Berita

All New Toyota Aqua Bisa Jadi Sumber Listrik Saat Mati Lampu

JakartaToyota Motor Corporation (Jepang) meluncurkan generasi terbaru mobil hybrid All New Aqua. Punya wujud kompak mirip Yaris, mobil ini juga dikenal dengan nama Prius City di sejumlah negara.

Toyota All New Aqua Eksterior Depan

(Foto: Toyota Global)

Dirangkum dari laman resmi Toyota Global, Rabu (21/7/2021) All New Aqua hadir dengan teknologi baterai bipolar nickel hydrogen.

Berbeda dengan baterai nickel hydrogen yang ada di model sebelumnya, baterai baru ini menawarkan output lebih besar dua kali lipat.

Pengalaman berkendara juga ikut meningkat sebagai hasil dari pengembangan tersebut. Salah satunya, kemampuan mobil yang bisa berakselerasi dengan lebih lembut.

Tak kalah menarik, baterai baru All New Aqua juga memungkinkan mobil menjadi sumber listrik yang independen tanpa harus menyalakan mesin pembakaran internalnya.

Produsen menilai kemampuan ini membuat All New Aqua akan sangat bermanfaat di berbagai macam skenario kehidupan urban, semisal saat terjadi pemadaman listrik.

Eksterior Belakang Toyota Aqua 2021

(Foto: Toyota)

Kemampuan tersebut ditunjang dengan soket listrik AC100 V/1.500 W ditambah power supply emergency untuk membantu menyalurkan listrik ke barang-barang elektronik.

Sedangkan untuk performanya, baterai didampingi mesin 1.500cc Dynamic Force Engine. Toyota menyampaikan,dari kombinasi sumber tenaga tersebut, mobil ini bisa mencapai tingkat konsumsi bahan bakar 35,8 km/liter.

Dalam hal fitur, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense.

Selain itu, All New Aqua juga menjadi mobil kompak pertama Toyota yang mengadopsi teknologi Teammate Advanced Park and Parking Brake Support yang merupakan sistem parkir otomatis.

Toyota Teammate Advanced Park

Toyota Teammate Advanced Park (Foto: Toyota)

Walau begitu, pengendara tetap harus menaruh kakinya di pedal rem.

Mobilhatchback ini dibangun menggunakan platform TNGA (GA-B), sama seperti generasi sebelumnya, tapi wheelbase ditarik 50 mm lebih panjang guna menghadirkan kabin yang lebih lapang.

Interior Toyota All New Aqua

(Foto: Toyota)

Harga

Pabrikan menargetkan menjual mobil ini sebanyak 9.800 unit setiap bulan di Jepang.

Menurut jadwal, mobil ini akan mulai mendarat di diler pada 24 Juli 2021.

Di pasar domestik, All New Toyota Aqua dipasarkan dengan harga mulai dari 1,980 juta yen atau sekira Rp262,2 juta sampai 2,598 juta yen atau Rp344,1 jutaan.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *