Berita

Apa Kabar Datsun Indonesia?

Datsun telah menyatakan berhenti produksi pada November 2019 kemarin.

Jakarta – Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada November 2019 menyampaikan bahwa Datsun akan menghentikan produksi mobil di Indonesia. Rencananya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan menyampaikan secara resmi soal penghentian produksi pada Januari 2020.

Januari sudah berlalu, tapi sampai saat ini pihak Datsun masih belum juga mengeluarkan pengumuman penghentian produksi secara resmi. Menanggapi hal tersebut, Putu justru mengatakan bahwa informasi yang pernah ia sampaikan kala itu sudah bisa mewakili pemberitahuan jika benar mereka berhenti produksi.

“Kalau Datsun itu kan kemarin (November 2019) itu sudah sangat jelas kalau mereka akan berhenti produksi mobil. Kalau resminya kemarin itu karena sudah di-publish Datsun memang berhenti produksi,” ungkap Putu di sela acara Bincang Pintar Kemenhub, Kemenperin, Media dan Isuzu di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Sementara itu terkait jualan, Putu mengatakan tidak mengetahui pasti apakah merek Jepang itu masih menjual produknya atau tidak, meski pabrik sudah tidak beroperasi lagi.

“Kalau jualan saya enggak tahu. Tapi yang jelas sekali bahwa tanggung jawab after sales market itu yang tetap berjalan,” terang Putu.

Menurut rumor yang Carmudi dapat bahwa Datsun masih akan tetap berjualan mobil di Indonesia. Hanya saja mobil yang dipasarkan didatangkan dalam bentuk utuh dari India. Lantas Carmudi mencoba meminta konfirmasi terkait hal tersebut, namun lagi-lagi Putu menjawab tidak tahu.

“Yang itu (impor dari India) belum, saya enggak tahu,” pungkas Putu.

Strategi Pemasaran

Tak lama setelah isu mengenai Datsun berhenti produksi, Head of Communication NMI Hana Maharani akhirnya memberikan tanggapan. Dirinya hanya mengatakan bahwa saat ini perusahaan ingin mengubah strategi dalam memasarkan kendaraan di Tanah Air. Di samping itu juga supaya dapat bersaing dengan merek mobil lain di masa mendatang.

“Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi sebagai bagian dari rencana ini. Kami melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan kami di masa depan,” ungkap Hana dalam keterangan resminya.

Soft launch Datsun GO Panca 2014 silam.

Strategi baru yang tengah disiapkan oleh NMI, lanjut Hana merupakan bagian dari komitmen Nissan untuk bisa terus eksis dan melayani seluruh pelanggan di Tanah Air.

“Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Datsun telah mulai menancapkan taringnya di Indonesia pada 2014 silam. Saat ini Datsun punya tiga produk yang ditawarkan ke konsumen di Indonesia, Datsun GO, Datsun GO+, dan Datsun Cross.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Nissan Lebih Pilih Hidupkan Datsun di India Ketimbang Indonesia dan Rusia

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts

Comments are closed.