Home » Berita » 9 Fitur Utama Kia Sonet yang Menawarkan Kesenangan Berkendara

9 Fitur Utama Kia Sonet yang Menawarkan Kesenangan Berkendara

Kia Sonet (Foto: Kia)

New Delhi – Kia Motors Corporation (KMC) kembali menambah jajaran mobil berjenis SUV dengan meluncurkan Kia Sonet pada 7 Agustus 2020. India mendapat kehormatan sebagai negara pertama di dunia yang merasakan langsung produk baru dari pabikan asal Korea Selatan itu. Sebelum mendatangkan versi produksi, Kia telah memperkenalkan versi konsep dari Sonet pada Februari 2020 bersamaan dengan ajang Delhi Auto Expo.

Kia Sonet hadir menandai masuknya Kia Motors ke dalam segmen SUV kompak yang saat ini tengah menjadi tren. Sama seperti Seltos, Sonet akan diproduksi di pabrik milik Kia di Anantapur, Andhra Pradesh, India.

“Kia Motors terus dikenal secara global melalui produk yang menawarkan desain indah dan kualitas kelas dunia, bersama dengan ‘The Power to Surprise’. Segala sesuatu yang ditawarkan oleh Sonet pasti akan menyenangkan baik pengemudi maupun penumpang,” kata Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia Motors Corporation sebagaimana dikutip dari situs web Kia Global, Senin (10/8/2020).

Ho Sung Song menambahkan Sonet dirancang dengan bahasa desain yang agresif dan modern. Selain itu dibekali dengan fitur-fitur berteknologi tinggi terbaru dan pertama di kelasnya. Dengan demikian dapat menawarkan kesenangan berkendara.

“Sonet memperkuat ambisi kami untuk menjadikan merek pilihan, terutama dikalangan konsumen milenial dan Gen Z. Sonet memenuhi kebutuhan pasar SUV yang sedang berkembang, di India dan lebih jauh lagi, serta akan menarik lebih banyak konsumen ke merek Kia,” sambung Ho Sung Song.

Desain konsep dari Sonet (Foto: Indianautosblog)

Eksterior, Interior dan Mesin Kia Sonet

Sonet dibangun di atas DNA Kia yang memberikan daya tarik serta menghadirkan kesan premium untuk menciptakan perbedaan serta mampu menarik pandangan mata ketika sedang melintas di jalan raya.

Desain eksterior Sonet bagian depan dihiasi dengan gril khas Kia yaitu ‘tiger-nose’ diapit dengan lampu senja LED. Ada juga skid plate di bawahnya, lalu samping bodi mobil terdapat guratan-guratan hingga pilar C untuk menambah kental nuansa sporty. Sedangkan bagian belakang mobil juga dilengkapi lampu LED.

Masuk ke bagian interior, Sonet hadir dengan sistem infotainment modern yang tertata dengan baik di dasbor. Terlepas dari dimensi eksterior yang kompak, interior Sonet menawarkan ruang yang cukup lega dan ergonomis untuk semua penumpang.

Sonet akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin bensin Smartstream 1.2 liter empat silinder dan 1.0 T-GDi turbocharger. Kedua ada mesin diesel CRDi 1,5 liter yang efisien bahan bakar. Ada lima pilihan transmisi, seperti manual lima dan enam percepatan, otomatis enam percepatan, tujuh percepatan dan intelligent manual transmission (iMT) enam percepatan.

Interior Kia Sonet (Foto: Kia)

Transmisi iMT merupakan terobosan baru dari Kia yang menawarkan pengendaraan bebas lelah berkat tidak adanya pedal kopling. Namun sensasi mengemudi tetap sama dengan transmisi manual konvensional. Untuk pertama kalinya di segmen ini, Sonet juga menawarkan mesin diesel 1,5 liter dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Untuk memenuhi kebutuhan beragam dari pelanggan, Sonet akan ditawarkan dalam konsep dual trim. Ini termasuk trim GT-Line yang menawarkan kesan sporty pada Sonet.

Terlebih lagi, Sonet dilengkapi dengan berbagai fitur yang mengutamakan kenyamanan, kemudahan, keamanan, dan kesenangan berkendara yang optimal bagi pengemudi. Setidaknya ada sembilan fitur utama di Sonet yang menawarkan itu semua.

  1. Head unit 10.25 inci HD touchscreen dengan navigation dan live traffic
  2. Smart Pure Air Purifier dengan virus protection
  3. Sistem audio BOSE Premium tujuh speaker dengan sub woofer
  4. Ventilasi AC unutk pengemudi dan penumpang
  5. LED Sound Mood Lighting
  6. Remote engine start untuk transmisi otomatis dan via UVO Connect dan Smart Key
  7. Over-the-air (OTA) map updates
  8. Multi-drive & traction modes and grip control for automatic models
  9. Wireless charging untuk smartphone dan bisa digunakan sebagai pendigin.
Kia Sonet (Foto: Kia)

Kia Sonet merupakan produk global yang nantinya tidak hanya dipasarkan di India saja tetapi di banyak negara. Sejauh ini belum diketahui pasti negara-negara mana saja yang akan menerima kehadiran SUV kompak perkotaan terbaru Kia. Rumor yang beradar Sonet bakal masuk Indonesia, namun sampai sekarang pihak Kia Indonesia belum mau terbuka terkait waktu dan tanggal peluncurannya.

 

Penulis: Santo Sirait 

Editor: Dimas

Baca Juga:

Infrastruktur Jalan Belum Membaik, Jadi Alasan Mobil SUV Semakin Laris

Previous post
Promo Suzuki Agustus, Beli Mobil Gratis iPhone 11, Macbook dan Motor
Next post
Gagal Podium, Valentino Rossi Merasa Yamaha Lebih Cemerlang di MotoGP Brno