Home » Reviews » Adu Spesifikasi Honda Jazz Vs Mazda2, Mana Hatchback Paling Jempolan?

Adu Spesifikasi Honda Jazz Vs Mazda2, Mana Hatchback Paling Jempolan?

Honda Jazz VS Mazda2

Jakarta – Tingginya pajak mobil sedan mendorng masyarakat beralih ke hatchback untuk mobil lima penumpang harian. Di kelas 200-300 juta terdapat Honda Jazz dan Mazda2. Keduanya hadir dengan teknologi dan fitur terkini dari masing-masing pabrikan.

Dimulai dari Honda Jazz, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja menyegarkan hatchback terlarisnya di Juli 2017 silam. Selain tampang barunya, New Honda Jazz juga ditanam beberapa fitur segar. Ubahan yang diterima pesaing Toyota Yaris dan Mazda2 ini termasuk minim.

Bahkan, mesin L15 tidak kunjung berubah di 2017. Honda percaya diri karena tenaga 118 dk dari kapasitas 1.497 cc-nya adalah yang terbesar di kelasnya. Teknologinya masih sama, yaitu i-VTEC dan DBW.

Kemudian pada Mazda2, hatchback yang menjadi tulang punggung Mazda di Indonesia ini mulai kalah pamor dengan SUV. Mazda2 ini ditawarkan dalam dua varian yang berbeda, yaitu tipe R dan GT. Perbedaan dari kedua tipe hanyalah pada fiturnya saja.

Mazda2 ini memiliki bobot 1,025 kg dengan tenaga 108 hp, sehingga mobil ini punya power to weight ratio yang baik. Ini membuat Mazda2 termasuk ke dalam hatchback yang cukup fun to drive untuk dikendarai.

Fitur Canggih Mazda2

Mazda2
Mazda2

Secara tenaga mesin, Mazda2 kalah kelas dibanding Honda Jazz. Kelemahan tadi dibayar Mazda dengan fitur dan teknologi canggih di Mazda2. Fitur itu bernama i-Activsense yang mampu memberikan kepercayaan diri pengemudi.

i-Activsense terdiri dari beberapa fitur seperti blind spot monitoring system (BSM), smart city brake support, rear cross traffic alert system, dan i-stop yang merupakan idling system pada mesin. ada juga fitur baru pada Mazda2, yakni Mazda Regenerative Braking System / i-ELOOP. Inilah yang menjadikan Mazda2 selangkah lebih maju dari Honda Jazz.

I-ELOOP ini akan menggantikan energi yang hilang dari perlambatan akselerasi ke tenaga listrik yang akan disimpan di tempat penyimpanan. Tenaga tadi lantas akan disalurkan ke sistem kelistrikan dari kendaraan. Dopping tenaga memungkinkan mesin bekerja lebih ringan untuk menjalankan mobil dan bisa menghemat bahan bakar hingga 10%.

Mazda2 dibekali dengan mesin 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan Electronic Throttle Control (ETC). Mesin tadi juga dibekali dengan fitur i-Stop. Fitur ini mampu mematikan mesin secara sementara pada saat kondisi macet. Untuk menyalakannya kembali, sang pengemudi hanya perlu menginjakkan pedal gas.

Untuk Mazda2 tipe R dibanderol dengan harga Rp 276,8 juta OTR Jakarta. Sedangkan untuk tipe GT dibanderol dengan harga Rp 313,8 juta OTR Jakarta. Kedua harga tersebut masih ada tambahan lagi Rp 4 juta jika Anda memilih soul red mica dan machine grey.

Honda Jazz Makin Dewasa

Honda Jazz
Honda Jazz masih bercokol di uratan pertama di segmen Hatchback

Seperti manusia, perubahan terkadang tidak bisa terlihat secara gamblang tapi bisa dirasakan. Itulah sepertinya yang menjadi falsafah dalam minor facelift di Honda Jazz. Ubahannya bersifat minimalis agar tidak ketinggalan zaman dan tertinggal dari Mazda2.

Pada lampu depan contohnya, sekarang ada DRL berbentuk L yang terintegrasi di dalam headlights. Hal yang unik dari Jazz yaitu atap warna hitam gloss pada pilihan warna Phoenix Orange yang terlihat seakan-akan menggunakan panoramic sunroof.

Selebihnya masih sama, airbag masih hanya dua di depan saja. Rem memang sudah ABS dan EBD. Pengereman didukung BOS (Brake Override System) yang otomatis mengabaikan input gas ketika pedal rem dan gas terinjak bersamaan. Tapi rem belakang yang masih digunakan masih sama, yaitu teromol.

Fitur baru yang terbilang canggih di Honda Jazz yaitu Auto AC with Smart Touch. Ini adalah AC otomatis alias automatic climate control dengan pengatur berupa satu layar kaca bersih saja alias touchscreen. Ingin memanfaatkan fitur AC otomatisnya? Cukup tekan tulisan “AUTO”. Kipas AC akan menyesuaikan levelnya hingga mencapai temperatur yang diinginkan.

Head unit tipe floating masih digunakan di seri RS yang juga dengan layar sentuh besar 8 inci. Port USB, HDMI dan AUX juga dipindahkan ke depan head ini. Makin enak ketika ingin mengkoneksikan smartphone dengan head unit karena tidak repot cari colokan port. Berikut ini daftar harga Honda Jazz:

Harga Honda Jazz
TipeHarga
New Honda Jazz M/TRp. 239.000.000,-
New Honda Jazz  CVTRp. 249.000.000,-
New Honda Jazz RS M/TRp. 269.500.000,-
New Honda Jazz RS CVTRp. 279.500.000,-

Fitur Canggih Honda Sensing Absen

Semestinya, New Honda Jazz facelift sudah menerima fitur keselamatan kekinian dengan nama Honda Sensing agar semakin canggih dan protektif seperti Mazda2. Sayangnya, Honda Sensing tidak dibawa masuk ke Indonesia. Padahal, Mazda2 telah memiliki i-Activsense.

Teknologi ini berisi hal-hal seperti CMBS (Collision Mitigation Braking System) dapat mengerem mobil secara otomatis. Ada RDM (Road Departure Mitigation System) yang kerjanya memperbaiki setir saat mobil berjalan keluar lajur.

Fitur lainnya yang cukup memanjakan pengemudi yaitu ACC (Adaptive Cruise Control) yang bisa mengatur kecepatan konstan di jalan raya. Agar tidak overspeed dan memepet kendaraan di depan, Honda Jazz dibekali dengan LKAS (Lane Keeping Assist System). Menurut Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Director PT Honda Prospect Motor, Honda Sensing memang akan berjalan baik bila diaplikasikan di negara yang jalanannya sudah teratur.

Menambah Honda Sensing akan otomatis menambah harga jual cukup drastis. Kehadiran Honda Sensing membuat harganya bisa semakin mahal dan mungkin bakal membuatnya tergeser dari tahta The King of Hatch di Indonesia.

Peugeot
Previous post
Pemimpin Baru Peugeot Janji Luncurkan Mobil Baru di Indonesia
Next post
DFSK Glory 560 Menang Banyak Selama IIMS 2019