Produk

7 Merek Mobil RC Terbaik, Hobi Alternatif Pecinta Otomotif

Beberapa bulan belakangan, banyak car enthusiast memalingkan hobi ke mobil remote control (RC) sebagai hobi alternatif. Nah, Carmudian yang mau ikutan tren ini bisa melihat rekomendasi merek mobil RC terbaik versi Carmudi.

Sebelum membahas mengenai RC ini lebih dalam, ada baiknya ketahui dulu jenis yang ada.

Jenis Mobil RC

Sejatinya, mobil RC ini terbagi ke dalam dua kategori; hobi dan mainan.

Seperti diketahui bersama, mobil RC mainan umumnya didesain untuk dimainkan anak-anak.

Nah, untuk kategori mobil RC hobi lebih diperuntukkan kepada dewasa yang menginginkan kualitas lebih baik dan tentunya punya banderol harga lebih mahal, desain lebih oke, dan lebih rumit perakitannya.

merek mobil rc terbaik

Di kalangan pecinta otomotif, karena berbagai keterbatasan dalam berkegiatan, RC car kembali digandrungi selama pandemi. Mereka yang membeli RC umumnya untuk mengisi waktu luang ketika bosan berdiam diri di rumah saja.

Berikut ini rekomendasi merek mobil RC terbaik.

Rekomendasi Merek Mobil RC Terbaik

Tamiya Model Kit

Merek mobil RC pertama dan masih menjadi salah satu yang terbaik adalah Tamiya. Merek satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang, sebab sudah ada sejak 1953.

Bagi Carmudian yang senang dengan RC car dan punya bentuk mobil aslinya, Tamiya bisa menjadi pilihan. Merek asal Jepang ini kerap merilis mobil RC model legendaris seperti Land Cruiser, Pajero, Subaru, Lancia Delta, dan masih banyak lainnya.

merek mobil rc terbaik

Untuk harganya memang terbilang agak mahal, mulai dari Rp1 jutaan hingga Rp7 jutaan tergantung model.

Masih kurang mahal?

Tenang, masih banyak lagi, kok, RC Tamiya yang harganya mahal.

Traxxas Nitro Rustler

Bagi mereka yang suka dengan kecepatan, Traxxas Nitro Rustler sangat cocok untuk dibeli. Mobil remote control satu ini pasalnya bisa melesat hingga kecepatan lebih dari 70 km/jam!

Mengapa mobil RC Traxxas Nitro Rustler bisa kencang?

Mainan ini dibekali dengan mesin TRX 2.5 yang punya performa sangat bagus. Untuk level menengah hingga ke atas, ini jadi salah satu merek terbaik.

merek mobil rc terbaik

Salah satu kelebihan tipe ini adalah memiliki jaringan bluetooth pada modul remote-nya sehingga jangkauan dari pemancar akan lebih jauh dan akurat ketika dimainkan.

Top Race RS Monster Truck

Kemudian salah satu merek mobil RC terbaik lainnya adalah Top Race RS Monster Truck. Merek yang satu ini terkenal dengan penggunaan ban karet tebal sehingga bisa dimainkan di area indoor maupun outdoor tanpa harus mengurangi performanya.

Dari segi dimensi, tipe ini terbilang kecil dan cukup kompak karena ukurannya hanya 30x15x12,5 cm saja. Secara model, mobil RC ini mengusung desain mobil buggy dengan menggunakan baterai model AA.

HPI Racing Mustang Drift

Secara spesifikasi hampir sama dengan Top Race RS Monster Truck, namun HPI Racing Mustang Drift merupakan versi mini dari mobil drifting yang digunakan oleh freestyler asal Amerika Serikat, Ken Block.

Warnanya hitam dengan livery kolaborasi Monster Energy—Ford.

Mobil RC jenis ini punya tenaga besar namun cocok untuk pemula.

Tidak salah jika banyak orang membeli mobil RC tipe ini karena desainnya sudah keren ketika dibuka dari dusnya. Pembeli hanya perlu melakukan sedikit modifikasi sesuai selera.

Redcat Racing Volcano EPX Electric Truck

Merek selanjutnya adalah Redcat Racing dengan tipe Volcano EPX Electric Truck yang punya desain ala monster truck. Bannya besar dengan bodi berkelir paduan biru-putih dan stiker Volcano di bagian samping.

Mobil RC ini punya bobot yang ringan hampir di seluruh bagian komponennya.

Untuk menggerakkannya remote harus dibekali dengan dua baterai tipe AA.

Holy Stone 2962A Lamborghini Veneno

Merek mobil RC terbaik lainnya datang dari Holy Stone dengan kode 2962A yang punya model Lamborghini Veneno.

Mobil mainan berbentuk sport car ini punya desain remote yang sedikit berbeda karena seperti tuas joystick konsol game. Dalam remote tersebut terdapat antena, pengunci pintu, indikator, dan rem.

merek mobil rc terbaik

Kelebihan dari mainan ini adalah memiliki gravity sensor. Walaupun ukurannya kecil, tetapi kecepatannya bisa mencapai 32 km/jam. Lumayan kenceng juga, nih.

Traxxas Splash Pro

Merek terakhir yang masuk sebagai rekomendasi merek mobil RC versi Carmudi adalah Traxxas model Splash Pro 2WD Short-Course Truck. Traxxas rasanya memang selalu berhasil menciptakan mainan remote control yang keren.

Selain bisa melesat hingga kecepatan 60 km/jam, mainan ini juga punya durabilitas yang cukup baik sehingga cocok dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Tips Membeli RC

Mainan dengan remote control ini sebenarnya bukanlah mainan untuk anak di bawah 6 tahun sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

  • Keamanan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan mainan mobil RC sebab ada beberapa di antaranya yang tidak memakai energi baterai, melainkan bahan bakar seperti bensin.

Jenis ini lebih berbahaya untuk anak-anak, maka dari itu jangan beli model ini kalau dimainkan oleh anak-anak. Di Indonesia, standar keamanan yang baik tentunya bisa dilihat dari embos Standar Nasional Indonesia (SNI) pada mainannya.

  • Controller

Jangan lupa memilih controller yang mudah untuk dimainkan. Usahakan pilih produk yang bisa bergerak secara halus sehingga memudahkan ketika akan dimainkan.

Jenisnya pun ada model gagang atau gagang dengan kemudi berbentuk bulat. Pilih yang menurut Carmudian mudah untuk dikendalikan.

  • Model

Umumnya model menjadi salah satu faktor penentu orang membeli mobil remote control. Ada beberapa jenis yang bisa dipilih, mulai dari mobil model kit yang bentuknya seperti mobil nyata, mobil drifting, monster truck, dan mobil truk.

Jika ingin diberikan untuk anak, biasanya mereka lebih menyukai yang bentuknya keren seperti monster truck dan mobil drifting.

  • Durabilitas

Sejatinya Carmudian juga ingin membeli mainan yang punya daya tahan cukup baik. Salah satu cara menikmati mobil RC adalah ‘menyiksanya’ di jalanan tanah dan kubangan air.

Nah, pilihlah mobil yang punya ketahanan terhadap air yang baik agar lebih seru ketika dimainkan. Jika tahan air, maka anak-anak juga akan lebih senang ketika mobil tersebut dibawa melewati genangan dan hujan.

  • Fitur

Ada beberapa mobil RC yang dibekali dengan fitur yang cukup asik. Misalnya bisa menghasilkan bunyi klakson, menyalakan lampu sein, menarik winch, dan lampu utama.

Jika ingin menyerupai mobil asli, maka pilihlah yang fiturnya banyak. Mobil yang punya banyak fitur seperti ini akan lebih seru dan menyenangkan ketika akan dimainkan bersama-sama.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts