Home » Sample Blog » Meluncur Pekan Depan di India, Ini Istimewanya Suzuki Ertiga Buatan Maruti

Meluncur Pekan Depan di India, Ini Istimewanya Suzuki Ertiga Buatan Maruti

suzuki ertiga buatan Indonesia
All New Ertiga menjadi salah satu produk unggulan PT SIS di GIIAS 2018 (Z)

Mumbai – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang dipercaya oleh Suzuki Motor Corporation, Jepang untuk memproduksi sekaligus memasarkan All New Suzuki Ertiga. Kini giliran India mendapatkan kesempatan yang sama.

Beredar kabar, All New Suzuki Ertiga bakal diluncurkan di sana (India) pada 21 November 2018 mendatang. Sama seperti di Indonesia, Ertiga untuk pasar India juga sudah diproduksi lokal. Meski belum resmi meluncur, tapi Maruti Suzuki India Limited selaku agen pemegang merek Suzuki di India sudah memberikan sedikit bocoran mengenai spesifikasi MPV terbarunya itu.

Diberitakan Indianautosblog, Suzuki Ertiga generasi kedua yang dipasarkan di India tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu bensin K15B 1,5 litre VVT dan D13A 1,3 litre DDIS200 turbo-diesel. Menariknya kedua mesin sudah dilengkapi dengan sistem hybrid ringan Smart Hybrid Vehicles by Suzuki (SHVS).

Selain itu, Maruti Suzuki juga menawarkan transmisi manual lima percepatan sebagai standar dan juga transmisi otomatis empat percepatan khusus Ertiga bensin.

Baca juga: Suzuki Ertiga di Indonesia MPV Murah, di India Jadi Mobil Mewah

Mesin bensin 1.5 liter diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 104,7 PS dan torsi puncak 138 Nm. Sementara mesin diesel 1,3 liter bertenaga 90 PS dan torsi 200 Nm. Bila berkaca dari dua pilihan mesin itu, All New Ertiga untuk pasar India begitu istimewa ketimbang yang sudah mengaspal di Indonesia.

Mengapa demikian? karena di Indonesia All New Ertiga hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin saja yaitu bensin 1,5 liter, itu pun tidak dibekali sistem SHVS.

Indonesia memang pernah menjual Ertiga mesin diesel, sayangnya varian itu kurang mendapat sambutan positif dari konsumen sehingga PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan berhenti menjualnya.

Di India nanti,Maruti menawarkan Suzuki Ertiga dalam empat tipe, L, V, Z, dan Z + trim. Pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini datang dengan beberapa pilihan warna cat mulai dari Pearl Metallic Auburn Red, Metallic Magma Grey, Pearl Metallic Oxford Blue, Pearl Arctic White, dan Metallic Silky Silver.

Suzuki Ertiga 2018 diproduksi di pabrik milik Suzuki di Gurgaon, Haryana. Sekira 100 unit keluar dari jalur produksi setiap hari. Belum diketahui berapa harga jualnya untuk pasar India, namun pemesananya sudah mulai dibuka sejak beberapa hari lalu.

All New Suzuki Ertiga Jadi MPV Premium di India

Rencananya bila sudah meluncur Maruti Suzuki India Limited akan memasarkan All New Suzuki Ertiga lewat dealer mobil mewah, NEXA. Selama ini Suzuki Ertiga dijual di dealer biasa. Mobil keluarga berlambang S ini di India masuk ke segmen mobil premium sejajar dengan mobil mewah lainnya yang dipasarkan di India.

NEXA sendiri merupakan dealer yang khusus melayani penjualan mobil premium dari Maruti Suzuki yang hadir sejak Juli 2015 .

Baca juga: Ekspor All New Suzuki Ertiga ke Filipina, Siap Tembus Target 12.000 Unit

Ertiga menjadi produk Suzuki ke-5 yang masuk dalam golongan mobil mewah. Sebelumnya sudah ada Suzuki S-Cross, Baleno, Ignis dan Ciaz. Demikian seperti dilansir dari CarDekho. Sementara untuk pasar Indonesia, All New Suzuki Ertiga berada di segmen low MPV dengan harga jual masih terjangkau dan kompetitif.

Jadi lebih istimewa mana Ertiga baru di India atau di Indonesia? (Santo/Zie)

 

Previous post
Adira Finance Berikan Kredit DP 0% Bukan untuk Perorangan
all new toyota corolla altis
Next post
Foto All New Toyota Corolla Altis Bocor Sebelum 'World Premiere'