Berita

Akui Kalah Unggul, Honda Siapkan Strategi Melawan Pabrikan Cina di Sektor Mobil Listrik

Jakarta – Honda tengah memikirkan cara untuk menghadapi pabrikan Cina yang dinilai lebih unggul di sektor mobil listrik.

CEO Honda, Toshihiro Mibe, mengaku pihaknya terkejut mengetahui banyaknya model mobil listrik besutan pabrikan Cina yang tampil dalam ajang Auto Shanghai 2023.

Mobil Listrik Cina

Honda mengakui kehebatan pabrikan Cina untuk mobil listrik. (Foto: Paultan)

Mereka (pabrikan Cina) berada di depan kita, bahkan lebih dari yang diharapkan. Kami sedang memikirkan cara untuk melawan. Jika tidak, kita akan kalah dalam kompetisi ini. Kami menyadari telah sedikit tertinggal sehingga kami bertekad untuk membalikkan keadaan,” ujar Mibe sebagaimana Carmudi kutip dari situs web Paultan, Rabu (3/5/2023).

Mibe pun mengakui pabrikan mobil Cina sudah membuat kemajuan pesat saat pandemi Covid-19, di mana sebagian besar negara terputus dengan negara tersebut akibat pembatasan perjalanan dan adanya karantina.

Kami kewalahan oleh pabrikan Cina,” tegas COO Honda, Shinji Aoyama menyambung pernyataan Mibe.

Oleh karena itu, Honda pun berencana akan meluncurkan sejumlah mobil listrik baru di pasar utama, seperti Cina, Amerika Serikat (AS), dan Jepang dengan sebagian besar aktivitas dipercepat mulai 2025 mendatang.

Mobil Listrik Cina

Honda berencana akan meluncurkan sejumlah mobil listrik baru di pasar utama. (Foto: Paultan)

Honda juga berkeinginan memproduksi lebih dari dua juta mobil listrik setiap tahun pada 2030.

Tak hanya itu, Honda akan lebih memperkuat aliansinya dengan General Motors (GM) dan mengembangkan mobil listrik terjangkau bersama yang akan dijual pada 2027 dan seterusnya.

Sebagai informasi, Auto Shanghai 2023 telah digelar pada 18-27 April 2023, beberapa pabrikan Cina menghadirkan mobil-mobil listriknya, antara lain Li L7, Xpeng G6, Changan Avatr 11, dan Chery Omoda 5 EV.

Honda sendiri membawa tiga Sport Utility Vehicle (SUV) listrik di pameran tersebut, yakni Prototipe e:NS2 dan e:NP2 yang rencananya akan dijual di Cina pada awal 2024. Ada juga mobil konsep e:N yang versi produksinya diperkirakan dirilis di akhir 2024.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts