Home » Mobil » Alasan Daihatsu Masih Mempertahankan Sigra 1.000 cc

Alasan Daihatsu Masih Mempertahankan Sigra 1.000 cc

New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.
New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan penyegaran Daihatsu Sigra, Senin (16/9/2019) kemarin . Ada yang cukup menarik dari peluncuran Sigra terbaru ini. Pasalnya, ADM masih menjual varian Daihatsu Sigra bermesin 1.000 cc. Varian ini menjadi varian terbawah dari seluruh model yang dijual oleh ADM.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM mengatakan jika model ini menjadi salah satu yang terlaris.

“Kenapa masih diproduksi? Karena masih ada pasarnya. Terutama untuk perusahaan yang butuh kendaraan dengan harga yang terjangkau,” kata Amel di sela peluncuran New Daihatsu Sigra di Tangerang.

Masih banyaknya perusahaan yang membeli Sigra tipe ini menjadi alasan kuat mengapa ADM masih menjual mesin 1.000 cc. Perusahaan-perusahaan ini membeli Sigra bermesin 1.000 cc untuk keperluan operasional perusahaan. Lalu, diakui juga ada yang membeli Sigra tipe terendah ini untuk dijadikan barang hadiah dari perusahaan.

New Daihatsu Sigra 2019. (Foto: Carmudi/Rizen)

“Banyak perusahaan yang membeli untuk kendaraan operasional sehari-hari. Karena Sigra 1.000 cc ini merupakan mobil yang cukup irit. Ada juga yang membeli Sigra bermesin kecil ini untuk dijadikan sebagai hadiah,” sambung Amel. Saat dikonfirmasi, sampai kapan ADM akan menjual versi terendah dari Sigra tersebut, Amel menjawab selamanya.

“Kalau ditanya sampai kapan masih dijual yang 1.000 cc ini. Jawabannya ya sampai tidak ada yang beli lagi mobil ini. Selama mobil ini ada yang membeli dan memesan, kami akan tetap pertahankan Sigra 1.000 cc ini. Bahkan sampai seterusnya atau selamanya kalau masih ada yang pesan,” lanjut Amel.

Daihatsu Sigra Matik Kurang Diminati

Soal penjualan, Daihatsu Sigra dengan transmisi otomatis diakui kurang diminati. Saat dikonfirmasi, Amel mengatakan jika ada beberapa faktor yang menyebabkan Sigra matik kurang diminati.

“Yang jelas dari perbedaan harga. Konsumen pembeli Sigra ini biasanya adalah first buyer atau pembeli pertama. Untuk tipe matik harganya bisa selisih Rp10 jutaan. Bagi pembeli mobil pertama selisih ini sangat besar,” terangnya.

Perbedaan ini menjadi hal yang paling menjadi faktor menentukan mengapa Sigra matik kurang diminati. Alasan lain adalah Sigra tipe transmisi manual dianggap memiliki biaya perawatan yang sangat rendah. Karena pemilik hanya perlu mengganti oli transmisi manual dengan jumlah kapasitas oli yang lebih sedikit.

Desain dashboard New Daihatsu Sigra
Desain dashboard New Daihatsu Sigra

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ini Ubahan Terbaru di Tubuh New Daihatsu Sigra

Previous post
Konsumen Sudah Bisa Test Drive Toyota New Calya
Next post
Dibuat di Indonesia, DFSK Super Cab Segera Diekspor ke Filipina