Home » Berita » Sedih, Ini Alasan General Motors Berhenti Jualan Mobil di Indonesia

Sedih, Ini Alasan General Motors Berhenti Jualan Mobil di Indonesia

Sedih, Ini Alasan General Motors Berhenti Jualan Mobil di Indonesia (Foto: GM)

Jakarta – Kabar mengejutkan datang menyelimuti pasar otomotif di Indonesia. Pasalnya, pabrikan mobil asal Detroit, Michigan, Amerika Serikat, General Motors (GM) baru saja mengumumkan segera menghentikan penjualan kendaraan merek Chevrolet di Indonesia terhitung mulai Maret 2020. Keputusan sulit tersebut terpaksa diambil oleh GM setelah melalui berbagai pertimbangan yang menyeluruh.

“Secara global, GM telah mengambil langkah-langkah yang sulit untuk memfokuskan aset dan sumber daya yang dimilikinya. Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan,” ungkap Hector Villarreal, President GM Asia Tenggara dalam keterangan resmi yang diterima Carmudi, Senin (28/10/2019).

Villarreal menambahkan bahwa di Indonesia pihaknya tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan.

“Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing,” sambungnya.

Tetap Melayani Pelanggan

Meski tahun depan sudah tidak berjualan mobil baru lagi di Indonesia, GM masih bertanggung jawab soal layanan purna jual bagi setiap pemilik mobil Chevrolet. Hanya saja, belum diketahui berapa lama dan sampai kapan layanan tersebut tersedia.

“Para pemilik Chevrolet juga dapat memastikan bahwa kami akan tetap mengakui keberlakuan seluruh jaminan kendaraan dan memberikan layanan purna jual. Kami akan tetap melayani setiap pelanggan untuk perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet mereka di outlet resmi kami di seluruh Indonesia,” kata Villareal.

GM sadar betul keputusannya itu tidak hanya berimbas pada pemilik kendaraan Chevrolet di Indonesia tapi juga para pekerja. Sebagai bentuk tanggung jawab, GM akan memberikan apa yang menjadi hak para pekerja.

Program menarik Chevrolet
Program menarik Chevrolet (Foto: Santo/Carmudi)

“Dengan berat hati, perlu kami sampaikan bahwa keputusan ini akan memiliki dampak pada beberapa karyawan kami. Dalam hal ini, GM akan memberikan pesangon yang sesuai dalam proses peralihan ini. Kami juga berkomitmen untuk membantu para pihak dalam proses peralihan ini,” tutup Villarreal.

Pelanggan yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut bisa menghubungi pusat layanan pelanggan Chevrolet Indonesia. Pelanggan dapat menghubungi 1500 951 atau mengunjungi situs www.chevrolet.co.id. GM akan bekerjasama dengan seluruh jaringan diler untuk kelancaran peralihan dan persiapan purna jual.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas 

Baca Juga:

Sejarah General Motors di Indonesia, Pabrikan Mobil Asing Pertama yang Merakit Mobil Secara Lokal

Previous post
Beli Mobil di Diler Suzuki Ini Bisa Dapat Jimny
Next post
Sejarah General Motors di Indonesia, Pabrikan Mobil Asing Pertama yang Merakit Mobil Secara Lokal