Reviews

7 Perbedaan Mobilio E dan RS, Lihat Daftarnya di Sini

Perbedaan Mobilio E dan RS kerap menjadi pertanyaan konsumen yang berencana melakukan pembelian.

Sampai saat ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek resmi mobil Honda di Indonesia memang menawarkan Mobilio dalam beberapa varian. Mulai dari yang paling bawah adalah S, E, dan RS.

Varian S memang memiliki penawaran harga yang cukup menggoda dengan angka di bawah Rp200 juta. Tapi fiturnya bisa dibilang tergolong minim. Maka seandainya bujet mengizinkan sebaiknya pilih varian di atasnya, yaitu E atau RS.

Perbedaan Mobilio E dan RS

Perbedaan tampilan Mobilio RS (kiri) dan Mobilio E (kanan). (Foto: HPM)

Dalam lini produk Honda di Indonesia, tipe RS sendiri memang selalu diposisikan paling atas. Honda mengartikan “RS” sebagai Everyday Sport yang berarti mobil-mobil tersebut memiliki cita rasa sporty walaupun hadir sebagai kendaraan harian.

Selain Mobilio, kita bisa juga menjumpai varian RS pada Brio, Civic Hatchback, dan yang terbaru adalah City Hatchback. Sebelum stop dijual, Jazz juga memiliki varian ini.

Balik lagi ke Mobilio, sudah barang tentu terdapat perbedaan pada varian E dan RS. Hal tersebut pada akhirnya membuat harganya juga berbeda.

Selisihnya lumayan banyak, yaitu sekitar Rp22 jutaan baik untuk transmisi manual atau otomatis CVT.

Nah, guna mengetahui setiap detail perbedaannya, simak daftar rangkumannya di bawah ini.

1. Mobilio RS Punya Warna Dual Tone

Kita mulai dari yang paling nyata terlihat, yaitu pilihan warna eksteriornya. Sudah menjadi ciri khas varian RS dari mobil-mobil Honda, yaitu memiliki opsi warna dual tone.

Opsi warna semacam ini menggabungkan kelir hitam glossy pada bagian atap dengan warna lainnya di bodi. Untuk diketahui, saat ini Mobilio RS tersedia dalam enam pilihan warna berbeda, meliputi:

  • White Orchid Pearl (putih)
  • Crystal Black Pearl (hitam)
  • Lunar Silver Metallic (abu-abu)
  • Phoenix Orange Pearl Two Tone (orange)
  • Modern Steel Metallic (abu-abu tua)
  • Coffee Cherry Red (merah)

Tapi tidak semua pilihan warna tersebut diberi sentuhan dual tone. Hal itu hanya bisa ditemukan pada pilihan warna White Orchid Pearl dan Phoenix Orange Pearl Two Tone.

Di lain sisi, Mobilio E tak memiliki pilihan warna sebanyak varian RS. Saat ini konsumen hanya bisa memilih warna:

  • Crystal Black Pearl (hitam)
  • Lunar Silver Metallic (abu-abu)
  • Modern Steel Metallic (abu-abu tua)
  • Taffeta White (putih)
  • Coffee Cherry Red (merah)

2. Eksterior Honda Mobilio RS Dilengkapi Aero Kit

Perbedaan Mobilio E dan RS yang selanjutnya juga masih pada bagian eksterior.

Pertama, varian RS memiliki gril berwarna hitam dan ada emblem “RS” yang menempel di dekat lampu sebelah kiri. Gril tersebut juga memiliki pola heksagonal atau pola sarang lebah di bagian bawahnya.

Sementara itu, gril varian E menggunakan warna krom tanpa ada tambahan apa-apa selain logo Honda di tengah. Lalu di bagian bawah diisi aksen hitam melintang secara horizontal.

Bergeser lebih ke bawah, kita bisa melihat Mobilio RS tampil sporty dengan tambahan aero kit. Keberadaannya mengubah tampilan sisi bumper hingga bibirnya. Tak ketinggalan rumah fog lamp juga nampak semakin besar.

Perbedaan Mobilio E dan RS

Bentuk bumper dan gril kedua varian cukup berbeda. (Foto: Carmudi)

Lalu di sisi samping mobil terdapat side skirt agar tampilan selaras dengan wajah depan.

Sentuhan yang sporty ini juga bisa ditemui di bodi belakang mobil. Varian RS punya bumper berwarna hitam dengan garis krom di tengahnya. Ditambah spoiler atas dengan bentuk yang cukup agresif.

Varian E sebenarnya juga sudah dilengkapi spoiler, tapi ukurannya terlihat lebih kecil.

Ciri lain yang juga ada di eksterior Mobilio RS ialah roof rail.

Selebihnya, fitur-fitur di eksterior terbilang sama. Mulai dari lampu depan halogen proyektor, Daytime Running Light (DRL) LED, pelek 15 inci, dan kaca spion dengan pelipatan elektrik.

3. Beda Warna Interior

Perbedaan Mobilio E dan RS bukan hanya di luar. Tapi interior kedua varian ini juga berbeda. Contoh yang paling terlihat pada warna yang digunakannya.

Varian RS memiliki jok yang dilapis warna gelap. Biar tambah menarik, jahitan dibuat berwarna oranye sehingga terlihat kontras. Permainan warna seperti ini juga bisa dilihat pada dasbor dan door trim.

Sementara itu, jok Mobilio E dibalut warna krem terang dan dasbor dibuat hitam polos.

Penggunaan warna gelap pada interior varian RS mendatangkan keuntungan tersendiri karena noda akan lebih tersamarkan.

Interior Honda Mobilio

Interior Honda Mobilio E menggunakan warna krem terang. (Foto: HPM)

4. Beda Head Unit dan Tweeter

Dengan harga lebih mahal, Mobilio RS juga unggul di sisi infotainment. Head unit yang digunakannya lebih besar dengan ukuran 6,8 inci. Sementara itu milik varian E hanya 6,2 inci.

Dibanding milik varian E, head unit ini juga sudah mendukung koneksi Bluetooth. Tapi fitur lainnya tetap sama, seperti pengoperasian layar sentuh, DVD/CD, AM/FM, MP3/WMA, dan USB port.

Tak ketinggalan, Mobilio RS juga dilengkapi dengan tweeter speaker untuk menunjang sistem audionya.

5. Mobilio RS Punya AC Auto

Meski terdengar tak seberapa, tapi AC Mobilio RS sudah dilengkapi dengan fitur Auto. Hal ini tidak bisa ditemukan pada varian E walau keduanya sama-sama sudah menggunakan AC digital. Kedua varian ini pun memiliki AC double blower untuk memberikan kesejukan pada penumpang di belakang.

6. Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist

Diposisikan sebagai varian tertinggi, wajar saja jika fitur yang dimiliki Mobilio RS lebih lengkap. Hal ini dibuktikan lewat keberadaan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya akan fungsinya.

Keduanya bisa dibilang sebagai fitur keselamatan aktif yang sudah jamak ditemui pada mobil-mobil masa kini. Secara sederhana VSA bertugas menjaga kendali mobil dari gejala oversteer dan understeer.

Kemudian untuk HSA, fungsi adalah untuk menahan mobil tidak merosot selama beberapa detik di tanjakan terutama ketika pengendara memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Untuk diketahui, VSA dan HSA ini hanya tersedia di Mobilio RS dengan transmisi otomatis. Jadi kalau Anda memilih tipe manual maka tetap tak akan mendapatkannya.

Fitur keselamatan Mobilio

Fitur keselamatan yang ada pada New Mobilio.

7. Beda Harga

Dari ulasan di atas jelas Mobilio RS lebih unggul di berbagai sisi. Mulai dari eksterior yang lebih sporty, interior berwarna gelap, dan fitur-fitur yang lengkap. Tapi semua itu tentu diimbangi dengan harga yang lebih tinggi.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, perbedaannya sekitar Rp22 jutaan baik untuk tipe manual ataupun otomatis CVT.

Harga Honda Mobilio per Maret 2021

Honda Mobilio SHonda Mobilio EHonda Mobilio RS
  • Mobilio S MT Rp197.600.000
  • Mobilio E MT Rp217.200.000
  • Mobilio E AT Rp227.400.000
  • Mobilio RS MT Rp239.800.000
  • Mobilio RS AT Rp250.000.000

Sebagai catatan, harga tidak mengikat dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan tampilan eksterior Mobilio RS terlihat sporty dibanding varian E yang cenderung polos. Fitur-fiturnya juga lebih lengkap. Ditambah lagi dengan interior yang cukup menarik.

Perbedaan harga Rp22 jutaan dirasa masih pantas. Terlebih jika melihat adanya VSA dan HSA yang rasanya sulit didapat dalam bentuk aftermarket. Berbeda dengan hal-hal lainnya yang masih bersifat kosmetik.

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts