Mobil

9 Hal Menarik dari Mobil Listrik Kia EV3 yang akan Meluncur 2025

Mobil listrik Kia EV3 dipastikan bakal meluncur di Indonesia tahun depan. Ada lima hal menarik yang perlu diketahui dari Kia EV3 sambil menunggu kedatangannya ke Tanah Air.

Kia EV3 resmi menjalani debut global pada 23 Mei 2024. Mobil ini hadir dengan desain yang berani, teknologi, dan fitur-fitur inovatif yang belum pernah ada sebelumnya di sektor Sport Utility Vehicle (SUV) listrik kompak.

Baca Juga: Kia EV3 Resmi Diperkenalkan, Berapa Harganya?

Mobil Listrik Kia EV3

Kia EV3 dipastikan meluncur di Indonesia 2025 (Foto: Kia)

“Dengan menghadirkan desain inovatif, drivetrain listrik terdepan, dan solusi gaya hidup yang praktis dan inovatif, EV3 bertujuan untuk memperluas pengalaman SUV EV Kia yang luar biasa ke khalayak yang lebih luas,” ungkap Ho Sung Song, President and CEO Kia.

Mobil ini nantinya akan dipasarkan ke sejumlah negara. Tak cuma di tempat kelahirannya saja, yakni Korea Selatan, tapi juga dijual di Indonesia.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) sudah memastikan bahwa peluncuran Kia EV3 akan terjadi pada 2025.

“Kalau bisa tahun depan, ya tahun depan. Kami ingin secepatnya apalagi kalau harganya menarik. Kalau harganya enggak beda-beda jauh sama kompetitor dari Tirai Bambu (China) atau sama saudara dekat Kia, lebih menarik. Karena mobilnya SUV,” ungkap Ario belum lama ini.

Dirinya menambahkan pada saat debut global, EV3 diperkirakan harganya berada di angka Rp500 sampai Rp800 jutaan. Namun, harga pasti untuk pasar Indonesia dirinya belum bisa membeberkannya.

Mobil listrik Kia EV3

Tampilan samping Mobil Listrik Kia EV3 (Foto: Kia)

Kehadiran EV3 akan menambah panjang jajaran mobil listrik Kia yang dipasarkan di Indonesia. Saat ini, KIA telah menjual dua model mobil listrik, yakni EV6 dan EV9.

Kia EV6 ditawarkan dalam dua varian, yakni EV6 GT Line dengan harga per Juni  2024 Rp1,309 miliar dan EV6 GT yang dibanderol di angka Rp1,709 miliar On The Road (OTR) Jakarta.

Sementara Kia EV9 hanya punya satu pilihan varian saja, yakni EV9 GT-Line dengan harga Rp1,985 miliar OTR Jakarta.

Lebih lanjut, meski baru akan meluncur tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa hal menarik dari Kia EV3.

9 Hal Menarik Kia EV3

Kia EV3 diyakini mampu menarik perhatian banyak orang yang melihatnya dan bisa menjawab kebutuhan akan mobilitas yang ramah lingkungan dengan daya jelajah yang bisa diandalkan.

Tampilan belakang Kia EV3 (Foto: Kia)

Berikut ini sembilan hal menarik dari mobil listrik Kia EV3:

Desain Tiger Face

Bagian depan mobil mengadopsi desain ikonik khas Kia, Tiger Face yang dikombinasikan dengan konsep pencahayaan Star Map terbaru dari merek ini serta Daytime Running Lights (DRL) yang disusun secara vertikal.

Secara profil, EV3 memproyeksikan aura kekuatan yang luar biasa, dipadukan dengan kesan lincah dan dinamis.

Garis atap yang panjang, landai, dan ramping ke belakang membuat mobil ini terlihat seperti bergaya hatchback.

Kabin Seperti Ruang Tamu

Kabin EV3 dirancang sedemikian rupa dengan menawarkan kelegaan dan kenyamanan seperti layaknya berada di ruang tamu.

Konsol tengah yang tampil elegan sudah dilengkapi dengan meja geser dan area penyimpanan barang bawaan berukuran kecil. Tepat di area bawah konsol terdapat ruang untuk meletakkan botol atau gelas minuman, makanan ringan, bahkan tas berukuran kecil.

Baca Juga: Sonet Night Edition Buka Jalan Enam Mobil Baru Kia 2024

Kabin EV3 (Foto: Kia)

Sementara untuk barang-barang elektronik pribadi seperti laptop dan tablet bisa diletakkan di atas meja saat mobil tidak bergerak.

Joknya diklaim sangat nyaman karena sudah dilengkapi dengan mode relaxation.

Semakin terasa nyaman berkat ambient lighting yang dapat diatur sesuai keinginan.

Ruang Bagasi Terbesar di Kelasnya

Pengguna Kia EV3 bisa meletakkan barang bawaan di bagasi depan dengan kapasitas 25 liter dan memiliki kapasitas muatan belakang hingga 460 liter. Hal ini menjadikannya sebagai mobil listrik dengan ruang bagasi terbesar dikelasnya.

Di bagasi belakang terdapat papan bagasi dua tingkat yang dapat disesuaikan untuk memberikan penyesuaian terhadap barang bawaan dengan tinggi lebih dari 140 mm.

Layar lebar hampir 30 inci (foto: Kia)

Punya Layar Lebar

Kabin mobil listrik terbaru Kia ini telah dilengkapi dengan layar lebar di dasbor yang ukurannya hampir 30 inci. Termasuk di dalamnya ada layar instrument cluster berukuran 12,3 inci, panel AC lima inci, dan layar Audio, Video, Navigation (AVN) berukuran 12,3 inci.

Layar ini memanjang hingga ke bagian tengah dasbor, sehingga penumpang yang duduk di jok depan dapat mengakses fitur hiburan dan navigasi dengan mudah.

Berbagai fungsi fitur pada kendaraan bisa dioperasikan melalui layar tersebut.

Sebagai pendukung, Kia juga telah membekali lingkar kemudi mobil dengan berbagai tombol untuk mengoperasikan mode berkendara, cruise control, hiburan, dan navigasi.

Menggunakan Bahan Daur Ulang

Seperti model mobil Kia keluaran terbaru, EV3 juga menggunakan material ramah lingkungan.

Baca Juga: Daftar Lokasi Diler Kia di Jabodetabek Terbaru 2024

Konsol tengah Kia EV3 (Foto: Kia)

Dasbor dan trim pintu menggunakan kain daur ulang, sedangkan jok headliner, sandaran tangan pintu, karpet, dan papan bagasi pakai Polyethylene terephthalate (PET) yang merupakan salah satu plastik yang paling mudah didaur ulang di dunia.

Daya Jelajah hingga 600 km

Kia EV3 tersedia dalam dua tipe, EV3 Standard menggendong baterai berkapasitas 58,3kWh, sedangkan tipe EV3 Long Range dilengkapi dengan baterai 81,4kWh.

Khusus tipe Long Range punya daya jelajah maksimal 600 km berdasarkan pengujian dengan standar Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure (WLTP).

Baterainya memiliki kemampuan pengisian daya cepat sehingga pada saat melakukan pengecasan baterai dari 10-80 persen hanya butuh waktu sekitar 31 menit.

“EV3 menjawab kekhawatiran publik mengenai kendaraan listrik. Hal ini akan meyakinkan mereka yang mungkin ragu untuk beralih ke mobil listrik dan akan memilih kendaraan listrik secara massal,” terang Ho Sung Song.

Kedua tipe tersebut menggunakan motor listrik bertenaga 150 kW atau 150 hp dan torsi puncak 283 Nm. Tenaga tersebut memungkinkan mobil berakselerasi dari posisi diam sampai 100km/jam dalam waktu 7,5 detik dan kecepatan maksimal 170 km/jam.

Lingkar kemudi dilengkapi beberapa tombil pengaturan (Foto: Kia)

Dibekali ADAS

Untuk meningkatkan keselamatan berkendara, Kia telah membekali EV3 dengan teknologi Advanced Driving Assistance Systems (ADAS) yang di dalamnya terdapat sekumpulan fitur keselamatan.

Adapun fitur-fiturnya, antara lain Electric Dynamic Torque Vectoring Control (eDTVC) untuk memastikan EV3 mentransfer tenaganya ke jalan dengan lancar dan stabil, Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist, dan Reverse Parking Collision-Avoidance Assist.

Teknologi Pengereman Regeneratif

EV3 adalah model pertama yang memanfaatkan teknologi pengereman regeneratif i-Pedal 3.0 terbaru dari Kia.

Melalui teknologi ini memungkinkan pengemudi menyesuaikan tingkat pengereman regeneratif sesuai preferensinya, sehingga memungkinkan berkendara dengan satu pedal.

Hal ini memaksimalkan efisiensi energi dan secara nyata mengurangi kelelahan saat menempuh perjalanan jauh menjadikan perjalanan lebih menyenangkan, dan nyaman.

Baca Juga: Spesifikasi dan Beberapa Perbedaan pada Varian New Kia Carnival

Pelek Kia EV3 (Foto: Kia)

Warna Eksterior dan Interior

Kia menawarkan EV3 dalam sembilan warna eksterior, dua di antaranya diciptakan khusus untuk model baru, yakni Aventurine Green dan Terracotta.

Sementara untuk pilihan warna interior meliputi Subtle Grey, Warm Grey, Blue, dan Onyx Black yang tersedia secara eksklusif untuk varian GT-line.

Kia akan mulai menjual mobil listrik EV3 di Korea Selatan pada July 2024, kemudian disusul pasar Eropa pada semester dua tahun ini.

Kia sudah memiliki rencana untuk memperluas pemasaran EV3 ke negara lain setelah model tersebut masuk Eropa.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts