Tips dan Trik

Alarm Mobil Bunyi Sendiri, Jangan Panik dan Lakukan Cara Ini

Pada beberapa kasus kerap ditemui alarm mobil bunyi sendiri. Hal ini cukup menyebalkan, terlebih jika alarm tersebut berbunyi ketika di tempat umum atau di garasi ketika sudah sampai di rumah.

Biasanya alarm mobil yang bunyi sendiri disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah baterai remote yang mau habis. Namun pemilik mobil tak perlu khawatir, sebab masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara reset remote mobil.

alarm mobil bunyi sendiri

Dengan mereset remote mobil, diharapkan alarm mobil bisa berfungsi dengan normal dan tidak berbunyi lagi. Mungkin banyak pemilik yang tidak tahu, bagaimana cara mereset remote alarm ini.

Berikut ini langkah mereset remote alarm mobil agar tidak bunyi sendiri:

  • Buka pintu memakai kunci secara manual
  • Biarkan pintu bagian supir terbuka
  • Cek apakah alarm masih berbunyi dan indikator alarm menyala
  • Masukkan kunci ke kontak dan putar ke posisi ON
  • Tahan tombol lock pada remote sekitar 10 detik
  • Putar kunci kontak ke posisi OFF
  • Tekan dan tahan tombol lock pada remote sekitar 10 menit hingga indikator mati
  • Setelah indikator mati, cabut kunci dan tes remote
  • Tutup semua pintu dan gunakan remote untuk memastikan fungsi

Cara di atas merupakan cara yang lumrah dilakukan untuk mereset remote alarm yang ada di mobil. Carmudian juga wajib tahu apa saja penyebab erornya remote alarm mobil.

Salah satu sebab umum adalah terkena air. Bisa jadi modul elektronik pada remote alarm terkena cipratan air atau modul yang ada di area mesin terkena cipratan dari genangan air saat melibas banjir.

alarm mobil bunyi sendiri

Penyebab remote eror lainnya bisa juga karena sering terjatuh. Remote yang sering terjatuh berpotensi mengalami kerusakan yang membuat controller dalam remote menjadi terlepas.

Remote dan alarm merupakan salah satu komponen elektronik yang wajib dijaga agar awet. Jika mengalami kejadian alarm mobil berbunyi sendiri, Carmudian bisa coba seperti cara di atas untuk mengatasinya.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *