HomeReviewsApa Saja yang Harus Diperhatikan Waktu Membeli Toyota Alphard Bekas?

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Waktu Membeli Toyota Alphard Bekas?

Toyota Alphard Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

JakartaToyota Alphard merupakan salah satu mobil premium yang cukup laris di Indonesia. Mobil berkapasitas 7 orang penumpang ini kerap dipakai oleh miliarder yang ada di Indonesia karena dinilai memiliki kenyamanan yang sangat baik. Selain itu, fitur yang dimiliki oleh Toyota Alphard juga cukup jempolan, karena memiliki teknologi terkini.

Toyota Alphard bekas pun kini jadi incaran alternatif dengan harga lebih terjangkau. Sebelum membelinya, Carmudian bisa mencari tahu apa saja yang harus diperhatikan saat membeli Toyota Alphard bekas.

Mobil berdesain kotak ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan Toyota Alphard generasi terbaru yang ada di Indonesia.

Kelebihan Toyota Alphard

Jika mengacu pada web resmi Toyota Astra, Alphard memiliki jargon “Unrivalled Comfort” yang bermakna “tak memiliki rival dalam hal kenyamanan”. Kenyamanan Toyota Alphard bisa dibilang sangat luar biasa. Mobil ini seakan tahu betul caranya memanjakan penumpang, terlebih penumpang di baris kedua yang merupakan fokus utamanya.

Pada generasi terbaru, tampilan wajah dari Toyota Alphard ini bisa dibilang sangat keren dan gagah. Desain wajahnya mengusung konsep aerokit design dengan sebutan seperti Transformer.

Wajahnya sangar, stylish, dan cukup agresif. Di bagian samping ia juga memiliki lekuk tubuh yang sporty. Di bagian belakang, fitur power backdoor menjadi fitur yang sudah tertanam di setiap varian Alphard yang dijual di Tanah Air.

Beralih ke bagian dalam, interiornya benar-benar memiliki desain yang sangat keren. Ada dua varian warna interior yang ditawarkan; beige dan hitam. Warna beige tersedia dalam varian 2.5 G saja. Sedangkan untuk warna hitam, hanya ada pada varian tertinggi, 3.5 Q.

Wajah depan Toyota Alphard
Wajah depan Toyota Alphard

Pengaturan kursinya pun sudah elektrik di bagian depan dan di baris kedua. Di bagian plafon bagian tengah juga terdapat rear seat entertainment  berupa layar berukuran 13 inci. Layar monitor ini bisa terkoneksi langsung dengan HDMI dan juga kabel untuk mirroring gadget. Layar ini hanya tersedia pada tipe 2.5 HV dan G saja.

Interior Toyota Alphard juga dibubuhi dengan banyak aksen kayu yang bertujuan memberikan kesan mewah, elegan dan mahal. Fitur lain yang juga ada pada Alphard adalah sunshade atau tirai yang dioperasikan secara manual pada semua tipe. Krey atau tirai ini terdapat di setiap kaca pada baris kedua dan ketiga untuk memberikan privasi lebih bagi penumpang saat berkendaraan.

Layar tengah berukuran 13 inci
Layar tengah berukuran 13 inci

Fitur lain yang tak kalah keren adalah pengaturan tombol pada kursi captain seat di baris tengah. Tombol ini merupakan tombol pengaturan untuk kursi elektrik, pengaturan ac dan heater, volume, dan memori. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada varian tertingginya, yakni 3.5 Q saja.

Mesin Toyota Alphard

Ada dua mesin yang ditawarkan untuk Toyota Alphard. Mulai dari mesin 2.5 dan 3.5. Mesin pertama merupakan mesin berkode 2AR-FE dengan kapasitas 2.494 cc, 4 silinder. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 180 hp dengan pengabutan sepenuhnya memakai system elektronik injeksi. Tenaga tersebut disalurkan memakai transmisi otomatis CVT penggerak roda depan.

Mesin yang kedua merupakan mesin berkapasitas paling besar di generasi Toyota Alphard. Mesinnya berkapasitas 3.456 cc, 6 silinder dengan konfigurasi V. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 298 hp dengan torsi yang tak kalah besar. Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi otomatis dengan 8 percepatan. Kedua varian tersebut dibekali dengan kapasitas bahan bakar yang juga besar, mencapai 75 liter.

Fitur Keamanan

Sebagai mobil dengan harga baru yang mencapai lebih dari Rp1 miliar, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang sangat baik. Sebut saja pre collision system, adaptive cruise control, automatic high beam, lane departure alert dengan steering control. Di kaca spion, juga terdapat fitur untuk mendeteksi kendaraan yang berada di sisi samping atau pada blind spot. Fitur ini sayangnya hanya ada pada varian tertingginya saja.

Krey samping dan belakang
Krey samping dan belakang

Fitur lain yang tertanam pada mobil mewah ini adalah tire pressure monitoring system yang memungkinkan untuk mengetahui tekanan ban semua roda. Ada juga fitur intelligent clearance sonar yang merupakan fitur untuk mengidentifikasi kendaraan atau barang yang ada di bagian depan dan belakang mobil. Sebagai mobil yang juga kerap dipakai untuk keluarga, Toyota Alphard dilengkapi dengan 7 buah airbag yang tersebar di beberapa titik termasuk di kaca baris kedua dan ketiga. Fitur 7 buah airbag ini hanya tersedia pada varian tertingginya saja.

Pintu Geser

Untuk memudahkan akomodasi masuk ke dalam mobil, Alphard juga memiliki fitur pintu geser yang dapat dioperasikan secara elektronik maupun manual. Pintu geser ini juga menjadi salah satu ciri dari mobil berukuran besar. Untuk masuk ke dalam mobil, rasanya tak ada kesulitan berarti.

Tombol pengaturan di bagian tengah toyota alphard
Tombol pengaturan di bagian tengah

Kekurangan Toyota Alphard

Salah satu kekurangan yang ada pada Alphard adalah dimensi. Dimensi atau ukuran Toyota Alphard sangatlah besar. Mobil ini punya ukuran panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.895 mm. Ukuran tersebut juga masih ditambah dengan jarak poros roda 3.000 mm dengan jarak pijak tengah mencapai 1.575 mm.

Alphard Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

Jika melihat dari data di atas, mobil ini rasanya akan sedikit sulit melakukan manuver di kala kemacetan. Apalagi untuk mengakses jalan berukuran sempit yang ada di Jakarta. Pasti akan sedikit kesulitan dengan dimensi yang cukup besar ini. Kekurangan inilah yang menjadi hal utama dari mobil berukuran besar yang ada di Indonesia. Maka dari itu, para pemilik Alphard biasanya memiliki rumah yang sangat besar dengan garasi yang besar pula.

Harga Bekas Toyota Alphard

Selain itu, kekurangan yang cukup menonjol dari Alphard adalah harga bekas yang cukup jatuh dibanding harga barunya. Sebagai gambaran, Alphard bekas untuk tahun 2018 sampai 2019 memiliki harga bekas mencapai Rp840 juta hingga Rp1,025 miliar. Sebagai perbandingan, Toyota Alphard terbaru versi terendah dijual dengan harga Rp1,1 miliar. Sedangkan varian tertingginya mencapai Rp1,9 miliar.

Fitur canggih toyota alphard
Fitur canggih

Harga Spare Part

Karena harganya yang cukup mahal, tak heran jika harga suku cadangnya pun ikut terkatrol mahal. Harga komponen Alphard bisa dibilang cukup mahal. Salah satu kekurangannya adalah bagian kaki-kaki depan yang biasanya menjadi penyakit yang paling sering ditemui pada Alphard.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Indonesia Buka-bukaan Soal Mini SUV Raize

Previous post
Selama PSBB, Penjualan Motor Baru Capai Rapor Merah
Next post
Akibat Covid-19, Penjualan Mobil di Indonesia Sentuh Titik Terendah