Modifikasi

7 Modif Simpel Honda Astrea untuk Memperkuat Kesan Klasiknya

Modif simpel Honda Astrea adalah langkah yang tepat untuk menjadikan penampilan motor ini makin personal dengan tetap mempertahankan kesan klasiknya. Jenis ubahan yang dapat diterapkan pun cukup banyak.

Modif Simpel Honda Astrea

(Foto: Honda Global)

Honda Astrea sendiri merupakan salah satu seri motor legendaris di Indonesia. Sejarahnya diawali kehadiran Astrea 700 yang mengaspal sejak 1981.

Setidaknya ada 10 model motor Honda yang masuk ke dalam keluarga Astrea. Termasuk Supra yang pada akhirnya menjadi model tersendiri seperti sekarang.

Mayoritas motor-motor Honda Astrea memiliki ciri khas konsumsi bahan bakar super irit. Sementara itu desainnya cenderung lebih ke arah elegan. Beda hal dengan produk sekelas buatan Yamaha atau Suzuki yang mayoritas lebih sporty.

>>>>> Lihat beragam motor baru dan bekas dari Carmudi di sini!

Modif Simpel Honda Astrea

Mirip seperti mobil-mobil lawas, Honda Astrea belum kehilangan peminat walau masa keemasannya sudah lewat. Dibarengi kemajuan dalam dunia modifikasi yang tak pernah berhenti, pemilik makin leluasa untuk mendandani bebek lawasnya tersebut.

Kira-kira apa saja jenis modifikasinya? Simak ulasan berikut ini!

1. Pemasangan Rak Barang

Modif Simpel Honda Astrea - Pasang Rak

(Foto: Buka Lapak)

Honda Astrea memiliki dimensi yang relatif kecil. Hal tersebut merupakan nilai tambah tersendiri. Motor ini akan terasa lincah dan praktis untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Tapi masih ada satu hal yang harus diperbaiki, yaitu akomodasi penyimpanan. Honda Astrea seperti motor bebek pada umumnya tidak memiliki banyak tempat untuk membawa barang.

Solusinya antara lain dengan melakukan pemasangan rak. Kebetulan ada banyak jenis produk yang juga bisa dipilih. Misalnya rak model jepit untuk di dek tengah, sepatbor depan, bahkan di belakang.

Bukan hanya rak, dalam hal ini pemilik juga memiliki opsi untuk memasang keranjang.

Modifikasi semacam ini cukup pantas dilirik karena fungsional sekaligus menambah kesan klasik dan unik dari motor ini.

2. Ganti Pelek Aluminium

Modif Simpel Honda Astrea - Pelek Aluminium

(Foto: Shopee)

Kesan klasik Honda Astrea ditunjang salah satunya oleh pelek model jari-jari yang menjadi standar bawaan pabriknya. Tapi seperti motor lawas pada umumnya, pelek asli motor ini menggunakan bahan besi yang berat.

Terlebih lagi jika usianya sudah bertahun-tahun maka pelek tersebut sangat rentan terserang karat. Pemilik bisa melakukan substitusi menggunakan pelek jari-jari berbahan aluminium yang kini banyak beredar.

Pelek aluminium memiliki keunggulan bobot yang lebih ringan. Selain itu, pelek semacam ini sering kali hadir dengan finishing yang menarik. Contohnya anodized dengan warna-warna yang unik.

Opsi warna-warna netral seperti silver atau hitam dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin tampilan low profile. Tapi tak ada salahnya juga bermain dengan warna-warna terang.

Sebab, dalam sejarahnya, Honda Astrea juga pernah melewati masa di mana modifikasi dengan pelek warna-warni booming pada era 1990-an.

3. Menggunakan White Sidewall

Ban White Wall - Shopee

(Foto: Shopee)

Pemasangan white sidewall tak diragukan lagi adalah cara jitu untuk menonjolkan kesan klasik pada kendaraan. Hal ini juga dapat menjadi pilihan bagi pemilik yang ingin melakukan modif simpel Honda Astrea.

Prosesnya tergolong mudah. Langkah paling umum ialah dengan pemasangan karet tambahan berwarna putih di dinding ban. Produknya bisa dibeli di toko-toko variasi.

Selain itu, ada beberapa jenis ban yang memang didesain dengan dinding berwarna putih. Tapi umumnya ban semacam ini merupakan produk impor dengan harga relatif mahal.

Sejarahnya, pada awal era 1900-an campuran karbon (yang membuat ban berwarna hitam dan lebih kuat) hanya terdapat pada bagian tapaknya saja. Sedangkan warna putih pada dinding ban adalah warna asli dari karet yang menjadi bahan bakunya.

Tapi lama kelamaan ban dengan dinding berwarna putih dinilai butuh perawatan ekstra dan kurang kuat sehingga produsen membuat desain baru yang seluruhnya berwarna hitam.

4. Menggunakan Striping Versi Luar Negeri

Modif Simpel Honda Astrea - Striping

(Foto: Honda Vietnam)

Honda Astrea bukan hanya motor yang populer di Indonesia. Keberadaannya juga bisa ditemui di negara-negara Asia Tenggara lain, seperti Vietnam, Malaysia, atau Thailand.

Di negara-negara tersebut Honda Astrea dijual dengan nama yang berbeda. Contoh untuk Astrea Prima yang dijual di Vietnam dengan nama Super Dream atau EX5 di Malaysia.

Hal ini menjadi peluang modifikasi tersendiri. Pemilik yang ingin melakukan modif simpel Honda Astrea miliknya bisa menggunakan striping versi luar negeri.

Tapi jangan sampai kebablasan. Cukup elemen grafis bodinya saja yang “dipinjam”. Perlengkapan wajib kendaraan seperti nomor polisi harus tetap menggunakan model yang berlaku di Indonesia karena diatur dalam undang-undang.

>>>>> Lihat beragam motor baru dan bekas dari Carmudi di sini!

5. Bermain dengan Finishing Krom

YoutTube Rocket Motovlog

(Foto: Youtube)

Para pemilik yang ingin memperkuat kesan klasik pada Honda Astra miliknya dapat memanfaatkan finishing krom pada beberapa bagian komponen, misalnya swing arm, tutup samping mesin, atau bahkan tromol.

Finishing krom sangat sesuai dengan kesan elegan atau klasik yang sudah dimiliki Honda Astrea sejak awal lahir. Kemudian hal ini juga sejalan dengan finishing pernak-pernik asli bawaan motor itu sendiri, misalnya behel belakang atau besi spionnya.

Hal penting yang perlu diketahui ialah finishing krom mesti dirawat agar selalu mengkilap dan awet. Langkah utama ialah rajin membersihkannya dari kotoran. Selain itu, sebaiknya hindari permukaan krom dari cairan-cairan yang asam dan bersifat korosif.

Jika hal tersebut dilakukan maka krom akan lebih tahan lama. Honda Astrea kesayangan pun memiliki penampilan yang unik dan lebih personal.

6. Pasang Rem Cakram

Astrea Grand Cakram

(Foto: Buka Lapak)

Kecuali Supra, mayoritas model Honda Astrea masih dilengkapi rem tromol baik untuk roda depan maupun belakang. Oleh karena itu tidak ada salahnya melakukan modifikasi pada bagian ini.

Bukan berarti rem tromol jelek, hanya saja modifikasi penggunaan rem cakram pada Honda Astra dapat melahirkan keunikan tersendiri. Pemilik bisa melakukan pemasangan cakram untuk roda depan dan belakang.

Tapi jika harus memilih salah satu, sebaiknya lakukan pemasangan pada roda depan terlebih dahulu. Agak aneh jika yang dilakukan adalah sebaliknya.

Tak perlu repot karena sekarang banyak conversion kit yang beredar di pasaran. Produk semacam ini hadir dalam bentuk paket yang isinya sudah sangat lengkap.

Mayoritas pun sifanya plug and play alias dapat langsung dipasang. Pemilik tinggal melakukan beberapa penyesuaian.

7. Pasang Shockbreaker Kekinian

(Foto: Huynh Van Qui / Motor Plus)

Bisa dibilang ini adalah senjata rahasia modif simpel Honda Astrea yang dijamin bikin pengguna motor lain langsung melirik. Bagaimana tidak, harga komponennya saja bisa-bisa melebih harga motornya.

Shockbreaker Ohlins memang dikenal punya harga selangit. Tapi hal tersebut juga dibarengi dengan performa jempolan hasil pengembangan dari dunia balap.

Sebenarnya Ohlins bukan pilihan merek satu-satunya. Opsi dengan harga bersahabat datang dari merek-merek seperti YSS, Kayaba, Showa, atau KTC.

Dapat disimpulkan bawah Honda Astrea merupakan motor legendaris di Indonesia. Walau masa keemasannya sudah lewat tapi peminatnya masih banyak.

Khusus bagi mereka yang ingin mendandani motor ini agar lebih ciamik dapat melakukan modifikasi simpel agar kesan klasiknya masih tetap terasa. Di lain sisi, motor akan menjadi lebih unik dan memiliki sentuhan personal yang spesial.

>>>>> Lihat beragam motor baru dan bekas dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts