Home » Produk » Alternatif Motor Murah Selain Yamaha N-Max, Masih Ada Yamaha Lexi, Kok!

Alternatif Motor Murah Selain Yamaha N-Max, Masih Ada Yamaha Lexi, Kok!

Yamaha Lexi, keluarga skuter Maxi Yamaha
Yamaha Lexi, keluarga skuter Maxi Yamaha

Jakarta – Sepeda motor matik saat ini menjadi primadona baru masyarakat Indonesia untuk beraktifitas. Salah satu sepeda motor yang saat ini sedang laris manis di pasaran adalah Yamaha NMax. Sayangnya, bagi sebagian orang dimensi Yamaha NMax ini dinilai terlalu besar. Tapi, masih ada Yamaha Lexi yang punya dimensi lebih kecil.

Sehingga sulit untuk melakukan manuver di tempat sempit. Selain itu, bobotnya pun juga lumayan berat. Tak heran jika banyak orang mencari alternatif lain. Lantas, apa pilihan lain selain Yamaha NMax ini?

Yamaha Lexi ini merupakan sepeda motor matik dengan dimensi yang lebih kompak dari NMax. Kira-kira, seperti apa motor yang satu ini? Bagaimana fitur yang dimilikinya, apakah sesuai dengan harganya?

Spesifikasi Yamaha Lexi

Jika dilihat secara kasat mata, Yamaha Lexi ini memiliki desain yang serupa dengan NMax. Bedanya Lexi terlihat lebih ramping pada bagian bodi. Selain itu, kapasitas mesinnya pun berbeda dengan NMax. Jika Yamaha NMax memiliki mesin 150 cc, Yamaha Lexi hanya menggendong mesin berkapasitas 125 cc. 

Lexi S

Lebih tepatnya mesin tersebut berkapasitas 124,7 cc, 1 silinder, 4 tak, SOHC berpendingin air alias memakai radiator. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 11,7 hp dengan torsi maksimal di angka 11,3 Nm. Tenaga mesin tersebut rasanya lebih dari cukup untuk kebutuhan di perkotaan yang cenderung memiliki karakter stop n go.

Tampilan Yamaha Lexi

Yamaha Lexi dibuat dengan konsep baru dari kategori Maxi di keluarga sepeda motor Yamaha. Konsepnya luxury atau mewah dan elegan. Makanya dimensinya dibuat lebih kompak dan ringan dibanding dengan Yamaha NMax. Sehingga cocok bagi mereka yang menyukai sepeda motor dengan dimensi dan bobot yang tidak terlalu besar.

Style ataupun penampilan Lexi juga mengikuti gaya dari keluarga Maxi Yamaha yang lainnya. Pada edisi khusus MAXI Signature untuk varian Lexi S tampil dengan warna Matte Black yang merupakan warna iconic (ciri khas) MAXI dilengkapi sentuhan aksen emas. Warna baru pada Lexi S mengusung konsep modern, elegant dan luxury yang merupakan karakter segmen MAXI Yamaha.

Salah satu yang menjadi kelebihannya adalah lantainya yang rata atau biasa disebut flatdeck. Sebab, di dek tengah kita bisa membawa barang-barang berat atau berukuran besar misalnya saja ransel, karung beras, tabung gas LPG 3 kg, atau bahkan dua buah galon di sisi kiri dan kanan dek. Pijakan kaki yang memanjang bisa mengurangi pegal di kaki saat perjalanan jauh.

Yamaha Lexi S sebagai tipe tertinggi (Foto: Carmudi)

Lexi juga memiliki fitur Electric Power Socket yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel selama di perjalanan. Bahkan, fitur ini baru tersedia pada pada All New NMax dan belum tersedia di NMax generasi pertama. Fitur Keyless pada Lexi S juga membuat skutik ini menjadi selangkah lebih canggih dan tentunya lebih aman dari risiko dibobol maling.

Selebihnya, fitur yang diusung Lexi sama seperti NMax versi lawas seperti ban tubeless, lampu hazard, kemudian suspensi belakang Sub-tank untuk tipe Lexi S. Karakter suspensi sub-tank bantingannya lumayan empuk dan pastinya tidak membuat pengendara sakit pinggang.

Bagasi Lebih Kecil

Yamaha Lexi hadir dengan banyak keunggulan dari sisi fitur maupun performa mesin. Namun demikian skutik ini juga memiliki kelemahan di sektor volume bagasi. Ya, bagasi Lexi masih kalah besar dibanding dengan Yamaha NMax atau Freego sekalipun.

Bagasi Yamaha Lexi
Bagasi Yamaha Lexi. Foto: Istimewa

Yamaha membuat kompartemen bagasi Lexi di bawah joknya bisa menampung barang sampai 12,8 liter karena harus berdampingan dengan tangki bensin. Apabila dibanding NMax (25 liter), ternyata bagasi adik Nmax ini lebih kecil. Bagasi Lexi hanya bisa menyimpan sebuah helm half face atau jas hujan saja.

Kita tidak menyimpan sepasang helm half face di bagasi Lexi, sehingga salah satunya perlu digantung di dek. Lebih repot lagi bila ingin isi bensin, sebab kita perlu membuka jok dan turun dari motor. Beda cerita kalau kita mengendarai NMax, bisa langsung isi bensin karena tangki dan lubang pengisian ada di dek tengah.

Bagasi Lexi hanya bisa menyimpan sebuah helm half face atau jas hujan saja. Kita tidak bisa menyimpan sepasang helm half face di bagasi Lexi, sehingga salah satunya perlu digantung di dek. Lebih repot lagi bila ingin isi bensin, sebab kita perlu membuka jok dan turun dari motor. Beda cerita kalau kita mengendarai NMax, bisa langsung isi bensin karena tangki dan lubang pengisian ada di dek tengah. 

Fitur Yamaha Lexi

Jika melihat tampilan depannya, Lexi ini sudah dibekali dengan lampu LED berwarna putih yang terlihat kekinian. Di atasnya terdapat windshield atau penahan angin yang ukurannya kecil. Biasanya para pemilik bisa menggantinya dengan buatan aftermarket dengan ukuran yang lebih tinggi.

Speedometer dari Yamaha Lexi ini sudah memakai model full digital. Panel instrumen ini sangat informatif bagi pengendara karena terdapat beberapa indikator. Mulai dari kecepatan, rpm, jam, jarak tempuh, indikator bbm, dan konsumsi bbm. Ada juga pengingat waktu servis, indikator lampu jauh, indikator kunci, mesin, dan indikator suhu mesin jika suatu saat bermasalah.

Speedometer Yamaha Lexi (Foto: Carmudi)

 

Mirip Aerox

Sayangnya, panel digital ini sama dengan punya Yamaha Aerox. Bagi sebagian orang desainnya dianggap jelek dan kurang asyik dipandang. Tapi bagi mereka yang suka dengan model digital, sebenarnya oke juga kok.

Duduk di jok Yamaha Lexi dirasa jauh lebih baik ketimbang duduk di jok Yamaha NMax yang berdimensi lebar. Sehingga penumpang belakang tak perlu ‘ngangkang’ untuk duduk, efeknya tentu akan jauh lebih nyaman duduk di Lexi ketimbang di NMax. 

Suspensi yang digunakan memakai model sub-tank, atau sokbreker dengan tabung. Suspensi ini dirancang untuk mendukung performa berkendara yang lebih nyaman di berbagai kondisi jalan. Ditambah lagi tabung sokbreker tersebut berkelir emas, terlihat mewah dan keren.

Dek Yamaha Lexi (Foto: Carmudi)

Di dekat setang, Yamaha memberikan fitur electric power socket yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget. Pengguna bisa melakukan pengisian daya gadget sembari melakukan perjalanan. Lanjut lagi, kuncinya pun sudah memakai model keyless. Alias nggak perlu lagi anak kunci. 

Kunci keyless ini juga memiliki fitur immobilizer dan answer back system yang bisa digunakan untuk mencari posisi parkir motor saat di parkiran. Masih ada lagi, yaitu fitur lampu hazard. Fitur ini menjadi standard mengingat UU No.22 Tahun 2009 Peraturan Lalu Lintas Pasal 121 Ayat 1. Fitur lain yang bisa kamu dapatkan adalah mesin.

Mesin Yamaha Lexi sudah mengadopsi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Hal ini membuat performa tenaga mesin Lexi lebih terjaga dan torsi maksimumnya akan lebih baik. 

Fitur terakhir yang akan didapatkan oleh pengguna adalah smart motor generator (SMG) dan start&stop system (SSS). SMG membuat starter motor menjadi lebih halus, sementara SSS mampu mematikan mesin pada saat motor berhenti di kemacetan. Sehingga konsumsi bahan bakarnya pun akan terjaga karena bensin tidak terbuang percuma. 

Varian dan Harga Yamaha Lexi

Bagi yang berniat membeli Lexi, ada baiknya  memahami dulu varian yang ditwarkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku produsen. Lexi ditawarkan dalam 3 varian yakni Lexi tipe standard, Lexi tipe S dan Lexi tipe ABS. Ketiganya memiliki harga yang berbeda pula. 

Untuk Lexi tipe standard dibanderol Rp21,3 jutaan, Lexi tipe S dibanderol Rp24,4 jutaan dan Lexi tipe ABS dibanderol Rp27 jutaan. Lalu dimana letak perbedaannya? Untuk tipe ABS warna yang ditawarkan hanya satu, yakni hitam dengan velg berkelir warna emas. 

Yamaha Lexi ABS
Lexi S ABS dibanderol Rp 25,8 juta, foto website Yamaha usai launching

Untuk tipe S ditawarkan dengan 4 varian warna. Mulai dari matte black, matte blue, matte red dan white. Tipe S juga memakai velg dengan warna emas, sehingga cukup mudah membedakannya. Sedangkan Lexi tipe standard hanya memakai velg berwarna hitam saja. 

Selain itu, tipe standard juga belum dibekali dengan kunci keyless dan suspensinya berwarna hitam dan belum memakai model sub-tank. Hal inilah yang menjadi kekurangan dari tipe standard. Tetapi, tipe standard ini sudah memiliki kenyamanan yang sangat baik. 

Kesimpulan

Bagi mereka dengan dana terbatas, namun ingin sepeda motor mirip Yamaha NMax si Lexi ini bisa menjadi alternatifnya. Selain desainnya mirip, harganya pun lebih terjangkau beberapa juta dibanding NMax. 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Lesmana

 

Previous post
Tak Mau Kalah dari Fortuner, Nissan Siapkan Terra Terbaru
Next post
Hyundai Berterimakasih Kepada Pemerintah RI Selama Masa Covid-19 Bisa Terus Bangun Pabrik