Home » Berita » Ada Fortuner, Toyota Masih Pikir-pikir Jual RAV4 di Indonesia

Ada Fortuner, Toyota Masih Pikir-pikir Jual RAV4 di Indonesia

Toyota RAV4 (Foto: Paultan)

Jakarta – Toyota memiliki beragam mobil Sport Utility Vehicle (SUV) sebut saja satu di antaranya RAV4. Mobil ini merupakan produk global Toyota, hanya saja tidak semua negara bisa menikmati kehadirannya termasuk Indonesia. Meski sudah pernah dibawa dan diperlihatkan ke publik oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 2015 lalu, tetapi RAV4 tak kunjung dijual secara bebas. Dahulu TAM pernah memasarkannya, tapi sifatnya berdasarkan pemesanan saja, jadi bisa dikatakan hanya konsumen tertentu yang bisa memilikinya.

Menurut Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy untuk mendatangkan produk baru ke Indonesia tidak begitu mudah. Karena perlu kajian-kajian tertentu untuk memastikan bahwa produk itu layak dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bukan cuma Toyota, merek lain pun melakukan hal serupa guna memastikan produk terbarunya diterima konsumen.

“Produk apapun itu kami akan pelajari terlebih dahulu. Bukan soal produk apa yang akan kami masukkan tapi kebutuhan dan market di Indonesia kira-kira seperti apa. Kemudian kami akan bicarakan dengan prinsipal bagaimana dengan ketersediaan produknya, apakah itu diproduksi di Indonesia atau mungkin impor dari Thailand atau dibawa dari Jepang,” terang Anton, baru-baru ini.

Tak cukup sampai disitu, Anton kembali menjelaskan bahwa antara kebutuhan dan ketersediaan produk akan dikolaborasikan untuk melihat seberapa besar permintaannya. Dari situ akan terjawab layak atau tidaknya produk baru diperkenalkan.

“Karena tentu saja untuk memperkenalkan satu produk itu walaupun jumlahnya sedikit persiapannya cukup banyak. Mulai persiapan bengkel, mekanik, spare part, dan lainnya, Kami juga perlu menyediakan promosinya, pendidikan dari front line kita dan lain-lain. Jadi investasi dari perkenalan satu produk itu cukup besar,” sambung Anton.

Sementara itu mengenai Toyota RAV4, Anton mengakui bahwa sampai sekarang perusahaan belum berencana memasarkannya di Indonesia. Tapi, lanjut dia, apabila berdasarkan kajian-kajian tadi ditemukan permintaan dan kebutuhan maka bukan tidak mungkin mobil SUV tersebut dirilis.

“Toyota RAV4 belum menjadi salah satu produk yang akan kami masukkan di Indonesia berdasarkan dari studi tadi. Tapi tidak pernah menutup kemungkinan, kalau memang ke depannya produk ini semakin cocok dan sesuai dengan kebutuhan di Indonesia, ya kenapa tidak kami perkenalkan,” tuturnya.

Toyota RAV4 yang waktu itu sempat ditawarkan ke konsumen dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp550-600 jutaan. Di rentang harga tersebut TAM memiliki Toyota Fortuner, sehingga belum waktunya membawa RAV4 apalagi sampai sekarang Fortuner masih diminati oleh banyak konsumen.

Asian Games 2018
120 unit mobil Toyota terdiri dari Kijang Innova, Fortuner dan Alphard siap sukseskan Asian Games 2018 (Dok : Carmudi)

“Melihat pangsa pasarnya dengan size dan harga segitu kami juga ada Toyota Fortuner. Nah, Fortuner secara permintaan dan juga kebutuhan memang masih menjadi kebutuhan yang lebih besar kalau kita bandingkan dengan RAV4,” pungkas Anton.

SUV Terlaris di Dunia

Toyota mengklaim telah menjual sebanyak 10.080.834 unit RAV4 di seluruh dunia. Toyota berpendapat raihan positif tersebut membuat kakak Fortuner ini menjadi SUV terlaris di dunia dan kendaraan penumpang terlaris keempat dari jajaran produk Toyota lainnya.

Kendati penjualannya tinggi secara global, tetapi RAV4 belum bisa mengalahkan Corolla. Sedan premium besutan Toyota ini sudah terjual lebih dari 44 juta unit hingga 2016 lalu.

Sekarang Toyota RAV4 telah masuk generasi kelima dan sudah debut ASEAN pada Januari 2019 bersamaan dengan Singapore Motor Show. Peluncurannya hanya beda sembilan bulan sejak tampil perdana di New York International Auto Show 2018.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Sienna, MPV Mewah nan Canggih Bermesin Hybrid

Previous post
Mobil Baru di Diler Harus Ada Lebel Peringkat Keselamatan dari ASEAN NCAP
Next post
Serba-Serbi Penggerak Roda Depan, Punya Banyak Keunggulan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *