutnya coolant lebih baik dibandingkan dengan menggunakan air keran untuk pendinginan radiator.

“Coolant kan ada zat kimianya, sedangkan air keran nggak ada. Titik didihnya juga sudah pasti bagusan pakai coolant dari air biasa,” katanya beberapa waktu lalu.

Namun banyak pemilik mobil yang mempercayai jika coolant justru merusak mesin.

Bagaimana kenyataannya?

Pada air keran atau air biasa umumnya terdapat kandungan mineral. Kandungan inilah yang bisa berpotensi menimbulkan karat jika digunakan dalam waktu yang lama.

Sementara air coolant memiliki zat aditif yang bisa meredam panas mesin, mencegah karat, dan tahan penguapan. Sementara air biasa tidak memiliki zat tersebut sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk air radiator.

Pilihan Air Radiator yang Bagus Untuk Mobil

Nah, Carmudian yang mau mengganti air radiator dalam waktu dekat, kami akan membeberkan beberapa pilihan merek yang bagus untuk digunakan pada mobil.

  1. Prestone

Merek pertama yang jadi referensi air radiator mobil yang bagus yakni Prestone. Prestone sendiri dijual oleh PT Laris Chandra sebagai distributor resmi di Indonesia.

Produk dengan kemasan berwarna kuning ini sudah terkenal memiliki performa cairan yang cukup bagus. Salah satunya adalah titik didihnya yang mencapai lebih dari 130 derajat celcius, sehingga tidak mudah membuat mesin menjadi overheat.

air radiator mobil yang bagus

Tak hanya itu, air radiator merek Prestone ini juga punya kemampuan cegah beku yang baik. Ketika digunakan, cairan ini bisa membuat temperatur mesin menjadi lebih stabil dan tidak cepat panas.

Soal harganya, kemasan ukuran 4 liter biasa dijual seharga Rp120 ribuan. Prestone menyediakan dua warna, yakni hijau pekat dan merah agak bening.

  1. Top1 Power Coolant

Kemudian merek air radiator mobil yang bagus ada Top1 Power Coolant. Merek satu ini juga kerap menjadi salah satu produk unggulan yang ada di pasar.

air radiator mobil yang bagus

Menurut klaim yang diberikan, Top1 Power Coolant ini memiliki kandungan aditif ethylene glycol dengan angka sebanyak 20%. Produk asal Amerika Serikat ini diklaim memiliki titik didih mencapai 118 derajat celcius.

Salah satu kelebihan cairan ini adalah sudah mendapatkan pengakuan dari ASTM, Caterpillar EC-1, MTU, ASTM B6210, dan masih banyak lainnya. Soal harga, Top1 membanderol produknya dengan kisaran Rp130 ribuan.

  1. Master Radiator Coolant

Produk air radiator yang cukup bagus dan banyak ditemui di pasaran yakni Master Radiator Coolant. Merek dengan kemasan berwarna abu-abu ini juga jadi salah satu pilihan para pemilik mobil yang hendak mengganti air radiator.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan yakni harganya yang cukup terjangkau. Nggak heran kalau Master Radiator Coolant ini cukup laris di pasaran.

Selain itu air yang terdiri dari warna merah, biru, dan hijau ini memiliki kandungan tahan beku. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, cukup menuangkan cairan tersebut sesuai kebutuhan air radiator.

Artinya, pemilik tak perlu repot mencampurkan air jika menggunakan produk ini. Soal harganya, Master Radiator Coolant dibanderol Rp50 ribuan per galon ukuran 4 liter.

  1. Wurth

Kemudian ada air radiator asal Jerman dengan merek Wurth. Produk dengan kemasan berwarna putih ini juga punya kemampuan yang cukup baik untuk menahan panas mesin mobil.

Cairan yang ditawarkan terdiri dari warna merah dan hijau. Soal harga, Wurth menjual air radiator coolant ini dengan banderol Rp80 ribuan per kemasan 5 liter.

Untuk 1 unit mobil biasanya memerlukan 5 hingga 7 liter. Jadi ketika membeli, Carmudian disarankan membeli 2 galon.

Jika dirasa kebanyakan, maka sisa cairan tersebut masih bisa dijadikan air cadangan untuk keperluan darurat.

  1. Megacool

Merek air radiator yang bagus untuk mobil lainnya yakni Megacool. Megacool terkenal sebagai salah satu produk air radiator dengan harga termurah yang ada di pasaran.

Harga jualnya berkisar Rp30-40 ribuan per ukuran 5 liter. Artinya, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan merek-merek yang sudah kami sebutkan di atas.

Karakter warna cairan yang dimiliki Megacool terlihat bening kehijauan. Jika dilihat sepintas warnanya memang tidak sepekat coolant yang sudah disebutkan di atas.

Selain murah, kelebihan yang dimiliki oleh cairan ini adalah mampu membuat suhu mesin terjaga. Sayangnya memang tidak ada klaim titik didih yang diberikan oleh Megacool, namun mereka meyakini jika produk ini bisa menahan panas dengan baik.

Untuk dijadikan cairan penguras radiator, rasanya Megacool cocok jadi pilihan.

  1. Bryston

Merek air radiator yang bagus untuk mobil ada Bryston. Perusahaan yang bermarkas di Jepang ini diklaim memiliki teknologi canggih.

Salah satunya mampu membuat hembusan AC yang dihasilkan menjadi lebih sejuk lantaran temperatur mesin tetap terjaga. Soal harga, produk ini ditawarkan dengan harga Rp40 ribuan dengan kemasan berwarna hitam.

Manfaat Memakai Air Coolant

Sebelum menilai jika coolant memiliki efek samping yang menyeramkan, ketahui dulu apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika memakai cairan ini.

  • Suhu Mesin Stabil

Manfaat pertama yang akan didapatkan dari pemakaian coolant tentu suhu mesin akan menjadi lebih stabil. Mau di cuaca apapun, suhu mesin akan tetap terjaga di batas idealnya.

Bahkan jika memasuki udara dingin, suhu mesin akan lebih rendah dari biasanya. Berbeda ketika menggunakan air biasa yang saat terkena macet suhu mesin bisa sedikit lebih tinggi dari idealnya.

  • Bebas Karat

Manfaat kedua dari pemakaian coolant yakni bebas dari karat. Sejatinya air radiator coolant mengandung bahan kimia yang bisa mencegah timbulnya karat.

air radiator mobil yang bagus

Rajin dalam melakukan pergantian Air Karburator.Foto/google

Jika pada beberapa kasus penggunaan coolant bisa menyebabkan karat, ketahui dulu penyebabnya. Apakah pemilik mobil tersebut rutin mengganti air radiator selama dimiliki?

Ingat, air radiator juga wajib diganti setidaknya setiap 10.000 km atau 15.000 km sekali. Tujuannya agar kandungan kimia di dalam cairan tersebut tetap terjaga dan mampu menyerap panas dengan sempurna.

  • Radiator Awet

Manfaat terakhir dari penggunaan cairan khusus adalah membuat radiator menjadi lebih awet. Kenapa ya? Kok bisa?

Penyebab radiator mobil rusak.

Penyebab radiator mobil rusak.

Hal tersebut dikarenakan titik didih yang dimiliki coolant lebih baik dari air biasa. Sehingga panas mesin bisa terjaga dengan baik, efeknya radiator pun akan punya masa pakai yang lebih awet dan tidak mudah bocor.

Setelah membahas sedikit pilihan air radiator mobil yang bagus di atas, kira-kira Carmudian mau pilih yang mana ya? Pada dasarnya semua coolant itu lebih baik dibanding air keran.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *