Home » Berita » Ada Model Baru, Harga Daihatsu Sigra Bekas Adem Ayem

Ada Model Baru, Harga Daihatsu Sigra Bekas Adem Ayem

Jakarta – Beberapa waktu lalu PT Astra Daihatsu Motor merilis New Daihatsu Sigra. Mobil mungil dengan kapasitas 7-penumpang ini mendapat beberapa ubahan desain seperti grille, bumper, rear garnish yang baru, dan lampu depan yang telah menggunakan LED. Dengan ubahan yang ada, harga Daihatsu Sigra pada beberapa tipe tidak mengalami kenaikan.

Sigra dijual mulai dari Rp.114.000.000 untuk varian terendah, hingga Rp.156.750.000 untuk varian tertinggi. Kenaikan harga hanya terjadi pada model R AT Deluxe atau tipe tertinggi. Tipe tersebut sebelumnya dijual Rp 154,750,000, atau kini naik Rp 2 jutaan.

Tipe terbawah yaitu 1.0 D MT tidak mengalami kenaikan. Penyegaran model tanpa kenaikan harga sesuai dengan keinginan pelanggan Daihatsu Sigra untuk mobil berdesain fresh, fitur lebih praktis & fungsional, dan biaya ownership yang terjangkau. Duet kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya berhasil menjadi favorit masyarakat di segmen LCGC sejak diluncurkan tiga tahun lalu.

Sigra menjadi jawaban Daihatsu bagi masyarakat yang ingin punya mobil 7-penumpang dengan harga lebih murah dari Xenia. Dimensi Daihatsu Sigra memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Bila dibandingkan dengan kakaknya, Sigra hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm bila dibandingkan dengan Xenia.

New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.
New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.

Daihatsu Sigra sebagai mobil yang bermain di segmen LCGC hadir dengan fitur terlengkap guna memanjakan pengguna. Mobil ini telah dibekali layar Multi Infromation Display pada panel instrumen dan head unit 2DIN. Fitur keselamatannya didukung duall SRS Airbag sebagai standarnya.

Sebagai mobil yang laris dipasaran, tentu kita perlu memperhitungkan depresiasi atau penurunan harga jual kembali. Tujuannya, supaya mengetahui harga yang lebih valuable dari Sigra baru atau bekas. Ada kalanya harga mobil bekas bisa sangat tinggi sehingga lebih pas membeli unit yang baru.

Depresiasi Harga Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra mengalami kenaikan pada beberapa tipe sebagai kompensasi terhadap penambahan fitur didalamnya. Kenaikan harga mencapai Rp 2 jutaan. Upgrade tidak hanya pada desain eksterior tetapi juga menambah fitur seperti rear parking camera, 2-DIN touchscreen audio, serta electric retractable mirror.

Desain dashboard New Daihatsu Sigra
Desain dashboard New Daihatsu Sigra

Dalam menghitung seberapa besar penurunan harga, kita sebaiknya menggunakan harga lama sebelum mengalami kenaikan. Alasannya, karena unit yang dijual bekas juga spesifikasinya berbeda dengan New Sigra yang diluncurkan pekan lalu. Berikut ini daftar harga Daihatsu Sigra versi sebelumnya di wilayah Jakarta:

  • 1.0 D MT Rp 114,000,000,-
  • 1.0 M MT Rp 122,900,000,-
  • 1.2 X MT Rp 132,250,000,-
  • 1.2 X MT DLX Rp 137,750,000,-
  • 1.2 X AT Rp 145,050,000,-
  • 1.2 X AT DLX Rp 150,550,000,-
  • 1.2 R MT Rp 138,150,000,-
  • 1.2 R MT DLX Rp 141,950,000,-
  • 1.2 R AT Rp 150,950,000,-
  • 1.2 R AT DLX Rp 154,750,000,-

Harga Bekas

Sementara itu, harga jual Daihatsu Sigra bekas keluaran 2018 mulai dari Rp 97 Juta (tipe M) dan termahal Rp 133 juta (tipe R A/T). Ini berarti, nilai penurunan untuk tipe M sebesar Rp 26,9 juta dan tipe R A/T sebesar Rp 17,95 juta. Lebih lanjut, nilai depresiasi untuk tipe M sebesar 21,88% dan tipe R A/T harganya terpangkas 11,89% setelah digunakan setahun.

Kemudian, kita hitung lagi untuk penurunan harga Daihatsu Sigra keluaran 2017 untuk wilayah Jakarta. Nilai depresiasi pastinya lebih tinggi dibandingkan Sigra 2018. harga jual Daihatsu Sigra bekas keluaran 2017 mulai dari Rp 97 Juta (tipe D) dan termahal Rp 120 juta (tipe R A/T).

Secara persentase, depresiasi Sigra tipe D setelah digunakan dua tahun sebesar Rp 17 juta atau 14,91%. Sementara itu, untuk tipe R mengalami penurunan Rp 30,95 juta atau sekitar 20,5%. Bisa dilihat selama dua tahun pemakaian, depresiasi harga Daihatsu Sigra antara 11,89% sampai 21,88%.

Nilai depresiasi ini cukup bervariasi, sehingga pada tipe tertentu tidak bisa menjadi patokan penurunannya paling tinggi atau paling rendah. Ambil contoh untuk tipe terendah Sigra yaitu D dan M. Nilai penurunan harganya bervariasi di tiap tahunnya, tidak semakin terjun bebas seperti halnya varian terendah di model lain yang kurang diminati.

Ini menandakan bila peminat Daihatsu Sigra relatif merata dari tipe terrendah sampai teratas. Sigra bermesin 1.0 liter tak kalah diminati karena harganya yang terjangkau bagi kalangan peralihan dari pengguna sepeda motor. Untuk pemakaian dalam kota, mesin 1.0 liter sudah cukup memadai meskipun tidak istimewa.

Sebaliknya, untuk varian 1.2 liter nilai depresiasi cenderung gradual atau bertahap. Unit yang sudah dipakai selama dua tahun mengalami penurunan hingga 20,5%. Dengan demikian, permintaan terhadap varian teratas cenderung tetap.

Ubahan di Sigra Terbaru

Sigra sampai saat ini masih menjasi model terlaris Daihatsu. MPV yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini mencatatkan penjualan ritel sebesar 3.795 unit. Kontribusi Sigra dari total penjualan ritel Daihatsu sebesar 28% dan menggeser Xenia yang merupakan ‘mantan’ mobil sejuta umat pendamping Avanza.

Daihatsu terus menyempurnakan Sigra sebagai MPV murah dengan fitur wah. Kenaikan harga perlu dilakukan demi memperkaya fitur. Secara umum, dimensi New Sigra bertambah panjang 4 mm di bagian depan sehingga membuat kabin lebih lega di ruang kaki.

Desain Daihatsu Sigra ini mengadopsi gaya milik Ayla dan mirip seperti Xenia lawas dengan headlamp bergaya sipit. Desain headlamp dengan LED disebut Daihatsu sebagai Thin & Modern Image LED Headlamp. Selanjutnya, grill depan kini berbentuk horizontal dengan warna hitam doff dengan garnish krom.

Sebagaimana sebutannya, lampu utama pada New Sigra kini sudah memakai LED yang tersedia dari varian M. Penggunaan LED ini selain membuat modis, menambah penerangan namun lebih hemat energi.

Beralih ke bagian ekor, pintu belakang dari New Daihatsu Sigra lebih modis bergaya duck tail design di seluruh varian. Hadir juga rear spoiler namun hanya bisa ditemukan di varian X hingga ke atas. Khusus di varian R, dipercantik dengan garnish krom berukuran besar di pintu belakang.

New Daihatsu Sigra, hadir dengan beberapa ubahan.
New Daihatsu Sigra, hadir dengan beberapa ubahan.

New Daihatsu Sigra punya banyak ruang penyimpanan dalam interiornya. Konsol penyimpanan mulai dari pintu, bagian belakang jok depan, gantungan di bagian dashboard, cup holder di pintu belakang. Tambahan konsol penyimpanan terbaru adalah tray di bagian bawah jok yang hanya ada di varian R AT dan R Deluxe. Coin tray dan glove box yang sebelumnya sudah ada di generasi sebelumnya masih dipertahankan.

Mesin yang diusung Sigra tidak mengalami ubahan apapun, tenaganya juga masih sama. Versi terendah didukung 1KR-VE, DOHC VVT-i berkapasitas 998 cc (1.0 Liter) dengan output 65 HP dan torsi maksimal hingga 87,2 Nm. Selanjutnya ada mesin berkapasitas 1.197 cc (1.2 Liter)yang tersedia di dua varian tertingginya. Mesin tipe 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i mampu memproduksi tenaga sebesar 86 HP dan torsi maksimal hingga 106 Nm.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Mobil Pikap Esemka Mulai Mendapatkan Pemesanan
Next post
Tampang Baru Wuling Almaz Sudah Muncul, Apa Saja yang Berubah?