Mobil

All New Hyundai Tucson Resmi Diperkenalkan, Ini Dia Fakta Menariknya

All New Hyundai Tucson (Foto: HMC)

Seoul – Hyundai Motor Company (HMC), hari ini, Selasa (15/9/2020) memperkenalkan All New Tucson.

Kehadiran kompak SUV ini dipandang penting oleh Hyundai karena termasuk model paling populer di banyak negara.

Sebagai model Global, Tucson telah terjual sebanyak 7 juta unit sejak peluncuran perdananya pada 2004.

Kini generasi keempat dari Tucson punya tampilan serba baru, kemudian dibekali dengan sejumlah penyeragan hasil pengembangan dari generasi sebelumnya.

Hyundai berharap dengan segala perubahan yang perusahaan lakukan dapat menarik lebih banyak pelanggan di seluruh dunia.

“Kami sangat senang memperkenalkan Tucson baru, model terbaru dalam transformasi SUV Hyundai. Kendaraan yang menarik ini menetapkan tolok ukur baru untuk inovasi di segmennya, yang menghadirkan perpaduan desain, teknologi, dan kinerja yang mengesankan,” kata Thomas Schemera, Executive Vice President, Head of Product Division at Hyundai Motor Group, dalam keterangan resminya.

All New Hyundai Tucson versi Hybrid (Foto: HMC)

All New Hyundai Tucson mulai dijual bulan ini di Korea Selatan sebagai model 2021.

Menyusul pasar berikutnya yaitu Amerika Serikat dan pasar global lainnya sebagai model 2022 mulai paruh pertama 2021.

Kompak SUV satu ini sekarang ditawarkan dalam dua varian wheelbase, panjang dan pendek untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

Untuk lebih mengenal All New Hyundai Tucson, berikut beberapa fakta menariknya:

Desain Eksterior Parametric Dynamics

SUV baru ini mewujudkan apa yang diinginkan oleh desainer Hyundai dan menyebutnya sebagai Parametric Dynamics.

Di mana detail bagian depan mobil mirip seperti permata sebagai indentitas baru dan berbeda dari Tucson sebelumnya.

Mobil ini memiliki lampu senja (DRL) LED yang tersembunyi di antara gril. Keduanya terlihat begitu menyatu, DRL hanya terlihat ketika dinyalakan saja.

Bagian samping Tucson memiliki banyak lekukan tajam yang membuatnya terkesan sporty dan bertenaga.

Kap mesin panjang dan garis atap datar ditambah dengan jarak sumbu roda panjang serta overhang pendek mencerminkan karakter dinamis.

Tampang samping All New Hyundai Tucson (Foto: HMC)

Tema desain kinetik hadir di bagian belakang, di mana lampu belakang yang lebar berkolaborasi dengan bentuk segitiga tersembunyi. Lampu ini hanya akan terlihat saat menyala, supaya terlihat serasi dengan DRL di bagian depan.

Menyempurnakan desain luar, logo Hyundai di bagian belakang ditempatkan berdampingan dengan kaca.

Sementara posisi wiper dipindahkan ke atas dan bersembunyi di balik spoiler atap belakang.

All New Hyundai Tucson versi mesin bensin ditawarkan dalam tujuh warna eksterior:

  • White Cream
  • Phantom Black
  • Shimmering Silver
  • Nocturne Grey
  • Amazon Grey
  • Flame Red
  • Intense Blue

Sedangkan versi hybrid dan plug-in hybrid menawarkan empat warna, antara lain

  • White Cream
  • Phantom Black
  • Shimmering Silver
  • Intense Blue

Interior All New Hyundai Tucson Menawarkan Ketenangan

Interior atau mereka menyebutnya ‘Interspace’ menawarkan perpaduan dua warna berbeda yaitu hitam dan abu-abu.

Materialnya pun demikian ada yang kain dan kulit. Ini semua memberikan nuansa tenang di kabin bagi pengemudi maupun penumpang.

Bagian dasbor dirancang sedemikian rupa sehingga tampak menyatu dengan dinding pintu. Fasia tengah berbentuk memanjang hingga ke konsol seperti layaknya air terjun.

Garis hiasan perak yang mengalir di fasia tengah hingga dasbor melengkapi kesan mewah pada kabin.

Terdapat pula pencahayaan di kabin yang dapat disesuaikan hingga 64 warna dalam 10 tingkat kecerahan.

Interior All New Hyundai Tucson (Foto: HMC)

Kabin merupakan tempat di mana teknologi terbaru Hyundai menyatu secara bersamaan.

Perusahaan menawarkan tiga teknologi baru, termasuk layar sentuh ganda 10,25 inci di konsol tengah tanpa tombol.

Kemudian sistem ventilasi udara (AC) memanjang, dan digital gauge cluster tanpa penutup.

Fitur-fitur ini menciptakan suasana berteknologi tinggi, segar dan menarik.

Jok baris kedua Tucson dapat diatur sesuai keinginan untuk mengoptimalkan jarak penumpang dan barang bawaan di kabin belakang.

Hyundai telah menyediakan ruang penyimpanan barang di belakang sebesar 10,9 meter kubik.

Mesin All New Hyundai Tucson

Setidaknya ada dua pilihan mesin yang ditawarkan yaitu mesin bensin Smartstream berkapasitas 2.5 liter, empat silinder, dan 1.6 liter, turbo, dengan sistem hybrid atau plug-in hybrid.

Mesin 2.5 liter memiliki perkiraan tenaga sebesar 187 hp dan torsi puncak 182 lb.-ft. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan untuk efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang sangat baik.

Sedangkan 1,6 liter hybrid menghasilkan sekira 177 hp dan torsi 195 lb.-ft. Jika mesin dan motor listrik bekerja bersamaan maka tenaga yang dihasilkan mencapai 26 hp dan torsi 258 lb.-ft. Mesin baru ini menggunakan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD) yang mengatur durasi pembukaan katup untuk daya, efisiensi, dan emisi yang minimal.

All New Hyundai Tucson (Foto: HMC)

Hyundai menerapkan teknologi E-Handling yang pertama di kelasnya untuk versi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicles (PHEV). Tujuannya membantu meningkatkan respons kemudi dan kestabilan saat menikung atau dalam kondisi berkendara di jalan rusak.

Pengemudi Tucson juga mendapatkan bantuan dari sistem penggerak semua roda HTRAC Hyundai yang memberikan kenyamanan berkendara di berbagai permukaan dan kondisi jalan.

HTRAC pada model sebelumnya hanya menawarkan mode mengemudi Eco, Comfort, Smart, Sport. Namun di versi terbaru ini ditambahkan mode lumpur, pasir dan salju.

Fitur Keselamatan All New Hyundai Tucson

Tucson menawarkan lebih banyak fitur keselamatan dari generasi sebelumnya. Rangkaian fitur keselamatan Hyundai SmartSense mencakup, Highway Driving Assist (HDA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) with pedestrian detection, Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA).

Tidak hanya itu saja, ada juga Blind-Spot View Monitor, Blind-Spot Collision Warning (BCW), Surround View Monitor, Reverse Parking Collision-Avoidance Assist (RPCA), Remote Smart Parking Assist (RSPA), High Beam Assist (HBA),dan Driver Attention Warning (DAW).

Fitur keselamatan Hyundai SmartSense (Foto: HMC)

All New Tucson juga tersedia dengan fitur teknologi canggih termasuk Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) with Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Advanced Smart Cruise Control (SCC) with Stop and Go dan Safe Exit Warning (SEW).

Perangkat Digital di All New Hyundai Tucson

Tucson menawarkan pengalaman digital terbaik di kelasnya yang mendukung beragam kebutuhan pelanggan termasuk konektivitas.

Hyundai Digital Key adalah aplikasi yang mengubah smartphone pelanggan menjadi kunci pintar. Ini menggunakan Near Field Communication (NFC) untuk mendeteksi pemilik mobil, sehingga mereka dapat mengoperasikan kendaraan tanpa kunci fisik.

Pemilik juga dapat mengunci dan membuka pintu kendaraan, mengaktifkan peringatan panik, dan menyalakan mesin.

Penyejuk udara kabin dibekali teknologi canggih (Foto: HMC)

Fitur Car-to-home memungkinkan pemilik kendaraan mengontrol peralatan rumah tangga dari mobil. Mereka dapat menyalakan pendingin ruangan sebelum sampai di rumah.

Selain itu, fungsi Multi-Command baru memungkinkan pelanggan untuk memanaskan mobil, termasuk mengaktifkan sistem penghangat kursi dengan satu perintah suara.

Penyejuk udara atau AC pada kabin Tucson terbaru telah dibekali dengan teknologi canggih yang dapat memantau kondisi udara di luar mobil, memurnikan udara yang masuk ke kabin, menjaga sistem AC tetap bersih dan bebas bau.

Hyundai Tucson N Line

Hyundai telah memperkenalkan banyak varian N Line dalam beberapa bulan terakhir. Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan Tucson N Line di pasar Eropa.

Untuk All New Tucson, Hyundai berencana menawarkan N Line secara global. Tanggal peluncurannya akan diumumkan dalam waktu dekat.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kendaraan Otonom Bakal Diterapkan di Ibu Kota Baru, Ini Keunggulannya

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts