Berita Mobil Sumber informasi

Siap-siap Tahun Depan Suzuki Luncurkan Ertiga Bahan Bakar Gas

suzuki ertiga buatan Indonesia

All New Ertiga (Foto: Carmudi)

New Delhi – Setelah melakukan debut internasional di Indonesia pada April 2018 bertepatan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS), akhirnya All New Suzuki Ertiga masuk pasar India. Peluncurannya dilakukan Maruti Suzuki India Ltd (MSI), selaku agen tunggal pemegang merek mobil Suzuki di India, baru-baru ini.

Di Negeri Bollywood, Suzuki menyediakan dua opsi mesin untuk All New Ertiga yakni bensin dan diesel. Tidak hanya itu, menariknya Suzuki berencana menambah satu pilihan mesin lagi tahun depan. Mesin tersebut berbahan bakar gas atau dikenal juga dengan Compressed Natural Gas (CNG).

Menurut seorang sumber yang dekat dengan perusahaan, saat ini perusahaan masih menahan diri untuk memperkenalkan varian CNG. Sumber juga mengatakan kepada Autocar India bahwa Ertiga bahan bakar gas akan diluncurkan tahun depan atau sekira enam bulan dari sekarang.

Saat ini perusahaan terus melakukan pengembangan produk termasuk proses modifikasi mesin 1.5 liter dengan bahan bakar CNG. Ada kemungkinan Ertiga bahan bakar gas dibekali dengan Smart Hybrid Vehicle System (SHVS).

Rencana Suzuki mendatangkan Ertiga bahan bakar gas, dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan converter kit gas untuk mobil. Rincian lebih lanjut mengenai Ertiga CNG ini akan terungkap saat peluncuran. Begitu juga soal harga, saat ini belum diketahui apakah bakal ebih mahal dari Ertiga bermesin bensin dan diesel atau justru sebaliknya.

All New Suzuki Ertiga Dibekali Mesin Bensin Baru

All New Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.395 milimeter, lebar 1,735 mm dan tinggi 1.690 mm. Suzuki mengklaim generasi baru Ertiga lebih panjang 99 mm, lebih lebar 40 mm dan 5 mm lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Di Indonesia, rival Toyota Avanza ini dibekali dengan mesin bensin berkode K15B dengan kapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 104,7 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm of pada 4.400 rpm.

Jika dibandingkan dengan mesin terdahulu, K14B 1.4 liter, tenaga dan torsi maksimal yang dikeluarkan lebih besar sekira 13 persen dan 6 persen. Tenaga mesin dikirim ke roda lewat transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Sedangkan varian Ertiga Diesel di India menggunakan mesin berkode D13A berkapasitas 1.3 liter, lengkap dengan SHVS. Mesin ini diklaim mampu menghembuskan tenaga sekuat 89,74 ps pada 4.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm.

Berdasarkan hasil uji konsumsi bahan bakar menggunakan metode ARAI (Automotive Research Association of India), mobil keluarga ini memperoleh angka 19,34 kilometer per liter untuk Ertiga bensin transmisi manual. Sedangkan Ertiga bensin dengan transmisi otomatis konsumsi bahan bakarnya sekira 18,69 km/liter. Kemudian varian diesel dengan transmisi manual jauh lebih irit dengan capaian 25.47 km/l. (dna)

https://www.carmudi.co.id/journal/all-new-suzuki-ertiga-di-india-dan-indonesia-lebih-istimewa-mana/

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts