Home » Modifikasi » 8 Komponen yang Bisa Membuat Kawasaki KLX Makin Keren

8 Komponen yang Bisa Membuat Kawasaki KLX Makin Keren

Modifikasi Kawasaki KLX, (Foto: adventuriders.com)
Modifikasi Kawasaki KLX, Photo: adventuriders.com

Jakarta – Kawasaki KLX merupakan sepeda motor berjenis adventure yang cukup diminati. Selain punya tampilan sporty, KLX ini juga dianggap fungsional. Karena bisa melahap berbagai jenis medan yang ada di depan mata tanpa harus khawatir. Sayangnya, tampilan standard dari Kawasaki KLX ini kurang oke atau kurang macho. Namun, Anda masih bisa mengubah tampilan kaku tersebut dengan melakukan modifikasi.

Modifikasi yang dilakukan bisa dibilang tidak terlalu berat atau ekstrem. Karena hanya bersifat menambahkan atau mengganti komponen atau aksesoris saja. Dengan mengganti beberapa bagian motor standard, jadi jauh lebih keren. Kira-kira apa saja komponen yang layak diganti agar tampilan KLX menjadi lebih oke dan sedap dipandang?

  • Spion

Spion bawaan Kawasaki KLX bisa dibilang punya tampilan yang jelek bagi pecinta modifikasi. Tangkainya berukuran cukup tinggi, dengan kaca spion model bulat dengan dimensi yang cukup besar. Sebenarnya ukuran spion asli ini sudah sangat cukup memadai. Hanya saja, memang terlihat kurang sedap dipandang untuk sepeda motor bergaya adventure. Kamu bisa mengganti spion dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih ramping agar terlihat makin keren.

Spion asli berukuran besar
Spion asli berukuran besar. (Foto: Istimewa)

Selain itu bisa memakai spion yang dipasangkan di ujung setang, atau lebih sering disebut sebagai spion bar end. Model spion ini biasanya dipakai oleh pengguna sepeda motor custom. Tapi, spion model ini juga cocok untuk dipasang menggantikan spion bawaan pabrik.

  • Karet Boot Suspensi

Komponen kedua yang bisa kamu pasangkan pada Kawasaki KLX adalah karet boot. Karet boot atau pelindung suspensi pada bagian depan ini bisa mengubah tampilan sepeda motor standard menjadi jauh lebih keren. Karet boot ini membuat tampilan motor menjadi jauh lebih gagah, ketimbang membiarkan suspensi dalam keadaan terbuka begitu saja. Selain bisa menambah tampilan, sebenarnya ada fungsi lain dari karet boot yang dipasang ini.

Karet boot suspensi depan, photo: Bukalapak
Karet boot suspensi depan. (Foto: Bukalapak)

Karet boot yang dipasang pada KLX ini bisa berfungsi melindungi suspensi depan dari kotoran pada saat berkendara. Warna yang ditawarkan oleh produk aftermarket juga terbilang bervariasi. Mulai dari hitam, hijau, merah, biru, oranye dan kuning. Harga yang dibanderol pun juga tak terlalu mahal.

  • Spatbor Depan

Part atau komponen lain yang bisa mengubah tampilan dari Kawasaki KLX adalah spatbor depan. Spatbor depan orisinil bawaan Kawasaki KLX cenderung memiliki desain yang melancip. Bagi sebagian orang, terutama pecinta motor adventure, desain ini dianggap kurang oke. Maka dari itu, spatbor asli sering diganti dengan model spatbor ala motor trail dengan bentuk mulut bebek. Mengapa disebut mulut bebek?

Spatbor depan diganti berukuran lebih lebar, photo: mbmotocross
Spatbor depan diganti berukuran lebih lebar. (Foto: mbmotocross)

Karena desain spatbor aftermarket ini cenderung melebar dan sepintas memang terlihat seperti bentuk mulut bebek. Desain spatbor mulut bebek ini sebenarnya merupakan spatbor depan asli yang digunakan pada model Kawasaki KLX D-Tracker. Jika KLX merupakan motor adventure, maka Kawasaki D-Tracker mengusung gaya sepeda motor supermoto.

  • Velg

Velg juga menjadi bagian yang seakan-akan wajib disentuh bagi pecinta modifikasi. Velg bawaan aslinya dianggap kurang memiliki diameter yang lebih besar dan lebar yang mumpuni. Sebagai gambaran, Kawasaki KLX sendiri dibekali dengan ukuran velg depan berdiameter 21 inci. Sedangkan ban belakangnya dibekali ukuran diameter 18 inci. Bagi sebagian orang, lebar dari kedua velg tersebut dianggap kurang. Sehingga memungkinkan untuk dilebarkan lagi ukurannya.

Velg aftermarket bisa jadi pilihan pengganti
Velg aftermarket bisa jadi pilihan pengganti. (Foto: Ilustrasi)

Hal ini bertujuan agar mengubah tampilan motor menjadi lebih keren. Namun bagi penggemar ala supermoto, velg ukuran depan dan belakang akan diperkecil dan dipakaikan velg berukuran lebar. Velg berukuran lebar tersebut nantinya juga akan dibalut ban semi slick, tidak lagi memakai ban radial untuk penggunaan offroad.

  • Knalpot

Bagian yang satu ini jadi salah satu fokus utama juga nih, sob. Knalpot bawaan Kawasaki KLX dianggap punya ukuran yang cukup besar, dan kurang enak dipandang. Biasanya, pengguna KLX akan menggantinya dengan knalpot buatan aftermarket atau membuatnya secara custom. Knalpot aftermarket untuk KLX ini biasanya merupakan tipe racing, dengan suara yang lebih berisik. Sehingga dianggap mampu menambah performa sepeda motor.

Knalpot racing, mampu menambah performa. photo: scootracing.com
Knalpot racing, mampu menambah performa. (Foto: scootracing.com)

Knalpot KLX aftermarket ini memang mayoritas memiliki desain yang jauh lebih ramping, keren dan juga sederhana. Knalpot aftermarket maupun custom ini pun juga terdiri dari dua model. Model pertama dipasang menggantikan knalpot bawaan pabrik yang berada di sisi samping kanan. Model kedua dipasang berada di tengah atau tepat di bawah spatbor. Model kedua ini cukup jarang ditemui, karena harus dibuat secara custom.

  • Suspensi Upside Down

Suspensi upside down juga layak untuk dimasukkan ke dalam daftar komponen modifikasi dari Kawasaki KLX. Selain mampu menambah tampilan menjadi lebih gahar, dan kokoh model upside down juga punya kelebihan lain. Kelebihan lainnya adalah mampu menahan kejut lebih baik dibanding suspensi bawaan pabrik. Jika hanya untuk sekadar gaya, suspensi bawaan akan lebih keren dipasangkan karet boot saja. Tapi jika memang diperuntukkan untuk offroad, suspensi upside down layak dicoba.

Suspensi upside down, photo: pinterest
Suspensi upside down, photo: pinterest. (Foto: Ilustrasi)
  • Hand Guard / Pelindung Tangan

Part modifikasi terakhir yang bisa kamu pasangkan ke tubuh Kawasaki KLX adalah pelindung tangan atau lebih karib disapa dengan julukan hand guard. Hand guard ini akan membuat tampilan motor KLX kesayangan kamu menjadi lebih gagah dan tangguh. Di sisi lain, hand guard ini sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi jari tangan pada saat melakukan offroad. Jika terjatuh atau tidak sengaja menabrak, hand guard inilah yang akan menutupi seluruh jari tangan.

Pelindung tangan, photo: Google
Pelindung tangan, (Foto: Google)

Jari tangan akan lebih aman tertutupi sehingga meminimalisir tangan terkena benturan dari arah depan. Pemasangan hand guard ini juga sangat mudah, hanya perlu mengencangkan baut saja di ujung setang dan di bagian tengah setang.

  • Setang

Komponen terakhir yang bisa kamu ganti adalah bagian setang. Setang atau stang Kawasaki KLX biasanya kerap diganti dengan ukuran yang jauh lebih lebar. Stang yang lebih lebar ini dinilai mampu menambah handling terutama pada saat bermain offroad. Stang aftermarket ini biasanya juga dipasangkan dengan stabilizer di bagian tengah stang. Tak lupa, stabilizer tersebut dibalut dengan busa palang stang.

Stang diganti berukuran lebih lebar. (Foto: motorexpertz.com)
Stang diganti berukuran lebih lebar, photo: motorexpertz.com

Busa palang stang ini biasanya terdiri dari beberapa macam tulisan. Seperti Protaper, Renthal, Rockstar, dan Energy. Ke-delapan komponen tersebut bisa membuat tampilan motor kesayangan kamu menjadi jauh lebih keren dan gagah. Namun jika ingin terlihat lebih keren lagi, kamu bisa memasangkan livery tertentu di sekujur tubuh motor offroad ini agar lebih terlihat berbeda.

Varian dan Harga Kawasaki KLX di Indonesia

Di Indonesia, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menawarkan KLX dengan beberapa varian. Mulai dari KLX 150, KLX 230, KLX 250, KLX 150 L, KLX 150BF, KLX 140 dan KLX 230R. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi.

 

Berikut harga lengkap yang ada di Tanah Air

  • Kawasaki KLX 150                             Rp30,7 juta
  • Kawasaki KLX 230                             Rp43,3 juta
  • Kawasaki KLX 250                             Rp65,1 juta
  • Kawasaki KLX 150L                           Rp31,4 juta
  • Kawasaki KLX 150BF                        Rp31,4 juta
  • Kawasaki KLX 140                             Rp36,3 juta
  • Kawasaki KLX 230R                          Rp49,3 juta

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Nissan Livina
Previous post
Simak Penyakit Khas Nissan Grand Livina, Sosok MPV Rasa Sedan
Next post
Pabrik Honda Ditutup Sementara, Diler dan Bengkel Tetap Beroperasi