Berita

AISI Beri Target Penjualan Sepeda Motor Tahun 2022 Capai 5,4 Juta Unit

Jakarta — Penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang tahun 2021 lalu mencapai 5.057.516 unit, atau meningkat sebesar 38% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2020 silam, penjualan sepeda motor di Indonesia hanya mencapai 3.660.616 unit. Melihat pertumbuhan pasar, Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) memberi target penjualan sepeda motor pada tahun 2022 ini mencapai 5,1—5,4 juta unit.

Hal tersebut disampaikan oleh Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI yang juga mengatakan bahwa salah satu hal yang menjadi faktor penjualan sepeda motor meningkat pada tahun lalu adalah daya beli masyarakat yang dinilai sudah mulai membaik.

penjualan sepeda motor 2022

Selain dua faktor di atas, permintaan ekspor yang tinggi juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya penjualan. Sepanjang 2021 lalu ada 803.931 unit sepeda motor yang dikapalkan.

Jumlah tersebut naik 15% jika dibandingkan pada tahun 2020 yang mencatatkan angka ekspor 700.392 unit. Pertumbuhan tren ekspor ini diprediksi akan terus membaik hingga tahun ini.

AISI memprediksi jika pengiriman sepeda motor ke negara lain akan naik 20% di tahun ini. Sehingga di akhir tahun diharapkan akan ada 970.000 unit sepeda motor yang diekspor ke berbagai negara di dunia.

Hal tersebut membuat pasar motor domestik mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Selain itu vaksinasi yang dilakukan secara masif juga membuat pertumbuhan ekonomi semakin membaik di berbagai daerah.

penjualan sepeda motor 2022

Penjualan sepeda motor tahun 2022 diprediksi capai 5,1 sampai 5,4 juta unit. (Foto: AHM).

“Harga komoditi membaik, tidak ada bencana alam dan petani bisa berkah dari panen. Tren positif industri ini bisa berdampak positif yang bergulir ke industri pendukungnya baik di hulu atau hilir,” ujar Sigit Kumala.

Berdasarkan data yang dirilis oleh AISI, ada lima merek yang menyumbang penjualan terbesar; Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan TVS.

Pada tahun 2021 lalu Honda mencatatkan penjualan di angka 3.928.788 unit, sedangkan Yamaha mencatatkan penjualan di angka 1.063.866 unit. Sementara itu Kawasaki bertengger di posisi ketiga dengan penjualan 43.540 unit disusul oleh Suzuki dengan 18.380 unit.

Di posisi kelima merek dengan penjualan terbanyak diisi oleh TVS yang sukses menjual 2.942 unit sepeda motor.

“Kami ingin kontribusi industri dalam mendorong pertumbuhan ekonomi semakin baik ke depannya,” pungkas Sigit Kumala.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *