Sepeda motor

9 Motor Listrik Murah Harga di Bawah Rp20 Juta

Motor listrik murah kian dicari setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan. Terdapat beberapa pilihan model yang beredar di pasaran dengan banderol kurang dari Rp20 juta.

U-Winfly N9 Pro - Motor Listrik Murah

Motor listrik murah kian dicari setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan. Terdapat beberapa pilihan model yang beredar di pasaran dengan banderol kurang dari Rp20 juta. (Foto: U-Winfly)

Pada saat ini pemilik kendaraan bermotor di Indonesia tengah menghadapi situasi sulit.

Kenaikan harga BBM otomatis membuat biaya pengeluaran untuk transportasi menjadi lebih besar. Belum lagi ditambah ikut melambungnya harga kebutuhan sehari-hari.

Harus ada alternatif yang lebih efisien. Dalam hal ini kendaraan elektrifikasi menawarkan jawabannya.

Masyarakat sebenarnya dapat dikatakan sudah memahami. Terbukti sehari setelah pemerintah mengumumkan harga baru BBM, istilah pencarian “motor listrik” di mesin pencarian Google langsung melonjak.

Motor listrik itu sendiri makin banyak yang beredar di pasaran. Hal menarik adalah banyak merek lokal ikut meramaikan, contohnya Viar, Gesits, Quest, Smoot, Selis, Katalis, dan United.

Produk-produk yang ditawarkannya juga menarik. Namun, mesti diakui banyak di antaranya yang memiliki harga tinggi.

Ambil contoh Viar Q1, United T-1800, atau Gesits G1 yang dapat dinilai sebagai motor listrik dengan spesifikasi ideal.

Masing-masing dijual dengan harga di atas Rp20 juta.

Motor Listrik Murah di Indonesia

Apakah ada motor listrik yang dijual dengan harga murah?

Jawabannya ada, tapi pastinya pabrikan juga tak mau rugi.

Oleh karena itu spesifikasinya dibuat relatif lebih rendah. Contohnya menggunakan baterai Sealed Lead Acid (SLA), bukan baterai lithium ion.

Mengingat harga baterai lithium ion pada saat ini masih tergolong mahal. Bahkan bisa-bisa 40 persen harga sebuah kendaraan elektrifikasi yang menggunakannya adalah untuk baterai.

Motor listrik murah juga kemungkinan menggunakan komponen penggerak yang lebih. Hal ini akan menyebabkan kecepatan maksimumnya juga tak seberapa.

Dalam ulasan kali ini batas harga tertinggi yang diambil adalah Rp20 juta karena berusaha menyesuaikan dengan harga motor konvensional yang laris manis di pasaran kebanyakan dijual di bawah harga tersebut.

Untuk pilihan modelnya secara lebih lengkap mari simak uraian berikut ini yang Carmudi rangkum dari berbagai sumber.

1. Quest Atom Alpha – Rp17.500.00

Quest Motors - Harga Motor Listrik Indonesia - Motor Listrik Murah

(Foto: Quest)

Opsi pertama adalah Quest Atom Alpha yang menurut pantauan terakhir dijual dengan harga Rp17,5 juta. Motor listrik ini memiliki jarak tempuh 24 km dan kecepatan maksimum 40 km.

Daya tarik motor ini tampak jelas terlihat pada bodinya yang mungil dan minimalis. Secara konsep motor ini mirip dengan pit bike seperti halnya Honda Monkey, Kawasaki KSR, atau Honda Motocompo.

Walau memiliki harga murah, tapi Quest Atom Alpha sudah menggunakan baterai lithium. Sementara itu fitur yang bisa ditemui antara lain speedometer digital dan sistem keamanan berupa NFC tap card.

Di samping itu pengoperasian motor listrik ini juga ditunjang dengan keberadaan aplikasi khusus bernama Quest Mobile App.

Dengan dimensi yang mungil dan jarak tempuh relatif dekat, Quest Atom Alpha lebih cocok digunakan sebagai sarana transportasi di lingkungan tertentu, misalnya komplek perumahan atau lokasi wisata.

2. Smoot Tempur – Rp16.500.000

Smoot Tempur - Motor Listrik Murah

(Foto: Smoot)

Motor listrik Smoot Tempur memiliki jarak tempuh 60 km dan kecepatan maksimum 60 km. Angka tersebut cukup menarik jika dibandingkan dengan harganya yang hanya Rp16 jutaan.

Namun, ada hal lain yang perlu diketahui oleh calon konsumen. Konsumen motor listrik Smoot Tempur mesti membayar kuota jarak penggunaan.

Harganya mulai dari Rp20.000 untuk 100 km, Rp45 ribu untuk 250 km, dan Rp80.000 untuk 500 km.

Seandainya konsumen merasa nyaman dengan skema seperti itu maka Smoot Tempur bisa menjadi salah satu pilihan motor listrik murah.

Hal yang menarik dari motor listrik ini ialah pengguna tak perlu melakukan pengecasan baterai sebab mengadopsi sistem swap alias tukar.

Ketika baterai motor sudah mau habis maka pengguna tinggal menukarkannya dengan yang baru di stasiun penukaran.

Menurut pemberitaan bulan Juni 2022, Smoot sudah memiliki 400 stasiun penukaran baterai yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

3. Selis Agats – Rp14.999.000

Selis Agats

(Foto: Selis)

Selis Agats merupakan salah satu contoh motor listrik yang masih menggunakan baterai jenis SLA.

Lembar spesifikasi pabrikan menunjukkan Selis Agats memiliki jarak tempuh 50 km dan kecepatan maksimum 60 km per jam.

Tampang motor listrik ini terlihat proporsional dengan penggunaan ban yang sama seperti skuter matik, yaitu 14 inci. Terlepas dari desain wajahnya yang terlihat meminjam milik Mio Soul GT.

Fitur yang bisa ditemui pada motor listrik ini di antaranya lampu depan LED, speedometer digital, dan 2 speed shifter.

Sementara itu sistem pengeremannya sudah menggunakan model cakram baik untuk roda depan ataupun roda belakang.

Menengok situs web resmi Selis, pabrikan memberi garansi baterai selama 6 bulan sejak tanggal pembelian.

Garansi lainnya adalah untuk frame selama 5 tahun, garansi dinamo 1 tahun, dan garansi charger serta controller selama 3 bulan.

4. Exotic Sterrato – Rp9.200.000

Exotic Sterrato

(Foto: Exotic)

Motor listrik juga menjadi lahan baru bagi merek-merek sepeda di Indonesia. Salah satunya Exotic yang kini juga memiliki produk motor listrik bernama Sterrato.

Data spesifikasinya menunjukkan Exotic Sterrato memiliki jarak tempuh hingga 80 km dan kecepatan maksimum 60 km per jam.

Sama seperti produk sepedanya, motor listrik Exotic juga bermain di segmen harga yang sangat terjangkau. Pada saat ulasan ini dibuat Exotic Sterrato terpantau dijual dengan harga Rp9,2 jutaan.

Motor listrik ini memiliki desain yang tergolong mungil dan imut-imut, tapi tetap terlihat futuristis. Salah satunya ditandai penggunaan bentuk lampu depan yang melebar ditambah aksen garis di atasnya.

Fitur yang bisa ditemui antara lain sistem keamanan remote alarm system dan rem cakram. Motor ini disebut memiliki kemampuan daya angkut 200 kg.

5. Exotic Sierra – Rp8.800.000

Exotic Sierra

(Foto: Exotic)

Masih dari Exotic, merek sepeda asal Semarang, Jawa Tengah ini juga melihat adanya potensi untuk motor roda tiga bertenaga listrik.

Oleh karena itu mereka turut memasarkan produk bernama Exotic Sierra. Motor ini terpantau memiliki harga lebih murah dibandingkan model yang disebutkan sebelumnya.

Namun, spesifikasi Exotic Sierra pastinya juga lebih rendah. Diketahui bahwa motor ini memiliki jarak tempuh hanya 21 km dan kecepatan maksimum hanya 30 km per jam.

Desain motor ini tampak begitu memerhatikan faktor kepraktisan dengan adanya keranjang di depan dan bagasi di belakang.

Tak ketinggalan Exotic Sierra juga memiliki bangku untuk anak-anak yang mengambil posisi sebagai pembonceng.

Fitur lainnya berupa pedal rem yang berada di kaki, lampu depan LED, ban tubeless, dan remote alarm.

Dengan jarak tempuh dan kecepatannya yang terbatas, Exotic Sierra akan lebih cocok digunakan sebagai transportasi di dalam kawasan-kawasan khusus.

6. U-Winfly N9 Pro – Rp16.000.000

U-Winfly N9 Pro

(Foto: U-Winfly)

Motor listrik yang pada saat ini juga banyak ditawarkan di pasar adalah merek U-Winfly termasuk untuk model N9 Pro.

Motor ini memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan dengan kecepatan maksimum mencapai 65 km per jam dan jarak tempuh sekitar 70 km.

Salah satu fitur yang unik ialah tersedianya Bluetooth dan speaker active. Dua fitur tersebut melengkapi fitur berkendara lain seperti lampu depan LED dan speedometer digital yang bentuknya seperti sebuah tablet.

Tak kalah menarik ialah penggunaan rem depan cakram dengan diameter rotor sangat besar.

Secara sekilas desain motor listrik ini terlihat sederhana dengan elemen-elemen mengotak pada bodi motornya. Salah satunya terlihat pada desain bodi depan, lampu depan, dan bodi samping motor ini.

7. U-Winfly Blue Whale – Rp16.200.000

U-Winfly Blue Whale

(Foto: U-Winfly)

Selain N9 Pro, U-Winfly juga memiliki model lain yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Blue Whale. Dari segi spesifikasi model ini tak jauh berbeda dengan model sebelumnya.

Hal itu tercermin dari harganya yang juga relatif masih mirip. U-Winfly Blue Whale memiliki jarak tempuh sekitar 70 km dengan kecepatan maksimum 65 km per jam.

Hal mendasar yang membedakannya ialah desain dari bodi motor. Jika N9 Pro cenderung terlihat ramping dan sederhana, Blue Whale justru punya tampilan yang lebih berotot.

Hal itu tercermin dari desain bagian depannya yang gagah ditambah lampu yang lebar. Hal menarik terdapat di bagian setangnya yang juga dihiasi aksen garis memanjang.

Mirip seperti model sebelumnya, motor ini juga menggunakan speedometer LCD digital. Bentuknya tampak seperti sebuah tablet yang ditempel di atas setangnya.

8. Volta 401 – Rp16.400.000

Volta 401

(Foto: Istimewa)

Mirip dengan Smoot, Volta juga menghadirkan motor listrik dengan sistem penukaran baterai. Dengan begitu pemilik tak perlu repot-repot melakukan pengisian daya.

Dalam lembar spesifikasinya dijelaskan bahwa Volta 401 memiliki jarak tempuh 60 km dengan kecepatan maksimum 60 km.

Motor ini memiliki desain yang gagah dan terlihat sporty dengan bodi besar serta ban gambot.

Spesifikasinya diisi dengan banyak fitur, meliputi speedometer LCD digital, lampu depan LED, remote alarm system, keyless ignition system, safety brake button, dan reverse function.

Motor listrik ini bahkan memiliki kemampuan menggendong dua buah baterai untuk menggandakan jarak tempuhnya.

Motor listrik Volta 401 mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat sebab turut digunakan sebagai armada salah satu perusahaan logistik.

Hal itu juga menjadi bukti terhadap ketangguhan motor ini. Dijelaskan bahwa motor listrik Volta 401 memiliki kemampuan daya angkut 200 kg.

9. NIU Gova 3 Lite – Rp12.500.000

Motor Listrik IIMS 2021 - NIU Gova 03

Opsi lain dari motor listrik murah ialah NIO Gova 3 Lite yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp12.500.000.

Motor ini diklaim memiliki jarak tempuh 60 km dengan kecepatan maksimum 50 km. Motor listrik NIU Gova 3 Lite juga menerapkan sistem tukar baterai

Bicara penampilan, motor ini memiliki bentuk yang minimalis dan modern. Jika dilihat sekilas bodinya mirip dengan U-Winfly N9 Pro dan beberapa motor listrik lain yang beredar di Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi motor listrik murah yang bisa ditemui di pasar Indonesia.

Semua motor listrik tersebut memiliki harga di bawah Rp20 juta. Oleh karena spesifikasinya boleh dibilang hanya apa adanya.

Ke depannya tentu diharapkan harga motor listrik dapat lebih terjangkau dibarengi spesifikasi yang turut meningkat.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts