Sepeda motor

Apa Saja yang Berubah dan Tidak pada New Honda Scoopy

Jakarta – Tampilan New Honda Scoopy lebih segar berkat sejumlah pembaruan. Harga yang ditawarkan tetap terjangkau, mulai dari Rp21 jutaan.

New Scoopy baru saja diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) jelang tutup Oktober 2022. Skuter matik (skutik) bergaya retro ini menyapa para penggemarnya di Tanah Air dengan menawarkan pembaruan terutama di sektor eksterior.

Perubahan yang terjadi pada New Honda Scoopy model 2023 ini memang tidak terlampau banyak. Namun cukup untuk membuatnya tampil lebih segar.

Lantas apa saja yang berubah di New Scoopy? Simak uraian singkatnya berikut ini.

New Honda Scoopy

New Honda Scoopy (Foto: AHM)

Warna

AHM menghadirkan pilihan warna bodi dengan desain striping terbaru bagi New Scoopy tipe standar.

Pada tipe tersebut ada varian Fashion yang kini punya warna baru yakni Fashion Blue serta Fashion Brown. Ada juga varian Sporty yang hadir dengan warna baru Sporty Silver, menemani pilihan warna terdahulu, Sporty Red.

Kedua varian juga mendapat striping terbaru yang selaras dengan karakter anak muda urban yang aktif beraktivitas.

Sementara itu pada New Scoopy tipe atas yang sudah dibekali fitur Smart Key turut mendapatkan warna dan striping terbaru.

New Scoopy tipe Smart Key dihuni oleh varian Stylish yang tetap mempertahankan warna Stylish Brown dan juga Stylish Red. Sedangkan varian Prestige punya warna baru yakni Prestige Green yang semakin terlihat berkelas dan premium.

Hand Grip hingga Pijakan Kaki Baru

Seluruh varian New Scoopy mendapat tampilan baru pada hand grip, panel meter, serta pijakan kaki yang memiliki desain teranyar.

New Honda Scoopy

Boks konsol depan Scoopy (Foto: AHM)

Boks Konsol Depan Lebih Besar

Pesaing Yamaha Fino ini, sekarang memiliki boks konsol depan yang lebih besar sehingga membuat skutik ini semakin fungsional untuk berkendara harian.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan penyegaran yang dilakukan pada Scoopy terbaru untuk mempertahankannya sebagai skutik trendsetter di Tanah Air.

“Pilihan warna terkini pada New Honda Scoopy yang dilengkapi dengan stripe terbaru memberikan pilihan bagi para pencinta motor skutik yang ingin tampil bergaya. Penyempurnaan fitur baru berupa boks konsol depan yang lebih besar membuat penggunanya dapat membawa lebih banyak barang untuk tampilan maksimal mereka yang ingin tampil unik dan juga fashionable,” ujar Thomas, dalam keterangan resminya baru-baru ini.

Di sisi lain, ada juga beberapa bagian dari skutik andalan Honda itu yang tidak mengalami perubahan sama sekali alias masih sama seperti model sebelumnya.

Berikut bagian-bagian Scoopy terbaru yang tidak berubah.

Mesin

Model ini masih mengandalkan mesin 110 cc eSP (enhanced Smart Power) bertenaga 8,8 hp (9 ps) pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin tersebut diklaim irit bahan bakar. Tercatat konsumsi bahan bakar Scoopy mencapai 59 km/liter (fitur ISS aktif) berdasarkan pengujian menggunakan metode ECE R40.

Smart Key (Foto: AHM)

Rangka eSAF

Honda Scoopy dibangun menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), membuat skutik ini lincah dan mudah dikendarai.

Fitur

AHM tetap mempertahankan fitur-fitur unggulan yang telah tersemat di Scoopy model sebelumnya, antara lain pengisi daya baterai ponsel jenis USB, Smart Key, panel meter digital, Multi-Function Hook, velg dual 5 spokes dan ban tubeless 12 inci.

Harga New Honda Scoopy

  • New Scoopy varian Sporty dan Fashion Rp21,553 juta
  • New Scoopy varian Stylish dan Prestige Rp22,315 juta on the road (OTR) Jakarta.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts