Site icon Carmudi Indonesia

All New Hyundai Tucson Mulai Tebar Pesona, Meluncur 15 September

All New Hyundai Tucson (Foto: Paultan)

Seoul – Hyundai Motor Company (HMC) tengah sibuk bersiap meluncurkan mobil baru lagi. Sebelumnya, Hyundai telah meluncurkan Santa Fe, dan Kona facelift sekarang giliran mempersiapkan kedatangan All New Hyundai Tucson. Jelang peluncurannnya di Seoul, Korea Selatan yang tak lama lagi, HMC membagikan video teaser sebagai penggoda di kanal Youtube resminya.

Melalui video berdurasi tidak lebih dari 20 detik itu, HMC memperlihatkan tampilan depan All New Hyundai Tucson dalam bentuk siluet. Kemudian diakhiri dengan pemberitahuan jadwal peluncurannya. Di situ tertera jelas bahwa debut dunia All New Hyundai Tucson diselenggarakan 15 Sepetmber 2020. Seremonial peluncuran akan dilakukan secara digital melalui kanal yang sama.

Keluarga baru dari Hyundai ini akan menjadi generasi keempat Tucson sekaligus menggantikan model sebelumnya yang diluncurkan pertama kali pada 2015, dan versi faceliftnya 2018.

Mobil asal Korea Selatan itu akan bersaing ketat dengan model lain di segmen SUV, seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan Toyota RAV4.

All New Hyundai Tucson (Foto: Paultan)

All New Hyundai Tucson Punya Lampu Senja Tersembunyi

Tidak banyak informasi yang didapat dari video teaser tersebut, meski begitu kuat dugaan generasi terbaru Tucson bakal mengaplikasikan lampu senja tersembunyi. Hyundai menyebutnya dengan Parametric Hidden Lights. Lampu yang menyala pada siang hari ini disematkan di antara kisi-kisi gril sehinggga tampak seperti permata.

Parametric Hidden Lights akan berpadu apik dengan bahasa desain tubuh dari Hyundai yang diberi nama Sensuous Sportiness. Sedan Elantra baru sudah lebih dahulu mengaplikasikan bahasa desain tersebut.

“Misi dari ‘Sensuous Sportiness’ adalah untuk meningkatkan emosional dari desain otomotif. Kami ingin pelanggan kami merasa tergerak. Dengan Tucson yang sepenuhnya baru, kami memperkenalkan evolusi terbaru. Desain Tucson yang canggih dan eksperimental sesuai dengan semangat kepeloporannya dan meningkatkan persaingan di segmen yang paling kompetitif,” kata SangYup Lee, VP senior dan kepala desain Hyundai, sebagaimana diberitakan Paultan, Kamis (3/9/2020).

Interior Hyundai Tucson (Foto: Paultan)

Selain desain, Tucson generasi baru juga akan tersedia dalam versi jarak sumbu roda pendek dan panjang. Ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam. Eropa misalnya, kebanyakan konsumen menginginkan kabin mobil yang lebih kecil. Sementara pasar Amerika Serikat dan Asia lebih menyukai kabin lebih besar.

Baik versi jarak sumbu roda pendek maupun panjang, lebar Tucson terbaru tetap sama. Selain itu kap mesin panjang dan overhang pendek.

Diperkirakan All New Hyundai Tucson menawarkan tampilan eksterior yang amat mengesankan. Sedangkan interiornya akan mengikuti keindahan eksteriornya.

Mobil Konsep Vision T (Foto: Autoblog)

Berawal Dari Mobil Konsep Vision T

Kabar kemunculan Tucson terbaru sebenarnya sudah santer terdengar sejak tahun lalu. Berawal dari kehadiran mobil konsep Vision T yang diperkenalkan oleh Hyundai saat gelaran Los Angeles Auto Show (LAAS) 2019 di California, Amerika Serikat.

Benar saja, tampilan depan mobil konsep Vision T serupa dengan tampang depan Tucson terbaru yang ada di teaser. Mobil konsep Hyundai Vision T punya dimensi tubuh yang cukup besar. Panjangnya 4.610 mm, lebar 2.025 mm, dan tinggi 1.705 mm.

Mobil berkelir secra silver ini menggunakan dua tema desain utama yaitu “Parametric Fantasy” dan “Transcendent Connectivity”.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana