Berita Mobil Sumber informasi

All New Honda Accord Hybrid Sudah Bisa Dipesan

Jakarta – Secara resmi Honda akan mengumumkan peluncuran All New Honda Accord Hybrid di Amerika Serikat, 23 Maret 2018. Mobil ini sebagai model baru yang menambah jajaran mobil listrik Honda.

Dibekali tenaga terbesar di kelasnya dan kabin yang lapang, generasi terbaru Honda Accord Hybrid menawarkan performa yang fun-to-drive. Juga diklaim efisien, sekaligus fitur premium dan kenyamanan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Ada 5 varian yang dihadrkan yaitu Hybrid, EX (baru), EX-L, EX-L Navi (baru) dan Touring. Meskipun ditawarkan dengan harga lebih rendah dari model sebelumnya, namun tetap menawarkan fitur yang mampu diandalkan.

Seperti velg 17 inch, LED Headlight and Taillights, Dual-Zone Climate Control, Smart Entry with Push Button Start, TFT Digital Meter 7 inch serta Multi-Angle Rearview Camera. Ada juga fitur Honda Sensingâ sebagai teknologi keselamatan canggih.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Collision Mitigation Braking System™, Road Departure Mitigation, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition.

Honda Accord Hybrid terbaru menggunakan generasi ketiga mesin Two-Motor Hybrid Powertrain yang didukung 2.0L DOHC i-VTECâ Atkinson 4 silinder dengan efisiensi termal 40%. Akan menghasilkan torsi 232 lb.-ft dan tenaga 212 Hp. Seperti sebelumnya, Honda Accord Two-Motor System beroperasi tanpa membutuhkan transmisi automatic konvensional.

Untuk memaksimalkan energi, Honda Accord Hybrid menggunakan Deceleration Selectors. Fungsinya serupa dengan transmisi Paddle Shift, memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi kedalam 4 level berbeda untuk memaksimalkan pengereman.

Selektor sebelah kanan berfungsi meningkatkan kemampuan pengereman secara bertahap. Sedangkan selektor sebelah kiri memiliki fungsi sebaliknya, yakni menurunkan pengereman secara bertahap. Sistem ini membantu mengurangi tekanan pada rem sekaligus meningkatkan pengisian baterai melalui regenerasi.

Powertrain dari Honda Accord Hybrid beroperasi dengan melakukan perpindahan diantara 3 mode berkendara. Yaitu EV Drive (100% tenaga berasal dari mesin listrik), Hybrid Drive (perpaduan tenaga dari mesin listrik dan mesin berbahan bakar).

Serta Engine Drive (100% tenaga berasal dari mesin berbahan bakar). Sehingga seluruh sistem tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan pengendara sesuai kondisi yang ada.

Keunggulan dan Harga

Honda Accord Hybrid versi terbaru memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya wheelbase lebih panjang 2,6 inch dan Intelligent Power Unit (IPU) 32% lebih kecil yang kini letaknya dipindahkan dari bagasi ke bagian bawah bodi.

Ini memungkinkan bangku belakang dapat dilipat 60/40. Mobil ini memiliki bagasi terlapang di kelasnya (16,7 kubik), kabin yang lega (122,3 kubik) dan ruang kaki sebesar 40,4 inch.

Hadirnya Honda Accord Hybrid menambah varian kendaraan listrik Honda. Meliputi seri Clarity – Clarity Fuel Cell, Clarity Electric dan Clarity Plug-In Hybrid – serta mobil sedan Honda Insight yang akan diluncurkan pada 2019 mendatang.

Jajaran model ini mewakili generasi terbaru kendaraan Honda menuju visi globalnya untuk menguasai dua-pertiga penjualan mobil listrik pada 2030.

Varian MSRP MSRP termasuk biaya pengiriman $890[1] Rating Efisiensi Bahan Bakar EPA (Perkotaan/Jalan Tol/Kombinasi)
Accord Hybrid $25,100 $25,990 47/47/47
Accord Hybrid EX $28,890 $29,780 47/47/47
Accord Hybrid EX-L $31,440 $32,330 47/47/47
Accord Hybrid EX-L Navi $32,440 $33,330 47/47/47
Accord Hybrid Touring $34,710 $35,600 47/47/47

Perakitan Honda Accord Hybrid, Honda Accord 1.5T dan 2.0T serta komponen IPU untuk pasar Amerika Utara dirakit menggunakan komponen lokal dan ekspor di Marysville, Ohio Auto Plant. Sedangkan mesin hybrid 2.0L Atkinson-cycle diproduksi di Anna, Ohio Engine Plant sebagai pabrik terbesar Honda.

Sejak Honda mendirikan pabrik perakitan mobil di Marysville, Ohio pada November 1982, Honda Accord telah terjual lebih dari 11 juta di Amerika selama 41 tahun. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts