Home » Mobil » Asal-usul Porsche Targa yang Bisa Anda Ketahui

Asal-usul Porsche Targa yang Bisa Anda Ketahui

Porsche Targa 1966
Porsche Targa 1966. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Siapa tak kenal dengan merek mobil Porsche. Perusahaan otomotif asal Jerman ini dikenal sebagai salah satu mobil sport dengan bentuk yang indah. Salah satu model  ikonik merupakan tipe dengan atap yang dapat dilepas pasang, atau disebut dengan Targa.

Hal ini membuatnya berbeda dengan sunroof maupun moonroof. Atap dari Targa dapat dilepas dan dipasang sesuai selera. Mungkin banyak sekali yang belum mengetahui mengenai seluk-beluk dari model Targa ini. Kira-kira, seperti apa sih sejarahnya?

Porsche sendiri pertama kali memperkenalkan model Targa pada model 911 di ajang International Motor Show di Frankfurt pada 1965. Targa bukan masuk ke dalam cabriolet maupun coupe. Bukan juga disebut sebagai hardtop atau sedan. Targa ini dibuat dengan mengadopsi rollbar sebagai kekuatan dari chassis.

Pada 1966, Porsche pun mematenkan model ini untuk melengkapi varian 911, 911 S dan 912. Nama Targa sendiri berasal dari kata Targa Florio yang merupakan sebuah ajang balap di Sisilia, Italia. Sejak era 1950-an, Porsche menuai kesuksesan di ajang balap. Haral Wagner, Head of Domestic Sales Porsche akhirnya mencetuskan ide untuk menyebut mobil dengan atap dibuka-tutup tersebut dengan nama Targa.

Porsche Targa terbaru
Porsche 911 Targa terbaru (Foto: Istimewa)

Targa sendiri merupakan bahasa Italia yang memiliki makna sebagai plat nomor. Sejak saat itulah, Porsche memberikan opsi kepada varian Targa. Pada  1967, Porsche memberikan opsi kaca belakang dengan bahan kaca khusus. Bahkan, Porsche juga menawarkan kaca belakang jenis plastik yang bisa dilipat secara penuh. Penggunaan kaca ini bertahan hingga 1993.

Generasi Porsche Targa Terbaru 2020

Pada 2020, Porsche kembali memutakhirkan metode pelipatan Targa. Jika dulu dilakukan secara manual, kini seluruhnya dilakukan memakai perangkat mekanis secara elektrikal. Dengan memakai tombol, bodi bagian belakang akan melipat atap layaknya sistem pembuka pada mobil cabriolet. Atap di bagian atas akan dilipat dan disimpan di balik bodi.

Sebenarnya metode ini sudah ada sejak 2014 silam, namun di tahun ini Porsche kembali memperkenalkan varian Targa terbaru. Mobil dengan desain atap yang unik ini dikabarkan akan segera masuk Indonesia pada akhir tahun 2020 mendatang. Itulah asal-usul singkat mengenai mobil dengan model atap yang unik ini.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Tak Perlu Repot Ganti Aki dan Oli Mobil, Panggil Mekanik Saja
Next post
Ingat, Usai PSBB Sistem Ganjl Genap di Jakarta Kembali Berlaku