Berita

Alasan New Xpander Pakai Transmisi CVT dan Suspensi Pajero Sport

Jakarta – Mitsubishi New Xpander resmi meluncur dengan membawa sejumlah ubahan, satu yang menarik adalah penyematan transmisi otomatis jenis Continuously Variable Transmission atau CVT.

Pemasangan transmisi CVT pada New Xpander dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjawab keinginan konsumen Mitsubishi.

“Kami mendengarkan banyak keluhan konsumen untuk bisa menggunakan transmisi CVT,” ujar Naoya Nakamura selaku President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam acara peluncuran virtual New Xpander dan Xpander Cross, Senin (8/11/2021).

Penggunaan transmisi otomatis CVT untuk memberikan efisiensi dan kenyamanan konsumen.

Transmisi tersebut diklaim punya akselerasi maksimal yang serupa dengan transmisi AT 8 percepatan seperti yang digunakan oleh Pajero Sport.

Mitsubishi New Xpander (Foto: MMKSI)

Suspensi New Xpander

Selain transmisi CVT, New Xpander memiliki suspensi belakang yang serupa dengan Pajero Sport.

Menurut Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, penggunaan suspensi Pajero Sport bertujuan untuk memberikan stabilitas yang lebih baik.

“Pada generasi terbaru dari Mitsubishi New Xpander ini konsumen bisa mendapatkan stabilitas yang lebih baik. Dan yang patut menjadi catatan adalah pengaturan suspensi untuk pasar Indonesia ini memang sedikit berbeda dibanding negara lain,” terang Hikaru Mii.

Penggunaan suspensi belakang milik Pajero Sport diharapkan bisa memberikan pengendaraan yang lebih stabil, terutama di jalan bergelombang. Hal tersebut juga membuat ground clearance-nya kini menjadi 220 mm atau setara dengan Xpander Cross.

Selain transmisi dan suspensi, mobil andalan Mitsubishi ini telah dibekali dengan sejumlah fitur baru. Di antaranya, rem parkir elektronik menggantikan rem parkir konvensional dan panel AC yang kini sudah memakai model digital.

suspensi pajero sport transmisi cvt new xpander

Suspensi belakang Mitsubishi New Xpander kini mengadopsi milik Pajero Sport

Mitsubishi New Xpander sendiri dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, MIVEC, DOHC bertenaga 103 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin tersebut ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Di Indonesia, Mitsubishi New Xpander hadir dalam 6 pilihan warna yang terdiri dari quartz white pearl, jet black mica, blade silver metallic, deep bronze metallic, red metallic, dan graphite gray metallic.

Mobil yang dijual dalam 7 varian ini, sayangnya belum memiliki harga resmi. Naoya mengatakan, MMKSI akan segera merilis harga jual Mitsubishi New Xpander di ajang GIIAS 2021 yang akan digelar pekan ini.

Baca Juga: 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts