Home » Mobil » Alasan Utama Nissan Leaf Dijual ke Indonesia

Alasan Utama Nissan Leaf Dijual ke Indonesia

Nissan Leaf dari depan
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak rekan media mencicipi Nissan Leaf di Bridgestone Proving Ground, Senin (9/9/2019).

Karawang – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya membeberkan alasan utama mendatangkan Nissan Leaf. Salah satu alasan utama Nissan Leaf dijual ke Indonesia adalah soal keamanan. Isao Sekiguchi, President Director PT NMI mengungkapkan hal tersebut di sela test drive Nissan Leaf.

“Kelebihan mobil ini tidak pernah ada insiden dari baterai yang cukup serius. Incase of emergency atau dalam kondisi darurat, mobil ini bisa menjadi alat untuk pengisian daya di rumah bagi si pemilik mobil,” ujar Sekiguchi, Rabu (9/9) di Karawang, Jawa Barat.

test drive leaf
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak rekan media mencicipi Nissan Leaf di Bridgestone Proving Ground, Senin (9/9/2019).

Mobil listrik buatan Jepang ini dianggap mampu menjadi daya utama listrik saat keadaan darurat. “Karena mobil listrik Leaf ini dibekali fitur-fitur untuk pengisian daya dalam hal darurat. Contohnya seperti mati listrik yang terjadi saat gempa bumi di Jepang, dan di Jakarta beberapa waktu lalu. Karena kalau mobil ini dalam posisi full charge, mobil ini bisa menghidupi sampai 4 hari,” sambung Sekiguchi.

Di negara Jepang sendiri, Nissan Leaf dijual untuk menjadi salah satu model yang dijadikan produk CSR. “Nah, di Jepang, Nissan juga bekerjasama dengan pemerintah. Jika ada bencana alam, pemerintah akan memberikan Leaf sebagai daya listrik utama kepada daerah terdampak bencana,” terang Sekiguchi.

performa leaf
Mobil listrik Nissan melaju di lintasan sirkuit pengujian ban Bridgestone di Karawang, Jawa Barat.

Mobil berkapasitas 5 orang bertenaga listrik ini akan secara resmi dijual pada tahun 2020 mendatang. Leaf yang diperkenalkan ini merupakan mobil generasi kedua yang diproduksi oleh Nissan Jepang. Beberapa ubahan pun dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

Salah satunya adalah kemampuan jarak tempuh yang semakin bertambah. Mobil listrik berbentuk hatchback generasi kedua ini diklaim sanggup menempuh jarak hingga 400 km dalam satu kali pengisian daya. Sedangkan pada Leaf generasi pertama, hanya sanggup menempuh jarak hingga 228 km dan 280 km.

Nissan Leaf Dijual Di Indonesia, Fitur e-Pedal Jadi Andalan

Di luar negeri, mobil listrik Nissan Leaf dijual ini dibekali dengan beberapa fitur canggih. Fitur yang tertanam merupakan fitur teknologi swakemudi seperti ProPilot park. Serta masih ada lagi fitur e-Pedal yang menjadi salah satu keunggulan dari fitur Leaf. Fitur e-Pedal ini merupakan fitur yang memungkinkan si pengendara untuk menggunakan satu pedal.

Jadi si pengemudi tak perlu menginjak pedal rem untuk melakukan pengereman. Karena mobil dapat melakukan pengereman secara otomatis saat pedal gas mulai dilepas.

Bersiap Nissan Leaf Dijual di Indonesia
Tampilan belakang mobil listrik Nissan

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Tutus Subronto

 

Baca Juga:

Cuma Rp60 Ribu, Nissan Leaf bisa Tempuh Jarak 280 Km

Previous post
Ini Fasilitas Pabrik Produksi Mobil Esemka
Next post
Wuling Motors Bagi-Bagi Mobil Gratis, Begini Syaratnya