Sumber informasi

Apa Itu SWDKLLJ pada STNK? Santunannya Sampai Rp50 Juta

Apa itu SWDKLLJ pada STNK? Pertanyaan tersebut mungkin sempat terlintas di benak Carmudian ketika melihat halaman belakang lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Karena seperti diketahui, di halaman tersebut kita bisa melihat biaya-biaya yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan setiap tahunnya.

Apa Itu SWDKLLJ pada STNK

SWDKLLJ akan sangat bermanfaat bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan. (Foto: Blcakburn and Green)

Dari yang paling atas biasanya tertera Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Kemudian di bawahnya ada Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Administrasi STNK, dan Biaya Administrasi TNKB alias plat nomor.

Mayoritas tagihan-tagihan tersebut sudah bisa ditangkap peruntukannya hanya dengan melihat namanya.

Tapi masih ada satu lagi yang mungkin banyak belum diketahui orang, yaitu Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ).

Apa Itu SWDKLLJ pada STNK?

SWDKLLJ bisa dibilang adalah asuransi yang diwajibkan oleh pemerintah bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Tapi asuransi ini berbeda dengan mayoritas asuransi yang ada.

Pada prinsipnya, asuransi bisa dibilang adalah pengalihan risiko terhadap aset atau diri kita. Jika ada kejadian buruk yang menimpa maka pihak asuransi akan mengganti kerugiannya.

Asuransi SWDKLLJ tidak bekerja seperti itu. Sebaliknya, premi yang dibayar oleh setiap pemilik kendaraan bermotor bertujuan untuk melindungi pengguna jalan lain.

Sebagai contoh, andaikan suatu saat pemilik kendaraan menabrak, misalnya pejalan kaki, pesepeda, atau bahkan kendaraan lain dan timbul korban jiwa, maka pihak lain yang menjadi korban bisa mendapatkan asuransi SWDKLLJ tersebut.

Unik bukan?

Sebagian pemilik kendaraan mungkin merasa tidak rela karena dirinya harus membayar asuransi yang justru melindungi orang lain. Tapi ini sudah menjadi kewajiban, Carmudian.

Hal tersebut didasari pemikiran setiap kendaraan yang berada di jalan raya memiliki potensi risiko bahaya bagi pihak lain. Maka itu iuran SWDKLLJ menjadi suatu bentuk tanggung jawab sosial dari pemilik kendaraan.

Pengelola Dana SWDKLLJ

Sampai di sini Carmudian sudah mengetahui apa itu SWDKLLJ pada STNK secara sekilas. Tapi sebenarnya masih banyak aspek yang juga perlu dipahami, misal besarnya biaya SWDKLLJ dan bagaimana cara klaim asuransi Jasa Raharja.

Ya, PT Jasa Raharja (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola iuran SWDKLLJ. Perusahaan ini berkantor pusat di Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Tapi memiliki kantor cabang di setiap ibukota provinsi.

Apa itu SWDKLLJ pada STNK

Kantor Jasa Raharja Pusat di Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan (Foto: FB Jasa Raharja)

Selain itu mereka juga memiliki kantor perwakilan di tingkat kota atau kabupaten. Menurut pengamatan Carmudi, kita juga bisa menjumpai petugas Jasa Raharja di setiap kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Di telinga masyarakat umum bisa jadi nama PT Jasa Raharja (Persero) tak seakrab perusahaan-perusahaan asuransi swasta. Padahal kalau melihat sejarahnya, perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1960.

Lahirnya perusahaan plat merah yang satu ini diawali upaya nasionalisasi sejumlah perusahaan Belanda oleh pemerintah Republik Indonesia.

Langkah itu dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.6 tahun 1960 tentang Penentuan Perusahaan Asuransi Kerugian Belanda yang dikenakan Nasionalisasi.

Nama yang digunakannya sempat beberapa kali mengalami perubahan. Menurut situs web resminya, nama Jasa Raharja sendiri baru dipakai tahun 1965.

Kembali lagi ke SWDKLLJ. Karena sifatnya wajib maka sudah semestinya ada payung hukum yang mengatur iuran tersebut.

Hal itu bisa dijumpai dalam Undang-undang No. 34 Tahun 1964 Jo. PP No. 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Untuk diketahui, selain SWDKLLJ sebenarnya PT Jasa Raharja (Persero) juga mengelola dana Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) yang diatur Undang-undang No. 33 tahun 1964.

Tapi iuran yang satu ini khusus untuk kendaraan penumpang umum alias plat kuning. Jadi untuk sementara ini kita kesampingkan dulu pembahasannya.

Tarif SWDKLLJ Terbaru di STNK

Pembayaran tarif SWDKLLJ dilakukan setiap tahun berbarengan dengan pembayaran pajak tahunan kendaraan. Carmudian juga akan dikenakan denda apabila mengalami keterlambatan.

Penerapan denda SWDKLLJ berbeda dengan denda PKB.

Seperti diketahui, besarnya denda PKB tidak langsung seratus persen melainkan bertahap. Pada bulan pertama, denda PKB adalah 25% dari pokok pajak kendaraan tersebut. Kemudian di bulan-bulan berikutnya denda akan ditambah 2%.

Di lain sisi, besarnya denda SWDKLLJ adalah 100% sejak hari pertama keterlambatan. Maka itu pemilik kendaraan disarankan untuk tidak menunda-nunda pembayaran pajak kendaraan bermotornya.

Nah, untuk besarnya tarif SWDKLLJ itu sendiri sangat variatif tergantung dari golongan kendaraannya. Menurut informasi, ada sembilan golongan tarif SWDKLLJ seperti yang bisa Carmudian simak di bawah ini.

  • Gol. A Rp3.000 – Sepeda motor 50 cc ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah dan mobil pemadam kebakaran
  • Gol. B Rp23.000 – Traktor, bulldozer, forklift, mobil derek, excavator, crane dan sejenisnya
  • Gol. C1 Rp35.000 – Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 cc s/d 250 cc dan kendaraan bermotor roda tiga
  • Gol. C2 Rp83.000 – Sepeda motor dan skuter di atas 250 cc
  • Gol. DP Rp143.000 – Pick up/mobil barang s/d 2.400 cc, sedan, jeep, dan mobil penumpang bukan angkutan umum
  • Gol. DU Rp73.000 – Mobil penumpang angkutan umum s/d 1.600 cc
  • Gol. EP Rp15.3000 – Bus dan microbus bukan angkutan umum
  • Gol. EU Rp90.000 – Bus dan microbus angkutan umum, serta mobil penumpang angkutan umum lainnya di atas 1.600 cc
  • Gol. F Rp163.000 – Truck, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 cc, truck container, dan sejenisnya

Cara Mendapat Asuransi Jasa Raharja

Cara Mendapat Santunan Jasa Raharja

Cara Mendapat Santunan Jasa Raharja (Foto: IG Jasa Raharja)

Dalam Undang-undang No. 34 Tahun 1964 dijelaskan siapa saja yang berhak menerima santunan asuransi. Tapi mesti diakui, butuh waktu untuk mencernanya jika melihat langsung penjelasan yang dituangkan di sana.

Untuk itu Carmudi coba rangkum, mereka yang berhak menerima asuransi adalah:

  • Korban kecelakaan yang berada di luar kendaraan penyebab kecelakaan
  • Mereka yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak

Dijelaskan pula pihak-pihak yang tidak dijamin oleh asuransi ini, antara lain:

  • Pengemudi dan penumpang kendaraan penyebab kecelakaan
  • Pejalan kaki atau pengguna jalan yang sengaja menerobos pintu kereta api saat sedang difungsikan

Untuk diingat, SWDKLLJ Jasa Raharja merupakan asuransi jiwa. Karena itu besarnya ganti rugi didasari kondisi dari korban kecelakaan.

Bukan seberapa parah kerusakan kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Adapun besarnya santunan yang diberikan berdasarkan keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: KEP.16/ PMK.010/2017 tanggal 13 Februari 2017 adalah sebagai berikut.

  • Meninggal Dunia Rp50.000.000
  • Cacat Tetap (Maksimal) Rp50.000.000
  • Perawatan (Maksimal) Rp20.000.000
  • Biaya Penguburan (jika tak ada ahli waris) Rp4.000.000
  • Penggantian Biaya P3K Rp1.000.000
  • Penggantian Biaya Ambulans Rp500.000

Sayangnya, Carmudi tidak menemukan detail syarat atau langkah-langkah pengajuan asuransi ini di situs web resmi. Tapi sebagai gantinya, PT Jasa Raharja (Persero) menyediakan halaman khusus pengajuan klaim secara online melalui link berikut ini.

Selain itu, juga ada contact centre yang bisa dihubungi di nomor 1500020 dan SMS centre di nomor 081210500500.

Semoga saja Carmudian sudah bisa memahami apa itu SWDKLLJ pada STNK dan cara memanfaatkannya. Karena layanan yang diberikan bisa jadi sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *