Berita

Aturan Kepolisian Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Bikin Tunda “Ngegas”

Jakarta — Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap dijadikan kesempatan melakukan aktivitas melepas penat, seperti halnya jalan-jalan termasuk oleh mereka yang hobi berkendara dengan sepeda motor ataupun mobil.

Namun perlu diketahui untuk tahun ini pihak Kepolisian berencana menerapkan Crowd Free Night (CFN) di sejumlah titik yang biasanya menjadi pusat keramaian.

Ilustrasi Libur Natal dan Tahun Baru

Pihak Kepolisian berencana merapkan Crowd Free Night (CFN) di sejumlah lokasi di Jakarta untuk mencegah kerumunan saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021. (Foto: NTMC Polri/Ilustrasi)

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (30/11/2021) di Jakarta.

“Persiapan untuk malam tahun baru rencana kami adakan crowd free night,” katanya seperti dilaporkan situs web NTMC Polri.

Lebih lanjut, Sambodo menyampaikan penerapan CFN dirasa perlu untuk dilakukan guna mencegah kerumunan karena pandemi Covid-19 belum selesai.

Dirinya memastikan bahwa situasi Jakarta akan sepi pada malam tahun baru walau saat ini sudah PPKM level 1.

Berlangsung Selama Pukul 19.00-04.00 WIB

Untuk teknis rencana penerapan CFN tersebut, dijelaskan bahwa petugas Kepolisian akan menerapkan CFN di lokasi-lokasi yang sering digunakan untuk merayakan malam pergantian tahun.

Penerapan CFN itu sendiri akan berlangsung selama pukul 19.00-04.00 WIB.

Bukan sebatas di Jl. Sudirman-Thamrin, melainkan juga lokasi-lokasi seperti halnya Ancol, Taman Mini, Kota Tua, Kemayoran, Kemang, Barito, BKT, dan sejumlah lokasi lainnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan tidak ada rencana penyekatan ruas jalan di Jakarta. (Foto: NTMC Polri)

Meski demikian, dirinya menyampaikan sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan penyekatan di ruas-ruas jalan Ibukota. Akan tetapi ada kemungkinan pihaknya melakukan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di sejumlah check point.

“Natal tak ada penyekatan, tapi kami laksanakan check point. Tapi apa yang kami cek, kami tunggu perintah. Apakah SIKM atau cukup dengan Peduli Lindungi atau tempel sticker,” kata Sambodo.

Ia mengatakan informasi detail terkait hal tersebut akan disampaikan menjelang tanggal 24 ketika dimulainya Operasi Lilin.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Tutus Subronto

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts