HomeMobilAll New Kia Picanto Siap Debut Didukung APM Baru dari Grup Indomobil

All New Kia Picanto Siap Debut Didukung APM Baru dari Grup Indomobil

Kia Picanto GT, varian tertinggi All New Picanto di Indonesia

Jakarta – Gonjang-ganjing di tubuh manajemen Kia Indonesia telah usai setelah PT PT Kreta Indo Artha resmi mengambil alih Kia di Indonesia. Perusahaan patungan Indomobil Sukses Internasional ini menggantikan PT Kia Mobil Indonesia selaku agen pemegang merek. Gebrakan pertama yang dilakukan PT KIA di tahun ini antara lain merilis All New Picanto.

Kia Picanto terbaru datang dengan tampilan yang lebih mewah dari generasi sebelumnya. Desainnya lebih sporty dengan aksen air scoop besar di bumper berbentuk trapesium seperti Toyota. Mengacu pada situs resminya, Kia Picanto yang bermain di segmen city car tersebut hadir dalam dalam lima varian, yaitu EX M/T, EX A/T, GT Line M/T dan GT Line A/T.

Pembaruan ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau tanpa seremonial resmi. Sebab pada situs Kia Indonesia telah melakukan update spesifikasi menjadi All New Picanto. Pada generasi ketiga, city car ini dibekali mesin 1.248 cc dengan gril depan yang terlihat lebih sipit.

Picanto yang masuk Indonesia pada November 2019 kemarin, sebenarnya telah dijual di Eropa sejak 2017. Pada versi terbaru, Kia Picanto hadir juga dalam tipe GT yang merupakan sosok city car yang sporty. Hadirnya All New Picanto diharapkan bisa mengembalikan kejayaannya sebelum era LCGC.

All New Kia Picanto versi terbaru masih mengusung konsep city car hatchback compact. Dimensinya dari luar tak terlalu besar, namun kabinnya tetap nyaman dan lega serta dibekali dengan beragam fitur menarik. Di balik ukurannya yang mungil, Picanto masih memiliki bagasi belakang.

Picanto kini tidak akan dijual dalam jumlah banyak karena mobil tersebut memiliki segmentasi yang kian terbatas. Picanto pun berevolusi sebagai city car yang bisa dibilang eksklusif. Biar tidak makin penasaran, yuk, kita telusuri spesifikasi dan jeroan All New Kia Picanto.

All New Kia Picanto Punya Penampilan Bergaya Sporty

Kia Picanto X versi Eropa

All New Kia Picanto memiliki dimensi panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.495 mm. Jarak antar sumbu rodanya 2.400 mm dengan ground clearance 151 mm. Dimensinya yang kompak membuat pengguna tidak akan kebingungan dalam menempatkan mobil ini sebab tidak perlu area parkir yang luas.

Untuk keluaran terbaru, desain Picanto kini semakin sporty, dengan kesan city car Eropa yang kental. Gril depan Tiger Nose kini lebih sipit yang dipadukan dengan desain lampu utama melebar. Foglamp tetap pada posisi semula, tapi ukurannya lebih kecil dari pendahulunya.

Kemudian di buritan, terdapat perubahan desain lampu yang lebih melengkung ke dalam. Kemudian, ada lekukan mencolok pada bumper belakang untuk lampu mundur.

Penyegaran ini membuat penampilan Picanto lebih segar tanpa menghilangkan ciri khas desain utama city car tersebut. Desain Picanto ini konon mengikuti bahasa desain Kia Rio.

Sementara itu pada Picanto tipe GT Line ini dipercantik dengan desain pelek palang empat, sehingga membuat city car ini terlihat sporty dan futuristik. Untuk sistem pencahayaan pun kian modern, Picanto kini sudah menggunakan LED baik untuk lampu depan dan belakang.

Perbedaan antara Picanto tipe standar dan GT Line ialah adanya aksen warna merah pada beberapa bagian bodi. Picanto GT Line memiliki aksen merah pada grill, bumper, serta side skirt, hingga pelek dual tone yang membuatnya berkesan sporty.

Ukuran peleknya pun ikut naik dibandingkan Picanto sebelumnya. All New Picanto kini memakai pelek berukuran 15 inci pada model baru ini, di mana sebelumnya cuma 14 inci. Penggantian pelek ini membuat tinggi kendaraan bertambah 5 mm.

Interior All New Kia Picanto Kian Berkelas

Dasbor Kia Picanto GT dengan head unit bergaya floating serta AC digital.

Kesan simpel dan sporty terasa di bagian interior All New Kia Picanto. Dengan segmen pengguna dari kalangan anak muda, motif jok Picanto seri GT line mengadopsi warna hitam dan berpadu dengan warna merah.

Secara umum, Picanto masih mempertahankan model panel AC berbentuk bulat di atas cup holder. Bila diperhatikan, bentuk kisi-kisi AC pada Picanto tampak mirip seperti bentuk kisi-kisi AC milik MINI Cooper Countryman.

Head unit Picanto yang berukuran cukup mini pun terpasang dengan gaya floating. Layar tersebut telah memiliki konektifitas smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto. Kemudian di bagian bawah blower AC, tersemat juga pengaturan AC secara digital.

Selanjutnya pada Picanto terbaru ini terdapat beberapa tambahan titik penyimpanan di dasbor kemudian di konsol antara dua kursi depan. Pada varian termahal yaitu GT Line telah memiliki sunroof dan juga ada kamera parkir berikut head unit sebesar 7 inci.

Kia Picanto GT interior punya aksen dual tone dengan corak merah

Soal penyimpanan barang bukan masalah bagi Picanto, sebab city car ini dilengkapi dengan bagasi di balik kursi belakang. Ukuran bagasi ini cukup untuk membawa tas ransel dan bawaan yang berukuran sedang. Apabila butuh penyimpanan lebih lega, kita tinggal melipat kursi belakang saja hingga rata lantai.

Performa Standar

Mesin Kappa 1.2 liter di Kia Picanto masih dipertahankan sampai sekarang

Picanto GT Line dan EX dibekali mesin Kappa 1,2 liter MPI Dual CVVT, yang sama seperti sebelumnya. Tenaga yang dihasilkan sebesar 87 Ps atau 85,8 Hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal hingga 12.2 kg.m di 4.000 rpm. Mesin ini pun tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan 4 percepatan otomatis.

Bila mengacu model 2017, Kia Picanto mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Sementara itu, catatan konsumsi bahan bakarnya relatif irit, 1 liter untuk jarak 12-19 km. Memang, tidak ada yang istimewa dari Picanto terbaru karena mesinnya masih sama dengan versi sebelumnya.

Keunggulan dari mesin 1.2 liter Kappa tersebut punya torsi puncak di putaran rendah, sehingga punya daya yang cukup saat perlu bermanuver di kemacetan. Namun, efisiensi bahan bakarnya juga tak jauh beda dengan mobil LCGC yang harganya lebih murah.

Fitur Keselamatan Jempolan

Sebagai city car dengan pasar utama di Eropa, Kia Picanto tentunya wajib memiliki fitur keselamatan yang mumpuni. Kelengkapan tersebut pun tidak banyak mengalami pemangkasan ketika masuk Indonesia.

Picanto bisa dibilang sebagai city car dengan fitur keselamatan yang oke di Indonesia. Tidak heran bila harganya pun sudah tembus di atas Rp200 jutaan.

Fitur Keselamatan All New Kia Picanto

  • Emergency Stop Signal
  • ABS plus Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Electronic Stability Control (ESC) dengan Brake-Assist System (BAS), Hill Assist Control (HAC) dan Vehicle Stability Management (VSM)
  • ISOFIX Child Seat Top Tethers & Anchor Fixings
  • Seatbelt tiga titik
  • Seatbelt Pre-tensioner & Load-limiter
  • Speed Sensing Auto Door Locking
  • Impact Sensing Auto Door Unlocking
  • Engine Immobiliser
  • Child Safety Rear Door Locks
  • Side Impact Protection System

Harga All New Kia Picanto 2019

PT KIA menawarkan harga All New Kia Picanto dengan empat varian, yakni:

  • EX MT: Rp 205.500.000
  • EX AT: Rp 220.500.000
  • GT MT: Rp 217.500.000
  • GT AT: Rp 232.500.000.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: DimasĀ 

Baca Juga:

Sah, Anak Perusahaan Indomobil Group Jadi Distributor Mobil Kia

PT Smart Mulia Abadi dirikan diler baru Vespa dan Piaggio di Surabaya
Previous post
Datang ke Diler Vespa di Surabaya Ini Gratis Servis Sampai Tahun Baru
Next post
Terkait Recall Xpander, Bos Mitsubishi Berpesan Kepada Pelanggan di Indonesia