Home » Berita » Hyundai Santa Fe Generasi Ke-4 Resmi Mengaspal, Lebih Banyak Fitur Baru

Hyundai Santa Fe Generasi Ke-4 Resmi Mengaspal, Lebih Banyak Fitur Baru

GIIAS 2018

Penulis : Rosano

Tangerang – Tidak cuma menampilkan Hyundai H-1 terbaru saja, PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) juga memboyong mobil baru lainnya ke ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Mobil tersebut adalah Hyundai Santa Fe generasi ke-4 atau SUV high end andalan Hyundai yang bermain di segmen large SUV.

All New Hyundai Santa Fe
All New Hyundai Santa Fe (generasi ke-4) resmi diluncurkan pada GIIAS 2018. Kini lebih kaya fitur tambahan (Sano)

“Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kepercayaan dan kesetiaan pelanggan Hyundai, kami hadirkan Hyundai All New Santa Fe generasi ke-4 ini di Indonesia. Dimana ini juga merupakan komitmen kami untuk menghadirkan mobil-mobil Hyundai dengan desain dan kualitas global,” jelas Mukiat Sutikno, President Director HMI di peluncuran All New Hyundai Santa Fe, Kamis (2/8).

Berbekal kata ‘All New’, tentu saja mobil SUV ini secara keseluruhan mengalami ubahan total, mulai dari eksterior, dimensi dan interiornya.

Ubahan paling mencolok ada pada bagian fascia depan yang kini diisi Cascading Grille baru dan layout 3-lampu, dimana sudah ada DRL LED dan lampu utama projector LED.

All New Hyundai Santa Fe nampak dari belakang (Sano)

Sedangkan bagian belakang, lampu LED yang memiliki kontur internal menarik jadi titik yang paling mencolok.

Santa Fe juga mengalami kenaikan dimensi, dengan wheelbase meningkat 65 mm dan panjang keseluruhan bertambah 120 mm.

Lalu, apa lagi yang membuat Hyundai Santa Fe ini menarik?

All New Hyundai Santa Fe Kini Tersedia Dua Varian

Hyundai Santa Fe generasi ke-4 tersedia dalam dua varian, yaitu GLS dan XG. Masing-masing varian memiliki dua opsi mesin, yakni mesin bensin dan mesin diesel.

Untuk varian diesel, harga All New Hyundai Santa Fe GLS dibanderol Rp549 juta dan varian XG diesel berbanderol Rp569 juta (OTR Jabodetabek).

Sedangkan untuk varian mesin bensin, All New Santa Fe GLS dijual seharga Rp499 juta dan varian XG Rp520 juta (OTR Jabodetabek).

Varian bensin Hyundai Santa Fe akan langsung bersaing dengan pemain besar seperti Honda CR-V dan Mazda CX-5. Sedangkan varian diesel-nya menjadi lone player di segmennya berkat wujudnya sebagai SUV monokok diesel.

Tapi bila ditilik dari harga, Hyundai Santa Fe varian diesel bakal bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Transmisi 8-Percepatan

Interior All New Hyundai Santa Fe (Sano)

Hyundai Santa Fe generasi ke-4 ini masih menggunakan pilihan mesin yang sama dengan sebelumnya.

Untuk Santa Fe Diesel, tetap digunakan mesin diesel ‘sadis’ berkode R 2.2. Dengan kapasitas 2.199 cc, berteknologi Common Rail Direct Injection (CRDi) dan e-VGT.

Tenaga yang dihasilkan menembus 191 hp (193 ps) di 3.800 rpm dan torsinya 441 Nm dari 1.750-2.750 rpm.

Dibanding sebelumnya, memang ada penurunan tenaga sekitar 4 hp. Meski begitu, kini Santa Fe diesel mendapatkan transmisi baru otomatis 8-percepatan dari sebelumnya 6-percepatan.

Kelebihannya, diklaim dapat membuat akselerasi lebih baik di gigi 1 dan 2, sedangkan gigi 7 dan 8 membuat NVH (Noise Vibration Harshness) dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik juga.

Santa Fe versi mesin bensin juga masih sama seperti sebelumnya. Dengan mesin Theta II 2.4 MPI, jantung berkapasitas 2.359 cc-nya sanggup menghasilkan tenaga 170 hp dan torsi 225 Nm.

Untuk Santa Fe bensin ini, transmisi yang digunakan masih sama otomatis 6-percepatan seperti sebelumnya.

Semua model menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) dan memiliki 3 mode berkendara (Comfort, Eco Sport, Smart).

Fitur Tambah Banyak

Fitur Start/Stop Button di All New Hyundai Santa Fe (Sano)

Paling menyenangkan, Santa Fe generasi Ke-4 akhirnya boleh berbangga karena mendapat fitur berlimpah. Kini Santa Fe memiliki sistem passive keyless entry dengan Smart Key dan tombol Start/Stop Engine.

Kini juga tersedia Paddle Shift dan rem parkir elektrik. Juga seperti Tucson, varian XG sudah mengadopsi lampu kabin LED.

Fitur safety juga berkembang drastis. Memang masih 2 airbag, tapi kini sudah terdapat EBD (Electronic Brake Distribution), ESC (Electronic Stability Control), DBC (Downhill Brake Control) dan HAC (Hill Assist Control) untuk melengkapinya.

Di luar fitur baru tersebut, setiap fitur andalan Santa Fe sebelumnya seperti Panoramic Sunroof ekstra besar, Dual Zone Auto Climate Control dengan Ionizer, Cruise Control, tombol audio di setir dan sensor parkir masih tersedia.

Hanya saja, fitur seperti Eagle Eye’s Camera, bagasi elektrik dan HU 8 inci kini belum tersedia lagi.

Tak masalah?

Garansi Unlimited Kilometer

Selain fitur berlimpah baru, ternyata PT Hyundai Mobil Indonesia juga menawarkan kelebihan lain untuk Santa Fe anyar ini.

Berbeda dengan sebelumnya, kini warranty alias garansinya mencapai Unlimited alias tanpa batasan kilometer selama 5 tahun. Yup, mirip garansi yang ditawarkan oleh brand saudaranya, Kia.

Sedangkan keuntungan lainnya, kini juga ditawarkan gratis jasa servis perawatan berkala sebanyak 11 kali atau sampai dengan 100 ribu km.

Kerennya, hal ini tak hanya berlaku untuk All New Hyundai Santa Fe saja. Melainkan setiap produk passenger cars Hyundai pun menerima treatment garansi dan perawatan yang sama sejak 1 Agustus 2018 ini.

All New Mazda6
Previous post
Mazda6 Baru Terlihat Makin Ganteng, Terinspirasi Vision Coupe Concept
Next post
Keluarga Baru GSX150 Bergaya Mature, Suzuki Bandit Meluncur di GIIAS 2018