Modifikasi

7 Modifikasi Honda Vario Pakai Aksesori OEM

Jakarta – Pemasangan aksesori tambahan banyak dilakukan dalam modifikasi Honda Vario. Tujuannya tentu guna membuat tampilan sepeda motor semakin menarik.

Untuk mendapatkan aksesori yang diinginkan biasanya pemilik akan langsung melirik produk-produk yang tersedia di toko variasi atau situs jual beli online. Di luar itu sebenarnya masih ada cara lain.

Mungkin belum banyak tahu kalau PT Astra Honda Motor (AHM) juga menyediakan aksesori-aksesori resmi untuk setiap model sepeda motor yang dipasarkannya. Istilah lain yang juga sering didengar adalah Original Equipment Manufacturer (OEM).

Modifikasi Honda Vario

Honda Vario dengan penambahan aksesori resmi. (Foto: AHM)

Bukan hanya Honda, sebenarnya beberapa merek juga melakukan langkah serupa. Hal ini menjadi tanda bahwa produsen tidak menutup mata terhadap keinginan konsumen untuk mendandani tunggangannya.

Untuk Honda sendiri produk-produk variasi tersebut masuk dalam kategori Honda Genuine Accessories. Hampir semua model sepeda motor yang ditawarkan Honda saat ini memiliki produk aksesorinya mulai dari BeAT sampai CBR 250RR.

Carmudian yang ingin melakukan modifikasi Honda Vario juga bisa memanfaatkan produk Honda Genuine Accessories tersebut. Satu hal yang menarik adalah harga dari produk-produk tersebut relatif terjangkau.

Tapi mesti diakui produk aksesori yang ditawarkan Honda lebih condong pada modifikasi ringan. Jumlah produknya juga terbatas.

Berbeda kalau melihat jajaran aksesori yang disediakan oleh Yamaha. Produk aksesori Yamaha cukup beragam dan sampai menyentuh sisi performa. Salah satu contohnya, konsumen bahkan bisa melakukan pembelian knalpot aftermarket dari merek-merek terkenal.

Tapi walau bagaimanapun juga langkah Honda menyediakan aksesori untuk konsumennya patut diapresiasi.

Salah satu keuntungan menggunakan aksesori resmi antara lain sudah bisa dipastikan kecocokannya dengan kendaraan alias plug n’ play. Dari pengamatan, produk-produk aksesori tersebut bisa dipesan lewat situs web Honda secara langsung.

Lantas apa saja produk aksesorinya? Simak artikelnya di bawah ini.

Daftar Aksesori Resmi Honda Vario untuk Modifikasi

1. Visor

Modifikasi Honda Vario - Visor

Visor Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp110.000
  • Parts number: 08R80K59J00

Aksesori pertama yang bisa dilihat adalah visor. Dalam pemasangannya aksesori ini menempel pada rumah setang. Konsumen bisa menggunakannya untuk menciptakan kesan yang berbeda pada tampilan depan sepeda motor.

Faktanya, pemasangan visor memang cukup jamak dalam modifikasi sepeda motor matic. Gaya yang diadopsi mengacu pada komponen sejenis yang ada di sepeda motor dengan bodi gambot. Hanya saja visor yang disediakan Honda Genuine Accessories untuk Vario memiliki ukuran kecil.

2. Garnish Headlight

Modifikasi Honda Vario - Garnish Headlight

Garnish Headlight Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp150.000
  • Parts number: 3310AK59J00

Bukan hanya mobil yang bisa dipasang garnish, tapi sepeda motor juga bisa. Aksesori semacam ini tersedia dalam daftar komponen variasi Honda Vario. Pemasangan garnish semacam ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan tampilan headlight yang lebih menarik.

Kalau boleh dibilang sebenarnya desain lampu depan Honda Vario terbaru sudah cukup menarik. Bentuknya tajam mirip dengan yang ada di Honda CBR 250RR. Tapi di luar itu mungkin saja ada konsumen yang belum puas dan aksesori ini bisa menjadi jawaban.

3. Rubber Step Floor

Rubber Step Floor

Rubber Step Floor Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp150.000
  • Parts number: 604300K59J00

Bentuk lain modifikasi Honda Vario atau sepeda motor matic pada umumnya ialah pemasangan step floor. Modifikasi semacam ini memungkinkan untuk dilakukan karena bagian pijakan kaki berupa lantai yang rata. Aksesori semacam ini juga masuk dalam pilihan aksesori resmi Honda Vario.

Rubber step floor sebenarnya punya fungsi nyata selain aksesori semata. Keberadaannya bisa membuat tidak licin terutama dalam kondisi basah. Selain juga bisa menjadi lapisan pelindung mengingat pengguna sepeda motor matic sering memanfaatkan lantai bawah untuk membawa barang.

4. Garnish Radiator

Garnish Radiator

Garnish Radiator Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp140.000
  • Parts number: 19000K59J00

Selanjutnya ada garnish radiator yang bisa Carmudian manfaatkan untuk melakukan modifikasi Honda Vario. Komponen ini memang hanya sebatas pemanis semata. Tapi cukup menarik untuk diaplikasikan karena bisa menambah sedikit daya tarik tampilan radiator.

Seperti diketahui, tampilan radiator sepeda motor cenderung monoton sejak dulu. Kemudian, walau posisi radiator itu sendiri sudah rendah, tapi cukup terlihat dari sisi samping. Maka itu banyak pemilik yang memanfaatkan aksesori ini untuk memodifikasinya.

5. Garnish Cover Muffler

Garnish Cover Muffler Honda Vario

Garnish Cover Muffler Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp115.000
  • Parts number: 08F88K59J00

Desain muffler atau knalpot Honda Vario terbaru sejatinya sudah cukup sporty dengan bentuknya yang terlihat kotak. Desain seperti ini juga bisa ditemukan sepeda motor Honda di segmen naked bike.

Tapi untuk membuat tampilannya lebih menarik, tersedia garnish cover muffler yang masuk dalam jajaran produk Honda Genuine Accessories. Untuk diingat, garnish ini merupakan aksesori tambahan untuk cover knalpot, bukan knalpotnya itu sendiri.

6. Wheel List Sticker

Wheel List Sticker Honda Vario

Wheel List Sticker Honda Vario (Foto: AHM)

  • Harga: Rp56.000
  • Parts number: 871X0K81AGRE

Honda Vario menggunakan pelek cast wheel berukuran 14 inci dengan desain yang sporty. Pelek tersebut memiliki warna hitam untuk mayoritas varian dan emas khusus varian CBS-ISS Exclusive Matte Black. Bagi sebagian orang mungkin saja desain polos seperti ini terasa membosankan.

Sebagai alternatif dibanding mesti ganti pelek adalah memasang wheel list sticker yang akan menghiasi bagian pinggir pelek. Dalam katalog yang terdapat di situs PT AHM, aksesori ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu merah dan abu. Tinggal sesuaikan dengan warna bodinya.

7. Garnish Back Mirror

Garnish Back Mirror

Garnish Back Mirror (Foto: AHM)

  • Harga: Rp63.000
  • Parts number: 08F22K59J00

Aksesori yang terakhir adalah garnish back mirror atau spion. Kalau mau pakai aksesori ini catatannya mesti menggunakan spion orisinil bawaan sepeda motor. Sifat aksesori ini jelas hanya hiasan biar tampilan spion jadi sedikit berbeda.

Padahal kalau melihat dari harganya, Carmudian mungkin bisa mendapatkan spion baru dengan dengan desain yang lebih atraktif. Tapi pilihan dikembalikan lagi pada masing-masing pemilik.

Harga Honda Vario

Itulah tujuh aksesori resmi yang bisa Carmudian manfaatkan untuk modifikasi Honda Vario kesayangan.

Sampai saat ini Honda Vario sendiri masih menjadi salah satu produk sepeda motor matic yang cukup diminati di pasaran. PT AHM menawarkannya dalam dua pilihan mesin, yaitu 125 cc dan 150 cc.

Pada Maret 2021 ini totalnya ada lima varian yang dipasarkan. Berikut ini adalah daftar harganya.

No.VarianHarga
1.Vario 125 CBSRp20.600.000
2.Vario 125 CBS-ISSRp21.505.000
3.Vario 150 ExclusiveRp24.150.000
4.Vario 150 Exclusive Matte BlackRp24.300.000
5.Vario 150 Sporty SeriesRp24.300.000

Harga diambil dari situs web PT AHM, Sabtu, 13 Maret 2021 dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain membeli unit baru, Carmudian juga bisa memiliki Honda Vario tangan kedua dengan harga lebih terjangkau. Jika penasaran dengan harga seken, silakan cek halaman motor bekas Carmudi.

Tinggal modif sesuai selera dan langsung gas!

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts