Home » Berita » Auto2000 Sudirman Membuka Showroom Baru Bernuansa Lokal

Auto2000 Sudirman Membuka Showroom Baru Bernuansa Lokal

Showroom baru Auto2000 Sudirman. (Foto : Nadya/Carmudi)

Jakarta – Dalam rangka bangun dealer dan pemberian label sebagai flagship dealer, beberapa showroom auto2000 yang berkelas dan berada di lokasi yang strategis telah disiapkan tema khusus. Salah satunya dealer auto2000 Menara Astra yang berlokasi di daerah Sudirman, Jakarta Pusat. Salah satu dealer terbesar di Indonesia ini memiliki tagline “Indonesian Natural Wisdom Yet Professional Showroom”.

Martogi Siahaan selaku Chief Executive Auto2000 mengatakan kalau hanya satu dealer Auto2000 di Indonesia yang menggunakan tema Natural Wisdom.

“Dealer Auto2000 Sudirman bernuansa Natural Wisdom Indonesia. Ini merupakan showroom pertama di Indonesia dari total 124 cabang yang menggunakan konsep flagship seperti ini,” jelas Martogi.

Selain layanan front liner Auto2000 yang ramah dan bersahabat, pelanggan yang datang ke Auto2000 Sudirman Menara Astra akan dimanjakan oleh fasilitas yang elegan bernuansakan ‘traditional element’.

“Sesuai filosofi dari cabang ini yaitu “Indonesian Natural Wisdom Yet Professional Showroom”. Hal tersebut melibatkan arsitek Indonesia dan para pengrajin Indonesia. Selain itu, merepresentasikan pula spirit Auto2000 untuk selalu berkontribusi terhadap negeri ini. Sejalan dengan salah satu Catur Darma Astra, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” terang Biyouzmal selaku Operation Manager DKI I Auto2000.

Bernuansa Lokal

Ukiran showroom Auto2000 Sudirman. (Foto : Nadya/Carmudi)

Showroom Auto2000 yang berada di lantai 1 dan 2 Menara Astra ini juga menyajikan visual yang sangat mempesona. Dibuat dengan sentuhan khas Indonesia, mengedepankan unsur alami dengan tema ramah lingkungan, serta menyajikan suasana yang personal, hangat, serta berkesan.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang unik dan tidak terlupakan pada pelanggan Toyota yang datang ke Auto2000. Hal ini dilakukan dengan memberikan nuansa yang berbeda, sesuai lingkungan dan behaviour pelanggan, seperti Auto2000 Sudirman Menara Astra yang memang berada di sentra bisnis Jakarta,” jelas Biyouzmal.

Ruang showroom didesain dengan gaya arsitek yang berbeda dengan kebanyakan showroom lainnya. Tata letak kendaraan dibuat eye-catching dengan lantai berbahan karet non reflektif. Desain mobil yang menawan terlihat lebih menonjol, dan bisa menjadi pusat perhatian.

Hal ini juga bertujuan untuk menjaga akustik ruang agar lebih senyap, dan jauh dari suasana bising lingkungan sekitarnya.

Mezanin sebagai area customer gathering diletakkan secara tepat sehingga tidak mengganggu area display kendaraan. Area ini difungsikan sebagai customer lounge yang memberikan suasana lebih cozy, personal, dan hangat yang terdiri dari 2 lantai.

Sebagian besar furniture showroom menggunakan paper-yarn, atau rajutan kertas (lloydloom) yang eco-friendly. Bahan ini ramah lingkungan hasil olahan pengrajin dari beberapa daerah di Indonesia.

Arsitektur Showroom Auto2000 Sudirman

Showroom Auto2000 Sudirman. (Foto : Nadya/Carmudi)

Dari segi arsitek, Budi Lim selaku arsitek serta desainer showroom Auto2000 Sudirman menceritakan konsep awal dari showroom ini adalah keindahan kendaraan yang menarik pelanggan Toyota. Tidak hanya pada tampilannya saja.

“Saya lihat banyak showroom lain yang tidak fokus. Makanya, saya buat bahan yang tidak mengkilat agar hanya mobilnya saja yang mengkilat,” jelas Budi.

Budi Lim menambahkan kalau fakta menarik dari konsep yang mulai ia pikirkan dari awal tahun 2017 lalu adalah menggunakan kayu olahan dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

“Saya memang lebih suka pakai kayu olahan. Tidak semua tapi sebagian kita pakai olahan dari sisa kayu di stadion GBK. Sekarang, kursi di sana kan ganti plastik semua,” jelas Budi.

Di kolom antar unit display yang dipajang terdapat area customer care yang berisi kursi anyaman berbahan kertas kasual dan ergonomis. Selain itu, terdapat  juga lemari di sisinya yang berisi TV layar lebar guna menyajikan info produk yang ditawarkan, serta rak yang berisi katalog kendaraan.

Hal ini bertujuan agar pelanggan dan sales advisor dapat berinteraksi secara personal dan nyaman sambil melihat secara langsung mobil yang ingin dibeli pelanggan.

Menggunakan Bahan Ramah Lingkungan

Plafon showroom menggunakan anyaman rotan yang merupakan produk alami. Anyaman tersebut berbentuk ornamen dengan berbagai motif dan pattern yang diadopsi dari corak khas Indonesia. Ini sebagai bentuk kearifan lokal yang sarat muatan filosofi di era modern.

Selain itu, penggunaan bahan alami dan ramah lingkungan juga terlihat pada bagian tengah showroom yang berisi ukiran berbahan kayu jati reuse-recycled sebagai narasi atas value perusahaan Auto2000, member of Astra.

“Kehadiran flagship outlet concept seperti Auto2000 Sudirman Menara Astra ini adalah yang pertama di Indonesia. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan yang kami hadirkan untuk pelanggan Toyota,” jelas Martogi saat menemani jurnalis, salah satunya dari Carmudi, yang menikmati suasana Auto2000 Sudirman Menara Astra, Selasa (16/7/2019).

Martogi menambahkan tentunya Auto2000 tidak akan berpuas diri sampai di sini. Auto2000 akan terus berupaya untuk lebih dekat dengan Auto Family dengan menghadirkan berbagai inovasi lainnya yang sedang dipersiapkan, dan akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang.

Previous post
Daftar Mobil Baru yang Siap Meluncur di Hari Pertama GIIAS 2019
Diler Auto2000
Next post
Auto2000 Pastikan Siap Tangani Konsumen Pemilik Toyota Supra