Berita

Aion Y Plus Segera Meluncur, Inilah Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

PT Indomobil Energi Baru (IEB) selaku agen pemegang merek GAC Aion di Indonesia telah memastikan Aion Y Plus bakal meluncur.

Kepastian peluncuran Aion Y Plus diketahui berdasarkan undangan resmi yang masuk ke redaksi Carmudi baru-baru ini.

Baca Juga: Masuk Indonesia, GAC Aion Jalin Kerja Sama Dengan Indomobil

Aion Y Plus Meluncur

Aion Y Plus Green Mint (Foto: IEB)

“Sebagai produsen mobil listrik (Electric Vehicle/EV) terdepan, Aion terus berinovasi untuk menyediakan solusi berkendara cerdas dengan teknologi terdepan. Sejalan dengan komitmen tersebut, Aion Indonesia memperkenalkan Aion Y Plus yang akan segera dipasarkan di Indonesia. Langkah ini merupakan bukti nyata keseriusan Aion dalam mendisrupsi pasar mobil listrik serta industri otomotif di Indonesia,” demikian petikan isi undangan yang dikirim, Jumat (14/6/2024)

Dalam undangan tersebut dibeberkan pula hari, tanggal dan tempat seremonial peluncuran Aion Y Plus dilaksanakan. Adapun hari dan tanggalnya, Rabu 19 Juni, sedangkan tempatnya berada di Grand Ballroom salah satu hotel ternama di Jakarta Pusat.

Uji Jalan Sebelum Peluncuran

Sebelum benar-benar mobil tersebut diluncurkan dan mulai dipasarkan ke konsumen dalam negeri, IEB bersama GAC Aion telah lebih dahulu melakukan uji jalan (road test) pada bulan lalu.

Pengujian yang mereka lakukan melintasi beberapa ruas jalan di Jabodetabek. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan serta kelayakan Aion Y Plus dalam menghadapi medan di Indonesia secara langsung.

Aion Y Plus Meluncur

Aion Y Plus akan meluncur di Indonesia (Foto: IEB)

Selain itu, untuk memastikan bahwa mobil listrik ini siap memberikan performa terbaiknya bagi konsumen Indonesia.

“Kami antusias membawa Aion Y Plus ke pasar Indonesia, uji jalan ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa produk kami dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen di sini,” ungkap Andry Ciu, CEO IEB, dalam keterangan resminya belum lama ini.

“Sebagai bentuk nyata komitmen dalam mendukung hadirnya GAC Aion di Indonesia, kami mengadakan uji jalan ini guna membuktikan bahwa Aion Y Plus merupakan solusi kendaraan yang tepat bagi kebutuhan konsumen Indonesia. Kami sangat senang dapat melakukan kegiatan ini, karena kini kami satu langkah lebih dekat menuju peluncuran Aion Y Plus di Indonesia,” sambung Andry Ciu.

Pengujian ini mencakup berbagai aspek, mulai dari performa mesin, efisiensi energi, sistem pengereman, suspensi, hingga teknologi keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpang.

“Dengan inovasi dan teknologi yang dihadirkan oleh Aion Y Plus, kami yakin bahwa GAC Aion dapat menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari individu hingga keluarga,” pungkas dia.

Aion Y Plus Meluncur

GAC Aion Y Plus melakukan uji jalan sebelum meluncur 9Foto: IEB)

Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Aion Y Plus

Sebagai mobil listrik pendatang baru di pasar otomotif Indonesia, tentu Aion Y Plus mengundang rasa penasaran. Terlebih bagi mereka yang saat ini hendak membeli atau tengah mencari mobil baru tanpa emisi.

Nah, sembari menunggu peluncuran resminya, simak dahulu beberapa hal menarik yang perlu diketahui seputar Aion Y Plus. Berikut ini uraian singkatnya sebagaimana yang telah telah dibeberkan oleh IEB:

Dua Varian

IEB akan memasarkan Aion Y Plus kepada konsumen di Tanah Air dalam dua pilihan varian, yakni Aion Y Plus Exclusive dan Premium.

Daya Jelajah Hingga 490 Km

Kedua varian tersebut dibekali dengan baterai tipe Lithium Iron Phosphate Battery. Masing-masing menggendong kapasitas baterai yang berbeda. Perbedaan tersebut membuat daya jelajah dari keduanya tidak sama.

Baca Juga: Produksi Lokal, Indonesia Jadi Basis Perakitan Kedua GAC Aion

Aion Y Plus Meluncur

GAC Aion Y Plus Meluncur 19 Juni 2024 (Foto: IEB)

Aion Y Plus Exclusive dibekali baterai berkapasitas 50,6 kWh dengan kemampuan jarak tempuh maksimal 410 km.

Sementara Aion Y Plus Premium menggunakan baterai berkapasitas lebih besar, yakni 63,2 kWh. Maka secara otomatis jarak tempuh maksimalnya pun jadi lebih jauh, sekira 490 km dalam satu kali pengecasan hingga baterai penuh.

Jarak tempuh maksimal yang diraih oleh kedua varian tersebut ditetapkan berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode New European Driving Cycle (NEDC).

Pengisian Daya Baterai Cepat

Aion Y Plus mengusung teknologi magazine battery 2.0 yang revolusioner dan merupakan yang paling aman di dunia.

Teknologi tersebut sangat andal dalam hal pengisian daya baterai, sehingga para pengguna mobil dapat menghemat waktu saat melakukan pengecasan.

Klaim GAC, pengisian daya baterai pada model Aion Y Plus hanya membutuhkan waktu 45 menit saja dari level nol hingga 100 persen.

Penggunaan teknologi baterai yang canggih ini pun untuk memastikan perlindungan yang tak tertandingi terhadap panas dan pengisian berlebihan, serta bahaya umum baterai lainnya.

Jok di baris pertama GAC Aion Y Plus bisa direbahkan (Foto: IEB)

Tenaga Maksimal Motor Listrik 100 kW

Sumber utama penggerak roda yang dibenamkan di kedua varian menggunakan motor listrik dengan tenaga maksimal 100 kW atau setara 135 hp. Torsi puncak yang dikeluarkannya 225 Nm.

Jok di Baris Pertama Dapat Direbahkan

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Aion Y Plus adalah jok di baris pertama dapat direbahkan hingga 180 derajat. Dengan begitu joknya bisa difungsikan sebagai kasur dengan ukuran 1.800 mm.

Fitur Canggih

Aion Y Plus dihuni oleh sejumlah fitur canggih yang membuatnya tak cuma nyaman untuk dikendarai, tapi juga terkesan mewah.

Baca Juga: Mobil Listrik GAC Aion Bakal Dirakit Lokal di Cikampek

Dual Smart Screens (Foto: GAC Motor)

Daftar fiturnya, antara lain navigasi dan sistem musik online, kontrol kendaraan jarak jauh berbasis perintah suara, lampu ambient ritmik, Vehicle to Load (V2L) electric discharge, dan panoramic sunroof.

Fitur Keselamatan

Tak kalah menarik, mobil ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan.

Berdasarkan spesifikasi Aion Y Plus yang dipasarkan di China, ada belasan fitur keselamatan yang telah dibenamkan ke mobil ramah lingkungan ini. Berikut ini daftarnya:

  • Temporary Spare Tyre
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Stability Program (ESP)
  • Electronic Brake Force Distribution (EBD)
  • Braking Energy Recovery System
  • Dual Front Airbags
  • Front Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Front Row Seats Seatbelts with Force Limiters
  • Front Seat Seatbelt Untied Alarm (Light and Chime)
  • Isofix Child Safety Seat Anchors
  • Auto Hold
  • Traction Control System (TCS)
  • Indirect Tire Pressure Monitoring System
  • Cruise Control
  • Rear Parking Sensors
  • 360 degree HD View Camera System.

GAC Aion Y Plus meluncur di Indonesia (GAC Motor)

Eksterior Modern dan Interior Elegan

Eksterior Aion Y Plus dirancang sedemikian rupa sehingga membuatnya tampil begitu mencolok dan modern mencerminkan kesan elegan.

Kombinasi lampu depan unik “angel wings big eyes” dan lampu belakang “skyline through-type” memberikan kesan futuristik dan elegan.

Pencahayaan pada lampu utama mobil menggunakan LED begitu juga pada lampu senja atau Daytime Running Lights (DRL).

Sementara interiornya dirancang untuk memberikan kesan elegan dan nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Di bagian interior terdapat 10.25 Inch LCD Instrument Cluster, 14.6 Inch Touch Screen Display, serta enam unit speaker.

Dimensi

Mobil listrik keluarga ini memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Kapasitas penumpang di kabin lima orang.

Interior GAC Aion Y Plus (Foto: GAC Motor)

Baca Juga: GAC Aion Hyper GT Meluncur Sebentar Lagi, Jarak Tempuh 710 Km

Warna Eksterior dan Interior

Aion Y Plus Exclusive dan Premium yang dipasarkan di Indonesia hadir dalam tujuh pilihan warna bodi yang diklaim sangat menawan, seperti putih, hitam, silver, rose-gold, green mint, putih two-tone, dan green mint two-tone.

Sementara untuk pilihan warna interiornya ada Fairywonderland dan Forest.

Baik Aion Y Plus Exclusive maupun Premium memiliki spesifikasi yang sama. Perbedaan utamanya hanya terletak pada kapasitas baterai yang digendongnya.

“Tidak ada perbedaan yang signifikan antara model Premium dan Exclusive. Selain perbedaan jarak tempuh (range), perbedaan hanya terletak pada kapasitas baterai saja. Aion Y Plus menjadi solusi berkendara yang tepat bagi konsumen di Indonesia,” terang Xu Zhiao Yu, Product Expert Aaion South East Asia.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui seputar Aion Y Plus. Terkait harga dan spesifikasi lengkapnya akan diungkap pada saat acara peluncurannya.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts