Berita

Aion Y Plus Mau Dirakit Lokal, Bagaimana dengan Harganya?

Jakarta – GAC Aion Y Plus sudah dipastikan bakal dirakit secara lokal di Indonesia. Harga jual dari Aion Y Plus rakitan dalam negeri bisa saja mengalami perubahan.

PT Indomobil Energi Baru (IEB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) GAC Aion resmi mendatangkan Aion Y Plus sebagai mobil listrik pertamanya yang akan berlaga di segmen kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga: Harga GAC Aion Y Plus Rp400 Jutaan, Bulan Depan Dikirim Ke Konsumen

Harga Aion Y Plus

Bagian Samping Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Aion Y Plus hadir dalam dua pilihan varian dengan harga berada di angka Rp400 jutaan. Adapun variannya, yakni Exclusive dijual dengan harga Rp415 juta dan Premium di harga Rp475 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Saat ini konsumen sudah bisa melakukan pemesanan Aion Y Plus di diler resmi Aion. Nantinya konsumen yang melakukan pemesanan di awal akan mendapatkan unit yang diimpor utuh atau Completely Built Up (CBU) dari China.

Tidak selamanya konsumen akan menerima unit CBU, IEB sudah memiliki rencana untuk merakit lokal Aion Y Plus menggunakan skema Completely Knocked Down (CKD).

Lokasi pabriknya telah ditentukan, berada di Cikampek Jawa Barat. Indonesia akan menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang memproduksi mobil listrik GAC Aion setelah Thailand.

Aktivitas produksi pertamanya diperkirakan bakal berjalan mulai kuartal empat 2024.

Interior GAC Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Apabila sudah mulai dirakit lokal, bagaimana dengan harga jual Aion Y Plus? Andry Ciu, Chief Executive Officer (CEO) GAC Aion Indonesia mengatakan harga Aion Y Plus yang didatangkan dari China dengan model yang sudah dirakit lokal kemungkinan tidak mengalami perubahan.

“Harga untuk model CKD dan CBU yang kami pasang ini akan sama. Kecuali ada perubahan regulasi di kemudian hari atau sesuatu hal lain dan pertimbangan lain, harganya kami bisa pikirkan kemudian,” kata Andry Ciu usai acara peluncuran Aion Y Plus, di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Louis Liu, Chief Operating Operation (COO) GAC Aion Indonesia menambahkan, saat ini mobil tersebut memang belum dirakit lokal, bila sudah, nantinya perusahaan akan melakukan perhitungan kembali untuk menentukan harga terbarunya.

“Untuk saat ini belum diproduksi di Indonesia, ketika sudah diproduksi di Indonesia kami akan secara menyeluruh akan menghitung dari sisi modal dan juga dari sisi supply chain. Itu nanti akan dipertimbangkan kembali,” terang Louis Liu.

Baca Juga: Mobil Listrik GAC Aion Bakal Dirakit Lokal di Cikampek

Sementara Ma Haiyang, CEO GAC Aion South East Asia mengungkapkan sebetulnya harga mobil ditentukan oleh banyak faktor, tidak melulu karena mobil tersebut sudah diproduksi lokal.

“Jika volume penjualan mobil ini tinggi otomatis dia harganya bisa turun. Jadi untuk saat ini kami sangat bekerja keras dengan Indomobil untuk menaikkan angka penjualan mobil dan juga kami ingin menciptakan brand yang viral,” ungkap Ma Haiyang.

Kehadiran Aion Y Plus menawarkan solusi berkendara inovatif bagi masyarakat Indonesia. Fitur berkendara cerdas yang canggih memberikan kenyamanan berkendara, meningkatkan keselamatan, dan memberikan pengalaman berkendara terbaik.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts