Home » Berita » Alasan Ojek Online Jadi Pelopor Road Safety

Alasan Ojek Online Jadi Pelopor Road Safety

Jakarta – Munculnya ojek on line (ojol) menjadi fenomena hangat perdebatan antara solusi dan pemenuhan kebutuhan para pengemudi. Angkutan umum dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua ini sering dianggap paling praktis dan ekonomis. Khususnya menghadapi rumit dan tidak menentunya waktu tempuh dengan jarak tempuh.

Semua alasan pembenar mungkin bisa dikatakan baik, namun belum tentu benar apalagi tepat. Takkala di lihat dari sudut keselamatan maka kendaraan bermotor roda dua paling rentan dan tingkat fatalitas korban kecelakaanya. Bahkan paling tinggi dibandingkan dengan kendaraan bermotor lainya.

Berbagai pembenaran digelorakan mulai dari kepentingan kehidupan sampai alternatif transportasi. Tatkala itu semua dilakukan maka lalu lintas bukan lagi sebagai urat nadi kehidupan.

“Jalan raya yang digunakan sebagai lalu lintas ini merupakan urat nadi kehidupan, karena suatu masyarakat dapat hidup tumbuh dan berkembang jika ada produktifitas,” ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si.

Dirinya menambahkan kalau produktifitas dihasilkan dari aktifitas yang dilakukan melalui atau dengan berlalu lintas. Sejalan dengan hal tersebut maka lalu libtas harus aman selamat tertib dan lancar.

“Lalu lintas untuk aman, selamat, tertib dan lancar tentu tidak bisa dibiarkan semau-maunya. Tidak lagi boleh yang kuat mendominasi atau memonopoli. Azas kebersamaan, azas persamaan hak, azas keterbukaan, azas keadilan hingga kemanusiaan tidak boleh diabaikan,” ujarnya.

Tatkala sistem angkutan umum belum dapat dikatakan representatif dan memenuhi kebutuhan pergerakan warga maka ojek boleh dikatakan sebagai diskresi, kebijaksanaan atau cara mudahnya boleh tetapi memenuhi kewajiban.

Pemenuhan kewajiban ini bukan beban melainkan suatu bentuk akuntabilitas baik kepada bangsa negara, warga masyarakat kepada institusi yang menaungi maupun sebagai pribadi.

Pemenuhan kewajiban bagai ojol ini sebenarnya dapat dijadikan ikon peradaban kita untuk ikon era digital yang sadar. Bahwa lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan. Dimana ojol mampu menjadi ikon pelopor road safety.

Beberapa hal yang dapat dilakukan Ojol dalam mendukung lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar:

  1. Sistem data yang baik dari ojol di sharingkan dengan pihak kementrian terkait maupun kepolisian untuk adanya sistem pelayanan ojol yang prima.
  2. Sistem tarif yang tidak main banting harga atau ada standar kepastian harga yang bisa digunakan ojek yang eksisting.
  3. Sistem manajemen yang ada dapat mendukung sistem transportasi angkutan umum antar moda yang telah sedang dan akan dibangun pemerintah.
  4. Membantu pemerintah dalam melaksanakan program etle erp eparking e banking dsb.
  5. Memenuhi ketentuan-ketentuan yang menjadi standar road safety Online atau terhubung secara elektronik semestinya mampu mendukung upaya-upaya terwujudnya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar. Mendukung upaya-upaya meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Mendukung terbangunya budaya tertib berlalu lintas. Dan mendukung adanya pelayanan prima di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang cepat tepat akurat transparan akuntabel informatif dan mudah diakses.
porsche 911 turbo
Previous post
Dibalik Tampang Kalem Mobil Keluarga VW Ini Ada Mesin Porsche 911 Turbo
Next post
Gara-Gara Gigi, Suzuki dan Mitsubishi Kompak Recall Mobil Pick-Up di Indonesia