Home » Berita » Antrean SIM Membludak Sejak Pukul 3 Pagi

Antrean SIM Membludak Sejak Pukul 3 Pagi

Lokasi sim keliling
Lokasi sim keliling di Jakarta

Jakarta – Beberapa lokasi Samsat di Jakarta sudah mulai beroperasi untuk melayani perpanjangan SIM. Hingga saat ini, baru lima lokasi perpanjang SIM yang dibuka. Karena besarnya antusias masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM, akibatnya antrean pun membludak.

Para pemohon terpantau sudah membuat antrean sejak pukul 03.00 WIB. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hal tersebut dikarenakan tingginya animo masyarakat. Banyak masyarakat yang takut karena masa berlaku SIM habis saat pandemi.

“Antrean ini memang karena animo masyarakatnya sendiri untuk SIM sangat besar,” buka Sambodo dilansir dari laman NTMC Polri. Antrean yang sudah membludak ini pun membuat Polisi harus turun tangan untuk memberikan nomor antrean. Kini pihak Kepolisian memberikan kupon berdasarkan urutan antrean.

“Banyak dari pemohon sudah antre untuk mendapatkan kuota. Setelah mendapat kuota, mereka menunggu pelayanan proses foto dan pencetakan SIM,” sambungnya.

Samsat Kebon Nanas contohnya. Di Samsat tersebut, antrean terpantau sudah ramai sejak pukul 02.30 WIB.

Pemohon SIM sudah antre sejak dini hari, masjid At-Tin Jakarta Timur, photo: Nusantara TV
Pemohon SIM sudah antre sejak dini hari, masjid At-Tin Jakarta Timur. (Foto: Nusantara TV)

Antrean SIM Membludak di Sejumlah Gerai SIM

Pemohon ini sudah mulai memadati Satpas tersebut karena takut tidak kedapatan antrean. Pihak Kepolisian sendiri saat ini membatasi jumlah pemohon agar tidak terlalu banyak. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi kerumunan masyarakat atas anjuran protokol kesehatan pandemi Covid-19. Selain Samsat Jakarta Timur, gerai Samsat lain terpantau mengalami hal yang sama.

Seperti di SIM Keliling Masjid At Tin TMII, Jaktim juga terlihat antrean pemohon tampak mengular. Padahal pihak Kepolisian sendiri telah memberikan dispensasi kepada masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada periode 17 Maret – 29 Mei 2020. SIM yang mati di periode tersebut masih dapat diperpanjang.

“Jajaran Satpas Polda Metro Jaya memberikan pelayanan perpanjangan SIM setelah tanggal 29 Mei 2020,” kata Kompol Lalu Hedwin, Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Perpanjangan SIM Selama Masa PSBB, Tidak Perlu Buru-buru

Previous post
Perpanjangan SIM Selama Masa PSBB, Tidak Perlu Buru-buru
Next post
PSBB Transisi di Jakarta, Kapasitas Penumpang di Mobil Tidak Dibatasi Lagi