Home » Berita » Antisipasi Kepadatan Kendaraan Saat Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan

Antisipasi Kepadatan Kendaraan Saat Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan

Truk Jalan tol
Kemacetan di ruas tol banyak disebabkan oleh laju truk besar yang pelan. Foto/Ilustrasi.

Jakarta – PT Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad telah melakukan persiapan layanan operasional Lebaran 2020. Tujuannya untuk memastikan pengguna jalan tol khusunya di Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Cengkareng, JORR. Serta Cipularang dan Padaleunyi​ dapat terlayani dengan baik saat lebaran.

“Layanan operasional jalan tol meliputi Layanan Transaksi, Layanan Lalu Lintas, Layanan Konstruksi dan Layanan Tempat Istirahat akan tetap kami jaga performanya. Yaitu dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19. Termasuk penggunaan alat pelindung diri bagi para petugas di lapangan, guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan,” tegasnya.

Dalam hal kepadatan lalu lintas, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Dilakukan di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan seperti:

1. Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan memberlakukan one way barrier gate

2. Pada Jalan Tol Jagorawi, akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way dan contra flow pada KM 44+600 s.d KM 46+400 arah Ciawi dan Sukabumi;

3. Jika kepadatan lalu lintas menuju Cikampek, lalulintas akan dialihkan melalui Tol Tanjung Priok dan Arteri Tomang untuk melanjutkan menuju Cikampek.

4. Kepadatan kendaran di Jalan Tol Cipularang, maka akan diberlakukan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan. Mulai dari Simpang Susun Sadang sampai dengan Jalan Industri sepanjang 7,5 km secara situasional.

Selain itu Jasa Marga juga menyiapkan strategi dan upaya percepatan penanganan gangguan di lajur, melakukan pengamanan pada lokasi rawan gangguan Kamtibmas, dan memastikan kendaraan layanan jalan tol berserta sarana prasarana dalam kondisi baik.

Pihaknya juga bakal memastikan layanan di rest area telah memenuhi protokol penanganan Covid-19.

Check Point

Terkait dengan adanya larangan mudik dari Pemerintah, Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menyiapkan lokasi check point di Simpang Susun Bitung.

“Pengecekan dilakukan pada Simpang Susun Bitung Jalan Tol Jakarta-Tangerang sejak diumumkannya Larangan Mudik, namun demikian sejak tanggal 12 Mei 2020, lokasi check point Bitung di pindahkan ke Gerbang Tol Cikupa yang dikelola oleh Marga Mandala Sakti,” ujar Nasrullah General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti instruksi Pemerintah dalam implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk tetap di rumah saja, tidak mudik dan tidak piknik untuk memutus penularan Covid-19. Jika harus keluar rumah untuk kebutuhan mendesak, agar tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan gunakan alat tapping e-toll untuk transaksi di gerbang tol.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Harga Spesial dari KTB untuk Konsumen yang Servis Truk Mitsubishi Fuso
Mobil Tua
Next post
Mobil Nostalgia, Ini 10 Mobil Lawas yang Tetap Dicari Penggemar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *