Sumber informasiTips dan Trik

Apa Kelebihan Pakai Busi Platinum?

Busi platinum diklaim lebih unggul dalam mendukung performa mesin kendaraan

Jakarta – Menentukan busi yang baik untuk kendaraan kita kadang susah-susah gampang. Apalagi dengan banyaknya produk after market yang sekarang beredar, pasti bikin tambah pusing.

Tapi kalau rajin cari informasi, tentunya kita bisa buang jauh-jauh kebingungan itu, karena pasti ada beberapa referensi untuk mencari busi yang benar-benar bagus.

Salah satunya adalah busi Platinum, mengapa? karena Platinum memiliki sifat logam putih padat, lunak dan ulet. Daya tahannya terhadap korosi bahkan pada suhu tinggi menjadikannya termasuk dalam golongan logam mulia.

Busi yang berbahan Platinum cenderung memiliki kemampuan menahan panas 21% lebih baik dibanding busi berbahan Nikel.

Ini disebabkan oleh tingginya nilai titik lebur Platina sehingga mampu bertahan pada suhu ruang bakar yang tinggi.

“Busi yang pakai platinum di ujung tip elektroda tengah berpadu bahan nikel pada ground electrode, bikin efek quenching saat pembentukan inti api lebih berkurang,” jelas Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Nah, dengan berkurangnya efek quenching inilah alasan kerja optimal dari sebuah busi dalam kendaraan.

NGK G-Power Busi Platinum

NGK G-Power, busi Platinum dengan berbagai kelebihan

Keunggulan inilah yang dimanfaatkan oleh merek busi NGK, dengan menciptakan G-Power, busi yang dikembangkan dengan teknologi platinum sebagai bahan dasarnya.

Keunggulan lainnya dari busi ini adalah mencegah terjadinya proses karbon sehingga kinerja busi begitu optimal.

Beberapa keunggulan menggunakan NGK busi Platinum adalah:

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Emisi rendah dan mudah di starter
  • Menghindari gangguan pada sistem elektronik
  • Tahan lama di bawah suhu yang tinggi
  • Lapisan logam anti korosi
  • Ujung platinum mengurangi tegangan yang diperlukan (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts