HomeBerita85 Ribu Mobil Honda di Indonesia Ditarik karena Fuel Pump Bermasalah

85 Ribu Mobil Honda di Indonesia Ditarik karena Fuel Pump Bermasalah

Honda Brio
Honda Brio tampilan baru. (Foto: Carmudi).

Jakarta – Puluhan ribu mobil Honda yang beredar di Malaysia, India dan Vietnam terindikasi bermasalah pada bagian pompa bahan bakar (fuel pump). Rupanya kasus serupa juga menimpa puluhan ribu mobil Honda yang dijual di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Tanah Air secara resmi mengeluarkan pengumuman penarikan (recall) atas sembilan model tahun produksi 2017-2019. Di antaranya Honda Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord.

Total ada 85.025 mobil Honda yang harus menjalani perbaikan dan pergantian komponen fuel pump. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadinya mesin mobil tidak dapat dinyalakan atau mati secara tiba-tiba saat dikemudikan dikarenakan fuel pump tidak bekerja maksimal.

“Kampanye perbaikan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun,” ungkap Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM, dalam keterangan resminya, Rabu (15/7/2020).

Perbaikan Sudah Bisa Dilakukan di Bengkel Resmi

Bagi pemilik mobil Honda yang kendaraannya masuk dalam daftar recall sudah bisa melakukan perbaikan dan pergantian komponen fuel pump mulai 15 Juli 2020 di bengkel resmi. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya pergantian komponen.

Untuk proses penggantian komponen fuel pump, pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care. Bagi pelanggan yang melakukan booking melalui aplikasi akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis selama periode Juli–September 2020.

mobil honda paling laris
HR-V Menjadi Mobil Honda Paling Laris di Indonesia (Foto: HPM)

Lama proses penggantian komponen sekira 60 sampai 90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing diler resmi Honda.

Supaya informasi ini dapat langsung diketahui oleh pemilik mobil, PT HPM telah mengirimkan surat pemberitahuan recall. Selain itu, Honda juga menyiapkan laman khusus di situs web resmi terkait informasi kampanye perbaikan dan pergantian komponen fuel pump.

“Mengingat pentingnya program ini, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen,” imbuh Denny.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Rayakan Usia Ke-3 Tahun, Wuling Hadirkan Tipe Baru Cortez Seharga Rp200 Jutaan

Previous post
Telisik Harga Kawasaki Ninja 2020: Banyak Pilihan, Harga Mulai Rp 30 Jutaan
Next post
Dibanderol Rp702 Juta, Ini Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition