Sepeda motor

9 Daftar Motor Murah Bekas Harga Rp2-3 Jutaan, Pilihannya Apa Aja Ya?

Motor bekas di tahun 2020 bakal lebih dipilih karena keterbatasan dana pasca pandemik Corona. Foto: Ilustrasi

Jakarta – Sepeda motor di Indonesia sudah menjadi kendaraan pokok bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Selain mudah dipakai, menggunakan sepeda motor juga bisa mempersingkat jarak tempuh. Terutama pada saat melewati kemacetan. Tapi harga motor saat ini bisa dibilang sudah terlampau tinggi. Tapi, ternyata masih ada lho motor bekas dengan harga Rp2-3 jutaan.

Bahkan beberapa motor bekas dengan harga yang sangat murah ini memiliki kondisi yang masih cukup bagus. Kalian mungkin bertanya-tanya, motor bekas apa saja yang dijual dengan harga Rp2-3 jutaan ini? Apakah modelnya masih oke, atau motor yang sudah nggak bisa jalan alias motor rongsok? Tenang, motor murah dengan kisaran harga ini masih banyak banget pilihannya. Nggak percaya? Simak dulu nih pilihan motor bekas murah di harga Rp2-3 jutaan.

Daftar Motor Bekas Murah Harga Rp2-3 Jutaan

  1. Yamaha Mio

Yamaha Mio menjadi salah satu motor bekas murah yang bisa kamu dapatkan dengan rentang harga Rp2-3 jutaan. Usia yang bisa didapatkan pun lumayan banyak variasinya. Mulai dari tahun 2004 atau keluaran awal, sampai produksi 2011 yang sudah model facelift. Motor ini sempat menjadi motor yang paling laris di Tanah Air pada medio 2008-2013.

Yamaha Mio generasi pertama, photo: Istimewa

Yamaha Mio generasi pertama, photo: Istimewa

Selain punya bentuk yang mudah diterima oleh banyak orang, Yamaha Mio ini juga punya harga spare part yang murah. Nggak heran kalau motor ini biasanya dipakai oleh kalangan pelajar hingga karyawan kantoran. Tapi ingat, dalam membeli motor bekas perhatikan semua aspek dengan teliti ya.

  1. Honda BeAT Karbu

Sebagai competitor dari Yamaha Mio, rasanya gak lengkap kalau belum menyebut nama Honda BeAT di dalam motor bekas murah dengan harga Rp2-3 jutaan. Dengan uang yang gak sampai Rp4 juta, kamu masih bisa mendapatkan motor matik ini. Biasanya dengan harga kisaran tersebut, kamu bisa mendapatkan Honda BeAT produksi 2008 atau generasi pertama sampai 2012 yang masih memakai karburator.

Honda BeAT generasi pertama masih memakai karburator, photo: Istimewa

Honda BeAT generasi pertama masih memakai karburator, photo: Istimewa

Dimensi dari motor ini juga lumayan kecil dan asik buat diajak nyelip di kemacetan Ibukota. Harga spare part dari motor ini pastinya juga sangat murah. Sayangnya, karena masih memakai karburator konsumsi bahan bakarnya tak sebagus yang versi injeksi. Motor ini masih dianggap punya konsumsi bahan bakar yang boros. Tapi di zamannya, motor ini sih irit banget, bro.

  1. Suzuki Spin

Masih dari segmen motor matik nih. Ada lagi motor matik yang punya harga gak sampai Rp4 jutaan. Motor tersebut adalah Suzuki Spin yang pertama kali dijual pada 2006 oleh Suzuki Indonesia. Bentuknya sih mirip-mirip sama Mio, tapi desainnya lebih ramping kalau dilihat dari depan. Produksi motor ini Cuma sampai tahun 2011 aja sebelum digantikan sama Suzuki Nex.

Suzuki Spin, motor matik generasi sebelum Suzuki Nex

Suzuki Spin, motor matik generasi sebelum Suzuki Nex

Soal harga, bisa dibilang motor ini punya harga yang murah banget. Kisaran harga bekasnya ada di Rp2-3 jutaan aja. Ketersediaan spare partnya pun juga banyak. Soal konsumsi bahan bakar, Suzuki Spin ini bisa dibilang jadi yang terbaik di kelasnya saat itu. Bahkan jika dibandingkan dengan saat ini, konsumsi bahan bakar Suzuki Spin bisa jadi yang terbaik diantara Yamaha Mio dan Honda BeAT generasi pertama.

  1. Suzuki Skywave

Motor matik dengan harga tak sampai Rp4 jutaan yang bisa didapatkan adalah Suzuki Skywave. Motor ini merupakan motor yang diproduksi pada tahun 2007 sampai 2011. Harga bekasnya sekarang ini juga sudah termasuk murah, karena kisaran harganya mencapai Rp3,5 jutaan saja.

Suzuki Skywave, photo: Caroussel

Buat yang suka dengan tantangan, motor ini boleh jadi masuk ke daftar list buat dibeli. Karena mencari spare part Suzuki Skywave saat ini sudah mulai agak sulit. Memang tidak sesulit yang dipikirkan, tetapi kalau sudah direstorasi motor ini kami yakin bakal jadi motor yang keren.

  1. Honda Karisma

Bagi anak 1990-an, motor ini waktu masa SMP dan SMA emang punya kesan yang nggak banget. Bentuknya lumayan gede buat ukuran motor bebek di zamannya. Bahkan nggak sedikit juga anak muda yang males buat mengendarai motor ini waktu ini. Alasannya Cuma satu, kelihatan kayak bapak-bapak banget kalau bawa motor ini buat ke sekolah atau main.

Tapi, diluar hal tersebut, Honda Karisma ini punya kelebihan yang paling disukai sama anak sekolah waktu itu. Yakni, bensinnya yang irit banget. Saking iritnya, motor ini punya kalimat candaan kurang lebih seperti ini ‘Motor ini Cuma cium bensin aja juga udah bisa jalan’. Hal ini yang disukai banget sama kalangan pelajar waktu itu.

Honda Karisma, photo: Caroussel

Honda Karisma, photo: Caroussel

Tau sendiri kan, kalau pelajar itu waktu zaman sekolah uangnya pas-pasan. Buat isi bensin 1 liter aja sudah syukur banget. Nah, buat ngabisin bensin 1 liter di motor ini juga sampai ngebuat males karena nggak habis-habis. Sekarang, motor ini punya harga bekas yang udah murah, sekitar Rp2-3 jutaan udah bisa nostalgia ke zaman sekolah. Apalagi buat ngebalikin kenangan naik motor ini dianter sama orangtua tercinta juga bisa banget.

  1. Yamaha Vega

Motor bekas lain yang punya harga Rp2-3 jutaan masih ada nih dari segmen motor bebek. Motor ini adalah Yamaha Vega. Yamaha Vega juga sempat jadi motor yang lumayan laris di era 2.000-an awal. Desainnya hampir sama dengan Yamaha F1ZR, dengan beberapa perbedaan di bagian bodi dan tentunya mesin. Untuk harga motor bekas yang tak sampai Rp4 jutaan, Yamaha Vega bisa masuk ke salah satu daftar.

Iklan Yamaha Vega

Iklan Yamaha Vega

Konsumsi bahan bakar dari motor ini juga lumayan oke buat dipakai harian saat ini. Hal yang membuat motor ini layak dibeli adalah ketersediaan partsnya juga sangat melimpah. Harga spare partnya pun juga bisa dibilang murah banget. Saking murahnya, ada beberapa komponen yang lebih murah dibanding harga 1 porsi nasi padang. Nah, lho lumayan kan.

Ada hal unik yang menjadi funfact dari motor ini. Yamaha Vega generasi pertama dan kedua memiliki harga bekas yang lebih baik dibanding generasi ketiga dengan nama Vega ZR. Entah apa yang menjadikan Vega ZR kurang diminati. Yang jelas, harga Vega ZR dengan system injeksi punya harga jual yang jauh lebih jatuh.

  1. Yamaha Jupiter

Kalau menyebut nama Yamaha Vega, kurang afdol kalau nggak menyebut nama Yamaha Jupiter. Motor yang terkenal lewat iklan yang diperankan oleh comedian Komeng ini jadi salah satu motor favorit juga. Hal yang membuat favorit adalah bagian belakang motor ini punya desain melancip. Hal tersebut bermula saat banyak tim balap roadrace memakai motor bebek untuk ajang balap di awal 2.000-an.

Iklan Yamaha Jupiter, Istimewa

Iklan Yamaha Jupiter, Istimewa

Motor yang sering dipakai dan jadi juara kala itu ada Yamaha Jupiter dan Yamaha Vega. Buat pecinta otomotif roda dua saat itu, motor dengan desain ‘nungging’ dianggap keren. Pokoknya ora nungging, ora cinta deh! Hihihi. Soal harga, Yamaha Jupiter bekas juga punya banderol yang sangat murah saat ini. Harga bekasnya banyak dijual gak sampai Rp4 jutaan.

Ketersediaan spare partnya pun jangan ditanya. Karena spare part motor ini sama melimpahnya dengan Yamaha Vega. Mau cari kualitas original memang sudah agak sulit. Tapi kualitas nomor 2 dan 3 nya masih bisa ditemui di bengkel-bengkel besar yang menjual spare part motor umum.

  1. Suzuki Shogun

Motor bebek lain yang juga jadi favorit di era 2.000-an adalah Suzuki Shogun. Motor ini dikenal memiliki performa yang paling kencang diantara motor bebek lainnya. Gak heran kalau di masa keemasannya motor ini sering dipakai buat ajang balap maupun modifikasi. Serius deh, siapa sih yang gak kenal sama motor ini? Selain punya performa yang oke, motor ini juga punya desain yang paling sporty diantara motor bebek lainnya.

Suzuki Shogun, bebek kencang di masanya. photo: istimewa

Suzuki Shogun, bebek kencang di masanya. photo: istimewa

Sekarang, motor ini seakan sudah ditelan sama zaman. Karena motor bebek saat ini sudah dianggap nggak punya popularitas seperti motor matik yang kekinian. Kalau awal 2.000-an orang adu kencang memakai motor bebek atau motor sport, sekarang orang adu kencang pakai motor matik. Untuk harga spare partnya sendiri, Suzuki Shogun bisa dibilang hampir setara dengan motor bebek lainnya yang ada di Indonesia. Biasanya varian yang disukai adalah Suzuki Shogun SP yang sudah memakai kopling bawaan pabrik. Motor bebek pakai kopling, dulu udah paling keren deh itu.

  1. Honda Supra

Motor kedelapan ini nggak boleh dilupain, dong. Ini merupakan salah satu motor legendaris yang ada di Indonesia. Siapa coba nggak kenal sama Honda Supra? Desainnya nggak norak, simple, harga spare part murah, dan konsumsi bahan bakarnya irit banget. Mau Honda Supra versi karburator atau injeksi, nggak ada orang yang meragukan iritnya motor satu ini.

Honda Supra, photo: Kaskus

Honda Supra, photo: Kaskus

Motor ini adalah versi kompak dari Honda Karisma. Sekarang, harga bekasnya pun sudah murah banget dengan kisaran Rp2-3 jutaan untuk tahun 1997 sampai 2008. Desainnya? Ya, standard motor bebek pada umumnya. Tapi Supra ini juga jadi motor yang paling bandel alias mesinnya bisa nggak rusak-rusak saking bandelnya.

Namun sebagai informasi, harga ini sesuai dengan wilayah dan kondisi, harga yang tersebut di atas hanya sebagai kisaran dan bisa berubah. Dari semua motor bekas dengan harga Rp2-3 jutaan ini, kira-kira mana nih yang bisa dibeli untuk direstorasi supaya jadi bagus lagi.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts