Home » Berita » Karakter Mobil yang Sama Jadi Alasan Kia Seltos Impor dari India

Karakter Mobil yang Sama Jadi Alasan Kia Seltos Impor dari India

Kia Seltos untuk Indonesia Impor dari India (Foto: Santo/Carmudi)

JakartaSeltos diproduksi di dua pabrik Kia yang berada di distrik Anantapur, Andhra Pradesh, India dan Gwangju, Korea Selatan. Khusus pasar Indonesia, Kia Seltos diimpor dalam bentuk utuh atau Completely Built-up (CBU) dari India bukan Korea Selatan seperti mobil Kia lainnya. PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Indonesia sengaja mendatangkan Seltos dari India. Sebab bila bicara karakter mobil dan konsumen di sana tidak jauh berbeda dengan di Tanah Air.

“Kami masih impor Kia Seltos dari India, karena secara karakter mobil di India sama seperti di Indonesia, tidak ada yang berubah. Untuk saat ini kami dapatnya dari India saja karena yang diproduksi di sana Seltos,” ungkap Ario Soerjo, selaku Marketing and Development Division Head PT KIA, usai seremonial peluncuran Kia Seltos di Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Ario menambahkan pabrik Kia di India yang memproduksi Seltos merupakan salah satu pabrik pembuatan mobil tercanggih di dunia. Saat ini pabrik tersebut hanya memproduksi Kia Seltos saja. Hasil produksinya tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik tapi juga ekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia.

“Kia bangun pabrik di India khusus untuk Seltos. Di India Seltos baru meluncur pada Agustus 2019. Berdasarkan laporan yang diperoleh baru 6 bulan saja Seltos sudah jualan sampai 60 ribu unit dan ada yang sudah mengajukan pemesanan ada sekira 100 ribu unit,” terang Ario.

Dirinya pun berharap penerimaan positif konsumen terhadap Kia Seltos di India bisa menular ke Indonesia.

“Ya semoga ini bisa menarik konsumen di Indonesia. Ya, target kami ribuan unit,” pungkasnya.

Di Korea Selatan Kia Seltos Jadi Model Terfavorit

Tak cuma di India saja, kemunculan Kia Seltos di Korea Selatan juga mendapat sambutan positif. Meski tidak sebutkan angka penjualan yang telah diraih Seltos di Korea Selatan, tapi Ted Lee President Director and CEO Kia Motors Asia Pacific mengklaim Seltos menjadi kendaraan favorit di Negeri Ginseng.

Kia Seltos untuk Indonesia Impor dari India (Foto: Santo/Carmudi)

“Sejak Juli tahun lalu ketika Kia mengadakan peluncuran perdana Seltos di dunia, kami telah menerima perhatian besar dari media, konsumen, bahkan kompetitor secara global. Di pasar Korea Selatan Seltos telah menjadi model dan penjualan terfavorit secara kompetitif di segmen B-SUV dan memimpin dengan jumlah yang signifikan sejak diluncurkan,” kata Lee pada kesempatan yang sama.

Lee percaya bahwa kehadiran Seltos di Indonesia akan menjadi sebuah game changer di segmen SUV yang melengkapi jajaran produk Kia.

“Dalam hal kualitas saya yakin bahwa Kia Seltos akan memuaskan ekspektasi pasar Indonesia,” pungkas Lee.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Layaknya Smartphone Samsung, Kia Seltos Punya Fitur yang Tidak Dimiliki Pesaing

Previous post
Alasan Kia Membuka Awal Tahun dengan Meluncurkan SUV Seltos
Next post
Hanya dalam Waktu 3 Hari Perbaikan Mobil Akibat Banjir Selesai